Rabu, 23 Maret 2016

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kolibri Manggar Anakan

Dari beberapa pengamatan admin suarakicau.com di berbagai group komunitas kolibri di seluruh indonesia, bahwasanya beberapa pengangkattan kepopuleran burung madu jenis manggar/kelapa dan canting/sriganti mulai terlihat menukik naik tajam.

Ini terlihat dari beberapa postingan yang menanyakan dimana dapat menemukan/membeli kolibri jenis tersebut diatas. Begitupula permintaan konsumen di pasar burung offline di beberapa titik di indonesia mulai kebanjiran permintaan burung madu Kolibri Kelapa / Manggar (Anthreptes Malacensis) dan Burung-madu Canting / Sriganti (Cinnyris jugularis) anakan/trotolan.

Banyaknya peminat dengan berbagai alasan untuk dijadikan burung masteran dan atau burung piaraan yang sekaligus untuk memaster burung lainnya sebenarnya adalah alasan tepat untuk jenis burung ini. Dimana burung kolibri terkenal dengar suara besettan yang nyaring dan bervariasi.

Untuk itu, suarakicau.com bermaksud untuk sedikit berbagi dari pengalaman yang pernah kami temukan tentang cara membedakan jenis kelamin burung madu manggar/kelapa. (Untuk membedakan trotolan kolibri canting/sriganti akan di ulas di postingan lainnya)

Anakan Jantan


Anakan Betina

Dari gambar diatas, terlihat warna bulu hijau yang sedikit lebih tegas/kontras dari pada gambar burung disamping. Selain itu, Postur tubuh burung jantan terlihat lebih agresif dibanding burung betina.

Namun hal itu akan susah jika kita membeli dari penjual burung yang hanya memiliki satu anakan burung manggar saja. Dimana kita menjadi bingung melihat warna, apakah ini sudah kontrast/belum.











Selain dari sisi warna bulu, kita juga dapat membedakan jenis kelamin burung kolibri manggar/kelapa dengan cara melihat telapak kaki burung seperti kedua gambar dibawah ini.
Telapak Kaki Burung Betina

  
Telapak Kaki Burung Jantan
Terlihat jelas disitu bahwa warna telapak kaki burung jantan terlihat lebih menyala dibanding telapak kaki burung betina.
Dan dengan bertambahnya usia burung.
Kaki burung betina akan memudar menjadi abu-abu sedangkan burung jantan tetap berwarna oranye.

Semoga artikel ini dapat membantu para pecinta burung madu di seluruh indonesia.

Spesial thanks to MBarep Klunthunk Untuk Materinya Dan om MBarep Klunthunk untuk Foto-fotonya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com