Minggu, 04 Oktober 2015

Tips Cara Jitu Mengatasi Bulu Rotok Pada Burung Kenari


Tips Cara Jitu Mengatasi Bulu Rotok Pada Burung Kenari | kicaumania Banyak yang mengeluh burung Kenari awalnya gacor, kemudian memasuki proses moulting, dan selesai mabung suara bahkan berhenti Gacor. Hal ini dapat dialami semua jenis burung berkicau, tidak terkecuali kenari. mabung yang timbul dapat benar-benar membuat kenari macet suara, tetapi ada juga yang kurang gacor atau menurun dalam frekuensi kicauan . Apa solusinya? Tentu saja, kita harus mendeteksi satu per satu faktor pemicu, sehingga dapat mengambil tindakan yang paling tepat.


Mabung/(moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu hilang dan diganti selama meranggas mabung atau menyerap 25% dari total protein dalam tubuh burung. Inilah sebabnya mengapa selama mabung perlu ditambahkan protein juga oleh seperempat dari total protein dalam tubuh burung.

Bulu pada bulu sayap terdiri dari lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratin. Protein bulu berbeda dengan protein dalam tubuh dan telur serta memerlukan jumlah yang tidak proporsional yang berbeda atas asam amino (sel atau blok protein). Burung harus makan makanan yang mengandung asam amino semacam ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus untuk keperluan pertumbuhan rambut. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan sejumlah besar energi untuk menghasilkan rambut baru. Kebutuhan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk informasi saja, energi yang dibutuhkan selama burung mabung untuk dua setengah kali lebih banyak daripada burung memproduksi telur

Faktor-faktor yang mempengaruhi mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks.Pada Umur burung, sedangkan musim mabung di pengaruhi oleh cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati mabung.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa ketika burung mabung, Anda harus menyediakan pasokan makanan yang memadai sehingga mereka dapat mengembangkan bulu sesempurna mungkin.

Untuk memberikan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein tersebut dapat ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung di mabung dalam jumlah kecil ditambah suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral dan asam amino untuk memungkinkan pertumbuhan Bulu secara normal.

Meskipun umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu burung mabung, khususnya pertumbuhan rambut yang tidak merata atau bahkan tidak ada rambut tidak rontok (hanya nyulam).

Prawatan pola mabung:

Karakteristik dan Cara Merawat Kenari mabung
Ketika kenari mulai rontok, burung-burung akan mengalami beberapa hal - yang mana teman"  harus ekstra sabar dan perlu tahu bagaimana cara merawatn kenari meranggas/mabung :

1. bulu burung kenari mulai mengalami kerontokan
2. Lebih diam, enggan untuk Berkicau

Jadi, cobalah untuk melihat apakah kenari milik teman-teman tiba-tiba malas berkicau dan diikuti oleh rontoknya bulu, berarti kenari yang mabung atau moulting.anda tidak perlu khawatir dan cepat marah karena kadang-kadang mabungnya kenari adalah sebagai penyebab alami.

Penyebab dan Cara Merawat Kenari mabung
Penyebab Kenari mabung:

1. Usia

Kenari muda dan Dewasa sama akan mengalami mabung. Ini sudah merupakan siklus rutin dari Kenari (seperti ular molting itu, Anda tahu) Sebagai tanda bahwa burung mulai beranjak tua

2. Musim

Mabung musiman biasanya terjadi bersama-sama dengan semua burung kenari. Jadi pada musim-musim tertentu sobat semua bisa memiliki  kenari mabung bebarengan.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi mabungnya contoh luar biasa dari kenari kenari tinggal di daerah dingin dan kemudian berpindah untuk daerah panas. Yah, itu juga dapat menyebabkan kenari moulting / mabung

4. Hormonal

Faktor hormonal sering terkait erat dengan waktu di mana kenari adalah waktu untuk berkembang biak. Ketika kenari mulai melalui tahap di mana itu adalah waktu untuk berkembang biak, hormon akan kenari tidak stabil, kenari sudah mulai Brai / birahi tinggi untuk lawan jenisnya. Hal ini juga dapat menyebabkan kenari menjalani mabung.

Perawatan Kenari Ketika mabung:

Ketika Kenari mulai meranggas/mabung, pemilik kenari diminta untuk mulai mempersiapkan untuk perawatan dan hal-hal yang dibutuhkan oleh burung-burung. Diantaranya adalah:

1. Tempat

Ketika kenari mulai mabung, langkah awal yang tepat sebagai tindakan perawatan untuk burung adalah untuk menyediakan tempat yang berbeda dari kenari yang tidak rontok. Cobalah untuk segera memisahkan kenari mabung. Masukan kenari tempat yang tenang. Jauh dari suara baik orang lewat  atau kendaraan. Usahakan tempat setenang mungkin dan tertutup ataukenari di kerodong dengan begitu , suhu di dalam kandang selalu stabil

2. Makanan

Proses mabung adalah proses melelahkan untuk kenari, karena saat-saat seperti ini akan menghabiskan tenaga kenari. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein, vitamin dan tinggi nutrisi yang dibutuhkan oleh burung kenari yang mabung. Benar membutuhkannya tahu, kali kenari makanan yang baik dan bergizi ketika ia akan rontok semakin baik kualitas fisik, dan suara bulu kenari nanti jika mabungnya telah selesai.

3. Mandi

Saat kenari mabung, cobalah untuk tidak terlalu sering untuk mandi,Saat ganti buli/ mabung, jika sering dimandikan kemudian akan mengganggu kesehatan kenari. mandi cukup seminggu atau dua minggu setelah dimandikan hanya sekali dan jangan lupa untuk mengeringkan begitu cepat suhu tubuh kenari kembali lagi.

Hal yang perlu diingat ketika pengeringan kenari yang tidak terlalu lama, 30 menitan sudah cukup. Anda lihat, kenari juga membutuhkan kandang yang tidak terlalu dingin dan lembab untuk proses mabungnya. Untuk itu, disarankan untuk kenari pemilik yang mabung untuk penyemprotan kandang mabung kenari, perlu diingat lagi hanya cukup lembab tidak basah karena jika mendapat jamur basah akan tumbuh.

4. Berlatih

Meskipun menjadi mabung, jangan lupa untuk melatih suara sesekali kenari. Ketika mabung adalah saat di mana kenari suaranya perluh ditingkatkan lagi, oleh karena itu, pemilik juga diperlukan untuk melatih suara agar tetap Bagus dan kenari OK. Bisa dengan memutar suara mp3 kenari.



Durasi dan makanan Pada Kenari mabung

Proses mabung di kenari waktusekitar biasanya memakan waktu 4-7 minggu. Jadi, jika proses mabung teman kenari semua kurang dari itu, dikhawatirkan belum selesai mabung kenari  dan jika dari waktu ke waktu di mabung bahkan dikhawatirkan proses terus. Faktor "bawaan keturunan " kenari juga mempengaruhi panjang mabung atau kenari. jadi ketika mabung mencoba untuk memberikan makanan bergizi untuk kenari teman saya semua waktu yang rontok.

 sobat memutuskan untuk memiliki kenari dan mencari tahu cara merawat kenari mabung pada akhirnya, teman harus mempersiapkan makanan bergizi untuk kenari yang mabung. Nah, mari kita lanjutkan untuk membahas makanan untuk mabung kenari.

Makanan sebenarnya yang mengadung energi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam saat-saat mabung karena berkaitan erat dengan baik dan nggaknya kualias gizi. Namun, beberapa pemilik burung kenari, pengalaman yang sesuai dan uji coba yang telah dilakukan menunjukkan beberapa makanan yang dibutuhkan saat mabung seperti tulang sotong, tauge dan telur rebus. Sementara asupan gizi tambahan dapat dimasukkan dalam makanan atau minuman.

Oke, jadi cukup untuk diskusi ini, mudah-mudahan sobat kenari mania, pecinta burung kenari dapat berhasil menagani kenari ketika mabung. Semoga berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com