Minggu, 03 Januari 2016

7 Perawatan Burung Lovebird Mabung Dengan Mudah

7 Perawatan Burung Lovebird Yang Sedang Mabungsebelum ke cara pengobatan, anda  harus mengenal apa itu mabung? Karena banyak orang menganggap burung yang sedang mabung adalah burung yang terkena penyakit.

Mabung adalah proses alami yang dialami setiap burung termasuk lovebird, memilki ciri utama yang dapat dikenali yaitu rontoknya bulu bahkan botak. Menurut Atiqa yang merupakan salah satu jawara lovebird mengatakan “burung saya waktu diperlombaan sedang mabung atau rontok bulunya, namun saat itu burung saya termasuk golongan terbaik bahkan ngekeknya lancar”.

Dan atiqa juga melontarkan “Menurut saya mabung/rontok bulu bukanlah penyakit atau penurunan daya tahan tubuh, hal ini wajar seperti kulit manusia yang mengelupas untuk pergantian kulit pigmen yang baru”
Inilah burung atiqa :


 

2 Pendapat Yang Berbeda Akan Tetapi Ada Benarnya

  • Pendapat 1. Bahwa burung yang sedang mabung / rontok bulunya sedang tidak bergairah, serta tersiksa maka dari itu diperlukan vitamin untuk melampaui hal tersebut
  • Pendapat 2. Burung yang sedang mabung / rontok bulunya merupakan proses alami, bahkan burung yang sedang mabung memiliki performa yang lebih bagus dari pada biasanya.

Lantas Bagaimana Cara Merawat Dan Mengobati Burung Lovebird Yang Sedang Mabung?

Caranya cukup mudah, karena lovebird yang sedang mabung sebenarnya kekurangan vitamin, berikut ini langkah yang anda harus lakukan :

1.Tempatkan Lovebird Ke Kandang Atau Ke Area Yang Sepi
Banyak orang menganggap pada masa mabung, lovebird kehilangan jati dirinya maka dari itu tempatkan ke area yang sepi agar mereka dapat berfikir jernih, fokus untuk menumbuhkan kembali. Jangan menutup krodong sangkar, lebih baik terbuka terus atau kaitkan ke pepohonan bila cuaca redup (mau hujan).

2. Hindari Sinar Matahari
Jangan lupakan yang satu ini, karena akibatnya fatal burung tersebut tidak sembuh – sembuh. Matahari memamng memiliki vitamin akan tetapi pada saat lovebird mabung justru yang dibutuhkan adalah kelembapap yang tinggi untuk mempercepat proses penumbuhan bulu.
Hindari Sinar Matahari - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
 Hindari Sinar Matahari - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah


3. Mandikan Lovebird 1 Minggu Sekali Saja
Mandi memang sangat penting, bahkan kehidupan di alam liar lovebird pun mandi merupakan kegiatan sehari hari, maka bila pada masa lovebird mabung / rontok bulunya usahakan memandikan lovebird satu kali seminggu saja.

Karena bila tidak dimandikan burung tersebut akan terasa gatal, sukar dan bisa bisa sakit, bila dimandikan berkali kali juga dapat menghambat bulunya untuk tumbuh.
Mandikan Burung 1x Seminggu - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
Mandikan Burung 1x Seminggu - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah


4. Vitamin Sangat Dianjurkan Pada Masa Mabung / Rontok Bulu
Beberapa vitamin yang ada dipasaran, namun ada vitamin yang cukup terkenal di kalangan jawara burung contohnya adalah E-bod Vit. Vitamin ini dapat mengembalikan metabolisme tubuh dan memberikan nutrisi serta protein yang cukup.

Pemberian vitamin ini disesuaikan dengan masing – masing merk, karena takarannya terkadang berbeda.

Ebod Vit - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
Ebod Vit - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah

5. Berikan Ektra Telur Bikinan Sendiri
Inilah alternatif bila anda tidak memiliki waktu dalam membeli vitamin diatas, namun juga boleh diberikan vitamin tambahan telur ekstra karena tidak mengandung efek samping.

Telur memiliki biotin dan protein yang sangat tinggi 17.11 gram. Pemberian telur sangat direkomendasikan bagi burung lovebird yang sedang rontok bulunya.
Telur Rebus - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
Telur Rebus - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah


6. Pemberian Pakan Bermerk Yang Direkomendasikan Untuk Satu Jenis Burung
Benelux merupakan salah satu pakan burung yang menyediakan untuk satu jenis burung saja contohnya lovebird ya lovebird saja. Kandungan pun cukup banyak terdapat kwaci, mineral dan nutrisi lain.
Benelux - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
Benelux - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah



7. Jauhkan Dari Kerodong Sangkar
Hal yang membuat burung menjadi stress pada masa mabung adalah krodong, karena lovebird membutuhkan ketenangan yang alami bukan ditutupi dengan kain.
Hindari Kerudung - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah
Hindari Kerudung - Perawatan Burung Lovebird Dengan Mudah



0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com