Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Perawatan burung berkicau bagi yang sibuk

Cara Perawatan burung berkicau bagi yang sibuk

Bagi temen-temen yang tergila-gila pada kicauan burung, entah sekedar burung peliharaan rumahan, atau burung untuk lapangan. Apapun itu, tentu tidak lepas dari pola rawatan harian untuk burung yang temen-temen pelihara.
Perawatan harian burung berkicau berbeda antara kicaumania satu dan yang lainnya. Terlebih, bagi temen-temen yang sibuk bekerja. Apalagi, temen-temen hanya menyempatkan bertemu dengan momongannya diwaktu pagi dan sore hari, atau
mungkin petang hari baru bisa bertemu lagi.
Cara Perawatan burung berkicau bagi yang sibuk

Untuk mengantisipasi hal itu, Om Kicaw memberikan tips pola perawatan harian burung bagi temen-temen yang hobi burung berkicau, tapi sibuk. Diantaranya:

  1. Tempatkan / gantangkan burung ditempat yang sekiranya terkena sinar matahari antara pukul 07.00 pagi hingga pukul 10.00 menjelang siang. Dengan kata lain, ketika melebihi pukul 10.00 an, burung kita sudah tidak terkena sinar matahari lagi.
  2. Usahakan penggantangan ditempat yang aman dari serbuan hujan (bila turun hujan). Dengan begitu, temen-temen bisa tenang dan tidak usah khawatir burung kesayangan temen-temen akan kehujanan.
  3. Hindarkan dari gangguan hewan pemangsa lain seperti kucing, tikus dan hewan lain yang sekiranya ditakuti oleh burung kita.
  4. Tempat sepi atau ramai tergantung situasi dan kondisi rumah temen-temen. Jika ditempat sepi, usahakan selalu ada orang yang lalu lalang ketempat penggantangan burung. Begitupun sebaliknya, jika ditempatkan di area yang ramai dilalui orang, usahakan penggantangan tidak mudah diambil orang, untuk mencegah pencurian burung yang tidak kita harapkan.
  5. Burung sangat menyukai sekali suara alam, seperti daun pepohonan, suara angin, suara gemercik air, dan tentunya hal ini akan membuat burung kita merasa senang dan nyaman. Untuk itu, penempatan diusahakan dekat dengan pepohonan disekitar rumah kita.
  6. Jika tidak memungkinkan penggantangan dihalaman atau disamping rumah kita, perlu disiasati dengan penempatan didalam rumah, tapi sinar matahari masih bisa masuk keruangan tempat menyimpan burung kita. Selain sinar matahari, tentunya sirkulasi udara juga turut menjadi penentu untuk kesehatan burung dan kita selaku penghuni rumah.
Itulah pola rawatan harian burung bagi temen-temen yang sibuk bekerja. Jadi, bagi anda yang hobi burung, tapi sibuk, dapat mencoba beberapa hal terkait pola rawatan burung bagi orang yang sibuk kerja. Cara diatas dapat diterapkan pada segala jenis burung peliharaan, seperti kenari, pleci, ciblek, kacer, murai batu, lovebird, cucak ijo, cucak jenggot, dan lain-lain. Bila temen-temen mempunyai ide dan masukan untuk kelengkapan tulisan ini, silahkan sampaikan pada kami ...

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com