Selasa, 22 September 2015

PERAWATAN HARIAN BURUNG KOLIBRI NINJA




Pagi jam 5.30 WIB buka kerodong lalu beri cepuk untuk mandi, lalu diembunkan sambung jemur sampai jam 09.00 - 09.30 - 10.00 WIB.

Setelah selesai jemur: bersihkan sangkar dan beri makanan & minuman, kemudian diaginkan sebentar sebelum masuk dalam rumah.

Pejemuran dapat juga sore jam 15.00/15.30 WIB bila di rasa perlu/tidak sempat jemur pagi, dan jangan lupa harus sediakan selalu cepuk untuk mandi. Jam 17.00 sore di kerodong, taruh ditempat yang nyaman.

NB : - Mandi tidak boleh disemprot pakai spray atau apapun, biarkan dia mandi sendiri.
      - Lamanya penjemuran pagi tidak ada patokan jam. (intinya penjemuran cukup bila konin kita sudah berasa panas dengan tanda dia melompat lompat kesana kesini gelisah dan dia sudah membuka paruh).
      - Kebersihan sangkar harus sangat diperhatikan: Tangkringan, wadah pakan karena burung ini pemakan yang manis manis jadi gampang kotor dan lengket.
      - Kontrollah sewaktu membersihkan sangkar bantalan Fet atau oli agar sangkar terhindar dari serangan semut.
      - Untuk usia trotol atau kondisi mabung penjemuran secukupnya saja, jangan terlalu di
paksakan sampai mangap/buka paruh karena usia masih muda tubuhnya belum kuat.
     -  Fungsi Kerodong: untuk menghindari angin jahat yang bisa membuat Konin sakit, Kerodong juga berfungsi untuk menghindari gangguan cicak, kecoa, nyamuk dll...Dengan di kerodong sewaktu malam membuat Konin nyaman.

Kerodong juga baik dipergunakan sewaktu burung dalam keadaan mabung atau keadaan sedang dimaster dengan suara burung lain atau dengan sesama Kolibri Raja atau burung madu jenis lain.

Keuntungan lain dari kerodong : Membuat dia bisa kita bawa pergi kemana mana tanpa takut stres, dan sewaktu buka kerodong biasanya dia mau langsung bunyi walaupun di lingkungan yang baru.

Source  - Agung Surya Putra -

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com