Sabtu, 17 Desember 2016

Cara merawat cucak jenggot agar cepat gacor

Cucak jenggot (CJ) adalah burung masteran yang sedang trend saat ini, burung ini banyak dicari para kicau mania untuk masteran gacoannya.

Suara tembakan dan besetan kasarnya memang terdengar sangat dominan saat  dinyanyikan burung lain di arena lomba burung, maka tidak heran jika banyak pemain lapangan yang mengandalkan suara Cucak jenggot untuk melengkapi materi isian gacoannya.

Cucak jenggot termasuk burung yang mudah dipelihara, burung ini bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Burung ini adalah pemakan buah-buahan dan serangga sama seperti Cucak ijo (CI).

Agar Cucak jenggot cepat gacor lakukan perawatan sederhana ini secara rutin:

1. Setiap pagi mulai jam 05.00 pagi burung diembunkan agar menghirup udara segar, suasana pagi hari saat Matahari terbit adalah waktu favorit bagi burung-burung di alam liar untuk berkicau, jadi tujuan pengembunan adalah untuk mengingatkan burung pada suasana alami dihabitat aslinya agar burung terpancing untuk berkicau.

2. Jam 07.00 pagi mandikan Cucak jenggot dengan memakai semprotan atau memakai cepuk agar mandi sendiri, bisa juga memakai keramba.

3. Bersihkan kandangnya, ganti buah dan air minumnya dengan yang baru. Untuk pisang, sebelum diberikan pada Cucak jenggot sebaiknya di olesi dengan madu murni terlebih dulu.

4. Berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong 3 ekor. Kroto segar juga bisa diberikan seminggu sekali dengan porsi 1 cepuk.

5. Setelah selesai mandi, burung di angin-anginkankan dulu sampai bulu-bulunya kering baru dijemur selama 1-2 jam. Selama penjemuran, Voer, buah, dan air minum tetap diberikan agar Cucak jenggot tidak kelaparan dan dehidrasi.

6. Setelah dijemur selama 2 jam, gantang ditempat yang teduh, usahakan taruh didekat suara gemericik air agar burung merasa nyaman dan terpancing untuk berkicau. Berikan vitamin khusus burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya, pemberian vitamin tersebut cukup seminggu sekali saja untuk menjaga kondisi fisik Cucak jenggot agar selalu fit dan agar lebih rajin bunyi.

7. Sore hari kandangnya dibersihkan lagi, berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong 3 ekor, setelah selesai burung dikerodong dan biarkan beristirahat.

Kalau perawatan ini dilakukan secara konsisten, pasti Cucak jenggot akan cepat gacor.

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Cucak jenggot agar cepat gacor. Untuk informasi lain seputar Cucak jenggot, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak Jenggot (CJ)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com