Rabu, 23 November 2016

TIPS PERAWATAN BURUNG PRENJAK AGAR CEPAT BUNYI

burung ocehan – Sangatlah gampang menurut saya menurut pengalaman saya burung ini burung yang cukup liar maka memerlukan kesabaran yang extra supaya bisa bunyi atau gacor dan bisa dijadikan burung masteran khususnya untuk menjadi jawara lomba www.suarakicau.com. Perlu diketahui sebelumnya jenis kelamin burung prenjak anda apakah benar benar jantan atau betina jika sudah yakin jenis kelaminnya jantan maka anda tinggal simak saja Perawatan burung Prenjak Kepala Merah dibawah ini berikut penjelasannya :

1. Perawatan Burung Prenjak Tahap Awal
Jika anda mendapatkan burung prenjak kepala merah dari alam liar, maka akan mudah stress. Untuk itu anda harus membuatnya nyaman dan tenang agar terhindar dari stress. Misalnya, jangan langsung memandikannya, jangan digantang/digantung di tempat yang ramai, dan lain-lain.

2. Pemberian Pakan Burung Prenjak
Prenjak kepala merah di habitat aslinya memakan ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba, kroto. Nah, jika anda membeli prenjak kepala merah yang belum ngevoer anda bisa menyiasatinya agar prenjak mau makan voer. Caranya campurkan voer dan kroto dengan porsi voer lebih banyak daripada kroto. Kurangilah porsi kroto dari hari ke hari sampai prenjak kepala merah mau makan voer murni. Itu artinya prenjak sudah mau makan voer dan kroto. Jadi anda bisa memberikan voer dan kroto dalam wadah yang berbeda. Kroto bagus untuk membuat prenjak kepala merah lebih gacor, sedangkan voer dapat mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan nutrisi bagi prenjak kepala merah.

3. Pemberian Extra Food (EF) Burung Prenjak
Extra food prenjak kepala merah yang baik agar cepat gacor adalah jangkrik dan ulat hongkong. Untuk jangkrik, berikan 3 ekor setiap pagi dan 3 ekor setiap sore, tetapi berikanlah bagian perutnya saja. Kaki dan kepala dihilangkan dulu. Sedangkan untuk ulat hongkong, sebaiknya berilah ulat hongkong yang berwarna putih (ulat hongkong muda) dan jangan terlalu banyak.

4. Tahap Penjemuran Burung Prenjak
Untuk tahap awal, jemurlah prenjak kepala merah di pagi hari selama 1 jam. Setelah berlangsung satu minggu, anda bisa menambah waktu jemurnya menjadi 2 jam. Sinar matahari yang bagus adalah pada jam 7-10 pagi.

5. Tahap Pemandian Burung Prenjak
Untuk memandikan prenjak kepala merah, tunggu sampai prenjak tidak stres lagi. Sebagai tahap awal anda bisa menyemprotnya dengan sprayer dan menaruh karamba di dasar sangkar untuk memancing prenjak agar mandi. Jika sudah terbiasa prenjak kepala merah akan mandi dengan sendirinya di karamba, karena burung mempunyai naluri untuk mandi saat merasa gatal/risih.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com