Rabu, 16 November 2016

Apakah Perbedaan Dada Coklat dan Dada Merah?

F.A.Q (Frequently Asked Question)

Apakah Perbedaan Dada Coklat dan Dada Merah?

Sekedar usul ya om, tidak ada niat berselisih atau menyangkal. Niat ingsun mencurahkan pendapat.

Sejatinya Leptocoma Sperata atau biasa di sebut kolibri ninja/konin/kolibri raja/kolibri tasik. Secara alami atau takdir dari sononya memiliki warna bulu dada "MERAH". Baik itu yang berada di Jawa, Sumatra, Malaysia, dan Filipina, dll.

Kenapa bisa berubah coklat, hitam, ke abu2an?
dada coklat atau dada merah
Perubahan bulu dada
Hal ini terjadi akibat kurangnya asupan unsur X pada saat burung berada pada rawatan Manusia. Dimana unsur X ini merupakan pembentuk pigmen merah pada bulu burung. Atau lebih bekennya disebut degradasi warna bulu.

Kapan perubahan bulu dada bisa muncul coklat, hitam, merah?
Perubahan ini terjadi setelah burung mengalami selesai mabung. Jadi tidak perlu hitungan tahun. Dimana setelah mabung bulu bisa jadi coklat, merah atau hitam tergantung unsur X itu tadi?

Adakah ada urutan degradasi warna secara pasti?
Tidak ada. Karena perubahan terjadi karena pengaruh unsur X. Bisa jadi dari merah ke coklat, coklat ke merah, merah kehitam. Yg jelas tidak ada kepastian urutan.

Apakah jawa berbulu dada coklat?
Tidak, saat anda dapat dari tangkapan Alam yang sudah dewasa pasti dada merah.

Tapi kok saya beli trotol/ijo lokal setelah mabung jadi coklat?
Itu sebenarnya karena unsur x tadi. Tidak hanya lokal dari sumatrapun kalo dari ijo/trotol (bulu dada belum merah) besar kemungkinan akan menjadi coklat bila kita rawat di sangkar dengan catatan kekurangan unsur X juga. Punyaku ijoan sumatra setelah mabung jadi coklat dadanya. :)

Tapi kok konin sumatra dadanya merah?
Iya memang, karena sudah fulmet pas ditangkap. Tapi punya temen yang awalnya merah (konin smuatra) setelah mabung jadi coklat juga.

Jadi apa yang membedakan dada merah dan dada coklat?
Sebenarnya sama saja kok. Tapi bisa kita jadikan patokan saat membeli pasti kalo dada coklat minimal sudah satu kali mabung dirawat oleh si empunya atau bahkan lebih. Sedangkan yang merah masih ragu2 antara lama atau masih rawatan baru.

Lalu apakah burung bisa selamanya merah jika kita rawat?
Sebenarnya bisa asal terpenuhi unsur X yang membuat bulu tetap merah. Tapi, hal tersebut sangatlah sulit dan tidak gampang. Kita syukuri aja apa yang ada. Yang penting burung sehat dan rajin bunyi. Burung senang pemilik juga senang.

Apa yang dimaksud unsur X itu?
Beta Caroten dan Cantaxanthin

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com