Sabtu, 26 September 2015

MENGAJARI BURUNG KOLIBRI NINJA MAKAN KROTO & FUR



Oleh Joe Pungkasan pada 8 Juni 2014 pukul 11:42



Banyak cara untuk mengajari burung kita agar dapat makan kroto, masing masing orang pasti punya cara metode yang berbeda beda.
Dengan ini saya tuliskan garis besarnya :

1. Taburkan sedikit kroto di air gula (kroto ditambahkan bertahap).
2. Taburkan sedikit kroto di madu (kroto ditambahkan bertahap).
3. Taburkan sedikit kroto di susu kental manis (kroto ditambahkan bertahap).

Contoh cara pemberian:

 
Pagi buka kerodong ambil semua makanan sisakan air putih (air minum) saja dan jangan lupa sediakan cepuk biasa untuk mandi, lalu jemur, setelah penjemuran selesai beri salah satu dari 3 poin diatas, selang 2-3 jam kemudian baru berikan Madu/susu/air gula tanpa dicampur dengan kroto, tapi biarkan saja cepuk yang sudah dicampur dengan kroto, lakukan keesokan harinya sampai benar benar mau makan kroto murni.

Cara mengajari makan fur: fur ditaburkan/diaduk ke air gula/madu/susu (lakukan penambahan fur secara bertahap), sebelum mengajari makan fur sebaiknya mengajari makan kroto terlebih dahulu, tujuannya agar tubuhnya sehat & kuat terlebih dulu.

NB : Bila dengan 3 cara di atas tetap susah makan kroto, bisa dengan cara kroto diperas ambil airnya saja kemudian air kroto dicampur diaduk dengan air gula/ susu/madu. (lakukan penambahan air kroto bertahap).
Bila sudah mulai suka meminum air kroto mulailah menaburi air kroto dengan butiran telur kroto yang kecil kecil (lakukan penambahan butiran telur kroto bertahap).

NB : Tips cara lain mengajari makan fur: Kroto diperas ambil airnya ditaburi fur lembut, kalau terlihat sudah mau
makan tambahkan fur secara bertahap.

NB : Tips lain mengajari makan kroto apabila burung anda masih baru beli dari ombyokan dapat mencampur 1 kandang dengan burung Pleci (1 ekor saja plecinya). Sediakan Kroto, fur, air minum, susu/madu dan buah pisang/sawo/pepaya tujuannya agar si Pleci sekaligus mengajari Konin makan buah juga.

NB : Tips cara lain mengajari makan kroto: Siapkan telur kroto yang besar besar kemudian pegang burungnya lalu tusukkan telur kroto dengan ujung paruhnya sampai pecah air kroto & burung menjulur julurkan lidahnya tanda dia meminum air kroto, lakukan sehari 3-5x sehari, sampai suka makan sendiri.

NB : Fur yang diberikan adalah fur yang butirannya lembut seperti pasir, tidak dibenarkan memberikan fur yang sangat lembut seperti berbentuk bedak (pupur) atau seperti susu bubuk/serbuk, karena untuk menjaga agar burung tidak tersedak.

Source - ASP -


sumber : https://www.facebook.com/notes/kolibri-raja-ninja-club-semarang/mengajari-burung-kolibri-raja-makan-kroto-fur/415449868595267

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com