Kamis, 26 Maret 2015

Cara Menjodohkan Burung Lovebird

Cara Menjodohkan Burung Lovebird - Artikel ini berhubungan dengan Cara berternak lovebird . Sebelum berternak sudah harus dipastikan burung jantan dan betina harus berjodoh. Ada 2 pilihan dalam menjohkan burung lovebird.
pilihan pertama menjodohkan lovebird dari usia masih muda atau masih kecil dan pilihan selanjutnya proses menjodohkan sewaktu lovebird sudah dewasa.

menjodohkan lovebird dengan benar
colony

Menjodohkan Burung Lovebird Dari Kecil

Menjodohkan lovebird dari kecil ini terjadi jika anda sudah pernah melakukan proses berternak lovebird, dan menghasilkan anakan jantan dan betina. lalu mereka terbiasa dalam 1 kandang dan berjodoh secara alami.Biasanya para peternak mencampurkan semua anakan lovebird usia 1 bulan dalam kandang yang besar, di dalam sangkar yang besar tersebut di letakan juga rumah-rumah kayu.
Dengan cara colony ini burung lovebird akan menemukan jodohnya masing - masing ,proses ini lebih alami dan tanpa banyak campur tangan dari si pemilik.

Ciri-ciri Burung Lovebird Siap Kawin

  • Burung lovebird akan selalu bersama ,bahkan hampir setiap waktu.
  • Burung lovebird jantan biasanya akan menyuapi si betina dengan cara mengunyah makanan terlebih dahulu,lalu diberikan ke mulut si betina.
  • Betina akan ngeter atau posisi siap kawin dan pejantan berada di belakang betina.
jika ciri-ciri diatas sudah sangat nampak ,saatnya kita pindahkan burung lovebird ini ke kandang yang kecil dan  privat.Di awal sudah saya sampaikan, bahwa dalam kandang yang besar tersebut harus ada ruma-rumah kayu kecil, ini berfungsi sebagai rumah lovebird dikandang  penangkaran.cara pemindahannya ,Sewaktu lovebird jantan dan betina masuk kedalam rumah kayu, tutup pintunya lalu pindahkan ke kandang yang lebih kecil untuk proses penangkaran

Menjodohkan Burung Lovebird Ketika Dewasa

Bisa dikatakan penjodohan burung lovebird ini tidak terlalu suli,namun banyak juga para kicaumania yang gagal dalam proses penjodohan. ini kembali lagi kepada sifat alami burung lovebird ,yaitu setia terhadap pasangannya.Cara menjodohkan lovebird dewasa berbeda dengan menjodohkan dari kecil,karna jika sudah dewasa harus melalui proses khusus,dan si peternak berperan penting dalam hal ini.

Cara menjodohkan lovebird dewasa ini dengan cara hampir mirip dengan cara menjodohkan burung kenari, yaitu melalui pendekatan namun berbeda kandang. Anda bisa mencoba mendekatkan kandang betina dengan kandang jantan , dan pastikan umur jantan betina dan jantan sudah matang.
Biasanya burung jantan dan betina akan tidur saling berdekatan ,walaupun beda kandang.
Si jantan dan betina biasanya akan bersautan ,dengan suara ngekek khas lovebird. Jika proses ini sudah terjadi, bisa dipastikan burung tersebut sudah berjodoh. lalu bisa masuk keproses selanjutnya yaitu menyatukan jantan dan betina dalam satu sangkar.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com