Rabu, 22 Juni 2016

LOKASI KANDANG YANG COCOK UNTUK BURUNG PARKIT


burung ocehan – Lokasi penangkaran burung parkit tidak harus membutuhkan tempat yang luas, bahkan tak pernah terjadi peternak burung parkit mengeluarkan biaya khusus untuk menyewa tempat. Memanfaatkan pekarangan rumah, misalnya di halaman depan, samping, atau belakang. Burung parkit mudah menyesuaikan terhadap lingkungan di mana mereka hidup. Tetapi lokasi berpengaruh terhadap keberhasilan.
Untuk jelasnya, syarat lokasi yang ideal untuk budidaya burung parkit dapat diuraikan di bawah ini:
  • Pilih lokasi yang tenang (suasana sepi), jauh dari keramaian, jauh dari gangguan anak-anak, suara deru mesin, dan jauh dari jalan raya.
  • Lokasi yang teduh dan sejuk, burung parkit tidak tahan hidup terhadap udara panas terik matahari. Namun demikian lokasi kandang perlu sinar matahari hanya beberapa jam saja setiap harinya. Terlalu banyak sinar matahari perkembangan hidup parkit menjadi kurang baik.
  • Akan lebih baik di sekitar lokasi kandang terdapat pepohonan yang berfungsi sebagai penahan cahaya matahari langsung. 
  • Lokasi harus bersih dan sehat, jauh dari polusi udara, misalnya dari polusi asap bahan bakar, dan asap cerobong pabrik. 
  • Lokasi yang ideal, tidak terlalu panas tetapi juga tidak terlalu lembap atau dingin.

1. Kandang.
Dalam membuat kandang atau sangkar yang perlu diperhatikan adalah luas kandang yang ideal, konstruksi kandang serta model kandang.

a. Luas Kandang
Seberapa besar ukuran kandang ideal sebenarnya tak ada ketentuan, semuanya tergantung ketersediaan lahan dan kemampuan masing-masing penangkar. Makin luas ukuran kandang tentu saja makin baik, tetapi akan banyak memakan biaya. 

Sebagai gambaran supaya tidakaragu-ragu membuat ukuran kandang, beberapa penangkar burung parkit yang telah cukup berpengalaman menggunakan ukuran panjang 2 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2 meter. Ukuran luas tersebut idealnya diisi 5 sampai 10 pasang induk atau sama dengan 10 sampai 20 ekor burung parkit, ini untuk tahap awal dan seterusnya burung parkit akan beranak-pinak dalam jumlah puluhan ekor bahkan ratusan ekor. Oleh karena itu, sebaiknya anakan burung parkit yang sudah dapat mencari makanan sendiri dengan ditandai telah mampu terbang dipisahkan ke kandang lain.

Apabila tidak memiliki luas kandang sebesar itu, penangkar dapat membuat ukuran yang lebih kecil, misalnya panjang 1 meter, lebar 70 cm, dan tinggi 2 meter, dengan demikian cukup menyediakan 2 sampai 3 pasang burung parkit.

b. Bahan Kandang
Untuk membuat kandang, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  • papan kayu (blabak), untuk dinding belakang (background) 
  • kayu ukuran 3 x 5 Cm atau 3 X 4 cm, untuk rangka kandang
  • kawat kasa lubang segi empat, berdiameter 1 cm.
  • asbes gelombang atau genting, untuk atap;
  • plastik bening atau berwarna ukuran 0,8 sampai 0,12, untuk tutup kandang;
  • engsel pintu, gembok, dan lain sebagainya;
  • paku, batu bata, dan semen;
  • triplek, untuk plafon.
c.Konstruksi Kandang
Konstruksi kandang perlu dibuat sedemikian rupa sehingga burung parkit dapat hidup dengan nyaman dan tenang. Usaha yang perlu dilakukan misalnya seperti berikut ini.
  1. Rangka kandang dari bahan kayu keras tidak mudah keropos, ukuran kayu gunakan 3x4 cm atau 3x5 cm.
  2. Atap kandang dari genting (gendeng) atau asbes, jangan menggunakan seng, karena suhu udara dalam ruangan di dalam kandang akan menjadi panas, kondisi yang sangat panas mengakibatkan telur sulit menetas (kopyor).
  3. Bagian belakang kandang dari kayu atau menempel di tembok.
  4. Sisi-sisi kandang gunakan kawat kasa yang lubangi lubangnya tidak terlalu besar, penggunaan kawat kasa ini bertujuan untuk kelancaran sirkulasi udara juga berfungsi agar sinar matahari tidak mengenai langsung pada kotak sarang (tempat bertelur dan mengeram).
  5. Pintu kandang cukup untuk masuk orang untuk keperluan membersihkan kandang, mengganti pakan, dan mengontrol
  6. kotak-kotak sarang yang tidak dapat dijangkau dari luar kandang.
  7. Dalam membuat kandang harus benar-benar rapat setiap sudut-sudut dan sisi-sisi kandang, supaya binatang lain tidak dapat'masuk, misalnya kucing, tikus, dan cicak.
  8. Pada setiap sisi bagian atas kandang di bawah atap, berilah penutup dari plastik yang dapat digulung bila waktu pagi tiba, sore, atau malam hari ditutup.
  9. Kandang yang baik menghadap ke timur, sehingga di pagi hari mendapat pancaran sinar matahari, ini penting untuk kesehatan burung, kehangatan, dan membunuh kuman. 
  10. Lantai kandang sebaiknya disemen atau diplester dengan kemiringan tertentu sehing. ga mudah untuk membersihkannya, disapu, dan disiram. 

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com