Selasa, 05 Juli 2016

JENIS PAKAN UNTUK BURUNG KICAUAN

burung ocehan – Agar pertumbuhan dan perkembangan burung kicau menjadi baik, seperti cepat besar, dan bertelur, kita harus memperhatikan jenis makanan burung kicau. Disini saya akan menuliskan berbagai macam jenis pakan untuk burung kicau, baik dari hewani maupun nabati, agar anda yang sedang merawat burung mengetahui makanan yang baik dan bernutrisi untuk burung anda ataupun yang sedang mencari penghasilan dari beternak pakan burung atau yang baru akan memulai bisnis pakan burung kicau. Adapun berbagai jenis makanan burung saya akan ulas dibawah ini.

Pakan Burung  Dari Hewani

1. Kroto
Kroto merupakan larva semut ataupun semut rangrang (Oecophylla smaragdina) yang banyak digemari oleh burung - burung pemakan serangga, seperti Jalak, Kutilang, Beo, dan Poksai. Ada bermacam- macam kroto, yaitu :

Kroto Basah
Kroto basah merupakan makanan yang paling banyak disukai burung. kroto jenis ini merupakan larva semut  rangrang yang masih baru, yaitu mempunyai kandungan air tertinggi (78,72%), mudah sekali  busuk, kalau tanpa pengawetan biasanya cuma bertahan satu hari. Cara penyimpanan kroto basah sebaiknya didalam lemari pendingin dan dibungkus dengan kertas dulu agar air terserap kertas. kalau dalam lemari pendingin bisa bertahan tiga hari. Kroto basah mempunyai kandungan gizi yang terbaik, terutama protein, yaitu 47,80%.

Kroto Halus
Berupa semut - semut pekerja, kecil dan besar. Tanpa pengawetan kroto ini bisa bertahan hingga seminggu, jenis ini paling tidak disukai burung.

Kroto Kasar
Berupa induk semut ratu  dan semut jantan. jenis kroto ini juga bisa bertahan selama seminggu.

Kroto kacang
kroto jenis ini merupakan campuran dari ketiga kroto, yaitu kroto basah, kroto halus, dan kroto kasar,ditambah pakan lain, seperti kacang, jagung, padi,dedak, voer dan beras ketan. Kroto ini bertahan seminggu tanpa pengawetan. dibanding yang lain kandungan lemak pada kroto ini paling tinggi, yaitu (17,07%).

2. Serangga Dan Ulat
Kebanyakan dari burung kicau merupakan pemakan dan serangga, serangga yang banyak dijual dipasaran dan digunakan sebagai pakan burung kicau adalah jangkrik (Gryllus mitratus), ulat hongkong, ulat bambu dan ulat kandang.

3. Telur ayam
Telur ayam yang direbus, juga bisa diberikan untuk pakan burung, terutama burung - burung anakan.

4. Cacing
Beberapa jenis cacing yang baik untuk burung kicau adalah :
  • Cacing Kristal atau cacing merah
  • Cacing Bayam (eisenia sp)
  • Cacing Tanah ( lumbricus terestris)
  • Cacing Fosfor (lumbricus sp)
Pakan burung dari nabati
Pakan burung dari nabati dapat berupa sayuran, buah-buahan dan biji- bijian.

1. Buah - buahan
Untuk buah- buahan sendiri sebaiknya pilihlah buah yang matang pohon dan jangan yang matang karena di karbit. Diantara banyak buah, biasanya buah yang banyak disukai adalah pepaya, dan pisang kepok, selain itu ada jenis buah lain yang disukai burung, yaitu buni, kersen (ceri), salam, beringin, dan buah palem.

2. Sayuran
Sayuran biasanya diberikan pada burung, khususnya suku ayam hias ( Phasianidae),seperti merak, puyuh dll.sayuran ini juga disukai oleh burung kakatua, parkit dan kenari. Biasanya sayur- syuran yang bisa diberikan, yaitu, wortel, sawi putih, kangkung, taoge.selada air, oyong.

3.Biji - bijian.
Ada dua macam biji - bijian yang biasa menjadi makanan burung kicau
  • Biji-bijian halus :  Seperti, milet, jewawut, kenari biji, beras ketan hitam, pellet (voer) 511. biasanya disukai oleh burung perkutut, love bird, kakatua kelabu australia.
  • Biji - bijian kasar : Seperti, jagung kering, gabah, beras merah, kacang hijau, pellet (voer) 521. biasanya disukai oleh burung dari keluarga ayam hias, seperti ayam hutan,kuau, burung puter dan terkukur.
Demikianlah jenis makanan burung kicau yang dapat anda berikan pada burung peliharaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com