Minggu, 27 November 2016

CARA MUDAH MEMBEDAKAN BURUNG CUCAK IJO JANTAN DAN BETINA YANG MASIH MUDA

burung ocehan – Burung cucak hijau atau Cucak ijo adalah salah satu dari banyaknya burung kicau paling banyak dipelihara. Dalam nama ilmiahnya adalah ( Sonnerati  Chloropsis ) burung cucak hijau, Uniknya meski menyandang nama cucak, cucak hijau ini tidak seperti dari jenisnya berasal , dengan kata lain,cucak hijau tidak satu suku dengan cucak rowo.
Untuk membedakan jenis kelamin antara Jantan dan betina dewasa cucak hijau sangat mudah, hal ini disebabkan perbedaan yg cukup kelihatan, sebenarnya untuk membedakan jenis kelamin burung cucak hijau dengang melihat karakteristik fisik itu pun cukup mudah dikenali. Tetapi jika cucak hijau muda / trotolan atau berusia 2-4 bulan fitur fisik belum terlihat perbedaan yg menonjol untuk lebih berhati-hati dalam membedakan. Tapi sebenarnya cucak hijau betinapun rajin berkicau hapir sama miripnya dengan burung pejantan, tapi karena sudah menjadi penilaian umum,untuk orang lebih mungkin memipilih yang jantan.

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan atau Betina Pada Umur 4bulan


Dalam Bagian Mata
Langkah pertama yang harus Anda amati adalah pada mata, untuk cucak hijau muda (di bawah usia 4 bulan) pada lingkaran mata kuning pekat biasanya cucak hijau jantan  dan untuk cucak hijau betina cenderung agak pudar putih .

Dalam Bagian Tubuh
Langkah kedua yang perluh diamati adalah pada bagian bawah, jika bulu di bagian bawah itu coklat berarti Cucak hijau anda jantan,tetapi jika bulu berwarna putih itu betina dan juga dari postur tubuh Betina cenderung kecil atau seperti bola




Bagaimana membedakan burung Cucak Hijau / Cucak Ijo Jantan atau Betina:
  1. CI Jantan ukuran tubuh sedikit lebih besar dan lebih tegak dan juga seimbang sementara betina lebih kecil dan lebih bulat.
  2. Bentuk kepala jantan yang lebih besar daripada betina yg bentuk kepalanya sedikit lebih kecil
  3. Warna di bawah (dagu) jantan setengah  hitam (seperti yang ditunjukkan), untuk betina kuning
  4. Dalam posisi normal, ekor pada burung jantan biasanya Rapat dan lebih panjang , dan sedangkan betina pendek
  5. leher jantan lebih panjang dan besar, sedangkan betina cenderung lehernya pendek
  6. begitu juga paruhnya paruh jantan lebih hitam pekat di banding betina

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com