Jumat, 08 November 2013

Cara Mendongkrak Performa Burung Pleci Dilapangan

Cara Mendongkrak Performa Burung Pleci Dilapangan

Halo plecimania...
Kesempatan kali ini, Om Kicaw ingin berbagi pengalaman mengenai performa burung pleci dilapangan. Banyak temen-temen mengeluhkan tentang burung pleci yang macet bunyi saat dilapangan. Padahal, dalam kesehariannya, burung pleci kita sudah kita anggap pantas dan layak untuk dikonteskan. Gacor katakanlah. Ternyata, saat dilapangan,
Cara Mendongkrak Performa Burung Pleci Dilapangan


burung pleci kita diam membisu, cuma beres-beres bulu, atau mungkin hanya loncat-loncat mengukur luasnya sangkar. Lebih disayangkan, jika burung pleci kita bunyi, tapi pas juri menghampiri, eh... burung pleci kita malah loncat....
Trik membuat performa burung pleci agar anteng saat dilapangan, dengan suara nyaring dan jelas dalam membawakan lagu, tentunya dengan mau membuka paruhnya, perlu disiasati:
  1. Burung pleci yang sudah bunyi dirumah, hendaknya kita tetap jaga kondisi itu dan kita tingkatkan terus untuk optimalisasi suara burung pleci kita. Bisa dengan ramuan kuning telur, madu 3 sendok teh, rebusan air jahe 1 potong, perasan air jeruk nipis 1 butir. Berikan ramuan pada cepuk kecil selama 3 hari menjelang lomba.
  2. Ajak jalan-jalan dengan dan tanpa kerodong secara bergantian. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan burung pleci kita pada situasi ramai dengan suara bising.
  3. Tempatkan burung pleci kita ditempat yang berbeda setiap harinya. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan burung pleci kita selalu beradaptasi pada tempat baru.
  4. Penggantangan harian selalu diacak dan selalu dirubah. Maksudnya, jika hari senin ditempat yang sepi, maka hari selasa di ranting pohon, hari rabu ditempat yang ramai, hari kamis dipinggir sungai, dan begitu seterusnya ditempat yang disukai dan tidak disukai oleh burung pleci. Lama-lama juga nanti terbiasa.
  5. Penjemuran diusahakan jangan digantang tapi langsung diatas tanah. Penjemuran burung pleci sebaiknya dilakukan maksimal sampe jam 10 saja. Karena penjemuran diatas jam 10an, malah akan merusak bulu menjadi kering, cepat atau lambat akan merusak pita suara dan berpengaruh pada kesehatan burung pleci kita.
  6. Mandi pada burung pleci jangan disemprot. Mandi dengan penyemprotan akan merusak keindahan dan kerapihan bulu burung pleci. Selain itu juga burung pleci akan berontak dengan loncat kesana kemari yang akan membuat tekanan mental. Akan tetapi, biasakan burung pleci kita tangkap lalu kita celupkan ke air. Tapi jangan terlalu lama, ntar malah mati tu burung. Celupkan hanya sebentar saja, lalu kita elus-elus kepalanya, lalu kita masukan lagi ke kandang. Trus kita sediakan cepuk air yang agak besar untuk burung pleci melanjutkan mandinya.
  7. Air minum dalam cepuk harus selalu diganti. Bahkan anjuran Om Kicaw, gantilah air 2 sampe 3 kali dalam sehari.
  8. Selamat mencoba.


Itulah cara mengoptimalkan burung pleci agar selalu siap kapan pun kita inginkan. Semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com