Minggu, 27 November 2016

TIPS DAN CARA MEMELIHARA MENJINAKAN BURUNG BEO

burung ocehan – Pengalaman saya dulu pernah beli burung beo dari temen  yang awalnya jinak (saya ikut memegang sendiri) tapi giliran di angkut ke rumah eh jadi giras makin hari makin menjadi jadi ibarat kate kucing ketemu anjing  beo yang saya harapkan tidak sesuai dengan kenyataan setelah mencoba berbagai tips dan cara tentang merawat burung beo selama setahun terahir maka saya akan sedikit sharing ke temen temen tentang tips jitu merawat burung beo ini.Sebelum anda memutuskan memelihara burung beo alangkah baiknya anda mengetahui tinggkat kepatuhan burung beo tersebut. Disini saya mengkategorikan burung beo berdasarkan kepatuhannya .
Berbeda dari perawatan burung beo sejak anakan,burung beo yang berusia muda hutan atau remaja hutan tentu membutuhkan perawatan ekstra serius. Biasanya burung-burung tersebut berasal dari tangkapan hutan, bukan hasil penangkaran.di pasar burung, beo muda umumnya dijual dengan harga cukup bervariasi, mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta, dengan umur sekitar 1-3 bulan. Pada umur tersebut, burung sudah bisa membedakan mana kawan dan mana lawan, sehingga untuk merawatnya dibutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra.berikut ini Tips Menjinakan, Merawat, dan Mengajari Kata Kata Pada Burung Beo dari yang Tergiras sampai yang Terjinak

Tips Dan Cara Memelihara Menjinakan Burung Beo :
  • Cari dua tempat untuk beo anda. Dalam hal ini anda harus menyiapkan satu tempat yang ramai "teras rumah yang dekat dari jalan raya" dan satu tempat lagi yang sunyi "gudang, kamar kosong, belakang rumah". Tips ini anda wajib mengkombinasi dua tempat di atas 2:1 artinya dua hari di keramaian 1 hari di tempat sunyi. Hal ini bertujuan kita memberi pelajaran kepada beo tentang suasana di sekitar rumah kita selama dua hari dan satu hari untuk waktu istrirahat. Ini bertujuan agar beo tidak terporsir dari segi fisik ataupun mental. Biarkan dia merenungi semua hal hal yang di lihat dan di dengarnya atau pun juga merenungi nasibnya.
  • Sediakan Keramba Mandi. Usahakan Beo tersebut mandi di keramba jangan sediakan tempat mandi di kandangya, dalam hal ini kita melatih beo untuk disiplin untuk mandi di waktu waktu tertentu tergantung waktu luang anda tapi usahakan konsisten setiap hari. Tehnik penyemprotan untuk memandikan burung tidak efektif untuk beo tipe (A B C D). Untuk Tipe (A B) ini membutuhkan kesabaran extra coz burung bisa cidera, caranya letak kan keramba tepat di depan pintu kandang terus anda menajauh, ulangi hal tersebut sampai beo berani masuk sendiri ke keramba. Disini Tips ke dua berperan penting coz sangat susah bila hal ini di lakukan di sangkar duduk.
  • Persiapkan diri anda matang matang hahahhaa. hal ini bertujuan supaya anda tidak ikutan setress seperti burung anda. Jangan perlihatkan diri anda ke hadapan beo ketika emosi anda naik atau anda habis bangun tidur. Pengalaman saya beo akan takut ketika melihat kita salam kondisi tersebut di atas seolah olah malah memperkeruh susasana qolbu kita. Hal ini juga berlaku untuk setiap angota keluarga anda yang ada di rumah anda. Usahakan setiap anggota keluarga menyapa beo setiap kali lewat di tempat beo bertengger dengan kata kata yang jelas intonasi makna ataupun arti.
  • Cari makanan favorit beo anda. Anda bisa melakukan research kecil kecilan tentang masalah ini. mengamati makanan apa aja yang beo suka makan sampai yang hanya mencicipi saja termasuk EF (jangkrik, ulat hongkong, kroto). Inget semua yang anda bisa makan beo juga sama. Ketika anda sudah menemukan berarti kunci kesuksesan ada di tangan anda.
  • Caranya jangan beri makanan favorite beo anda sesering mungkin karena untuk menghindari dia bosan. Disini saya ambil contoh jangkrik. Taruh jangkrik di ujung sapu lidi sambil di ajak main main sampai fokus mata beo mengikuti jangkrik tsb dan menangkapnya, jangan lupa sembari ucapkan sepatah dua patah kata. untuk tingkat lanjut kurangi ukuran panjang lidi sampai beo mau ambil makan dari tangan kita. Sebagai pendukung usahakan jangan terlalu banyak memberi Voer di tempat pakan tetapi cukup beri 1-2 sendok makan Voer untuk pagi siang 1 sore 2.
  • Sediakan kandang ukuran sedang (bukan duduk). Hal ini bertujuan untuk mempersempit ruang gerak beo. Pengamatan saya, beo akan bertambah agresif bila semua tipe beo di atas di tempatkan di kandang besar. Percobaan saya beo saya kandangkan ke sangkar ukuran untuk burung kacer gantung. Untuk satu bulan pertama untuk beo tipe (A B) bulu akan rusak dan bahkan cidera. Tapi tenang bulu bisa tumbuh cidera bisa sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com