Selasa, 24 Maret 2015

Tips merawat burung kenari harian

Tips merawat burung kenari - Para kicaumania pasti sudah tidak asing dengan burung yang satu ini, postur tubuh yang mungil dengan perpaduan suara yang unik, menjadikan burung kenari ini salah satu burung favorit untuk dipelihara.

Merawat burung kenari terbilang tidak terlalu sulit seperti burung lain, porsi pakan yang cukup, serta waktu mandi yang tepat sudah mampu membuat burung ini berkicau. 

Perlu diperhatikan cara merawat harian dan sebelum lomba itu berbeda, ada langkah-langkah yang memang khusus diberikan untuk burung kenari sebelum lomba.Kunci perawatan harian untuk mencapai performa yang maksimal dengan cara perawatan yang konsisten dari si pemilik burung.
Adapun cara merawat burung  kenari harian yang benar antara lain : 

1.Burung dikeluarkan pagi hari jam 6 hingga jam 7 pagi . Letakan burung di teras rumah , atau di tempat yang sejuk. 

2.Setelah dianginkan selama 1 jam , burung dimandikan dengan cara menyemprot bagian atas nya saja, hindari menyemprot bagian wajah burung tersebut, karna bila terkena wajah ,potensi burung tersebut flu ,menjadi semakin besar.Hal tersebut berbahaya untuk burung kenari.

3.setelah memandikan burung kenari, ganti air minum dengan air yang baru, dan jangan lupa untuk menambahkan extra fooding sesuai setelan burung kenari anda, bisa dikasih sawi putih, telor puyuh, atau  mentimun.

4.setelah mengganti air dan memberikan pakan, burung dijemur di bawah terik matahari , jam yang ideal untuk penjemuran pada jam 8 pagi sampau jam 10 pagi.

5.Setelah dijemur, angin-anginkan lagi burung tersebut selama 15 menit , tempatkan burung di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari.

6.perawatan selanjutnya ke proses pemasteran ,setelah diangikan , burung di krodong , dan bisa didengarkan denga suara master dari burung lain.
Lebih baik suara master diambil dari suara burung ciblek crystal atau ciblek sawah. Pemasteran bisa dilakukan dari jam 10 sampai jam 3 sore

7.pada jam 3 sore burung bisa diangin-anginkan kembali, sampai jam 7 malem , setelah itu burung bisa dikrodongkan lagi sampai keesokan harinya. 

Baca juga : Cara merawat burung kenari supaya gacor

Demikian pembahasan singkat tentang cara merawat burung kenari, 
Semoga dapat menambah pengetahuan para kicaumania.
Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com