Rabu, 28 Desember 2016

Cara Pemberian Susu Kental Manis SKM Pada Kolibri

Salah satu menu terbaik dan praktis untuk kolibri adalah Susu Kental Manis atau biasa disebut SKM. Selain kandungan gula dan vitamin yang tinggi SKM juga mengandung protein. Sehingga bisa dijadikan pakan alternatif ketika burung belum doyan kroto atau disaat kroto sedang langka di pasaran.

Biasanya ketika burung baru dari ombyokan jarang yang sudah doyan kroto. Maka perlu kita berikan SKM setiap hari dan juga diajari makan kroto. Bagi anda yang belum pernah memelihara kolibri pasti hanya akan memberikan air gula atau madu saja sebagai menu harian.

Tanpa memikirkan asupan protein pada burung, karena kebiasaan kita melihat burung kolibri dialam liar hanya memakan nektar dari bunga. Tanpa kita ketahui bahwa mereka selama di alam liar juga memakan serangga.

Fungsi SKM disini untuk menopang asupan protein ketika burung belum mau makan kroto. Sehingga ketika burung masih baru dan belum mau kroto burung tetap sehat dan tidak nyilet/kurus. 

SKM pada kolibri
Susu Kental Manis

Dalam pemberian SKM jangan berbarengan dengan yang lain. Semisal kita memberikan SKM dan air gula secara berbarengan. Jika hal tersebut dilakukan maka yang akan di minum hanya air gulanya saja sedangkan SKM tidak akan dijamah. Air gula memiliki kadar gula yang lebih tinggi dan lebih encer daripada SKM.

Pastilah burung akan lebih memilih air gula daripada susu yang kita berikan. Sebaiknya jika memberikan kita selang seling, semisal hari ini SKM, besuknya kita berikan air gula atau madu. Dan ketika kita akan bepergian lebih dari 2 haripun, anda tidak perlu khawatir.

Hanya dengan meneydiakan SKM saja sudah cukup tanpa harus memberikan kroto beberapa hari selama kita tinggal pergi. Sebagian dari pada pecinta sogok ontong dalam memberikan menu harian hanya mengandalkan SKM saja.

Dan hampir semua burungnya sehat dan gemuk tanpa perlu pemberian kroto sedikitpun. Hal ini membuktikan bahwa susu bisa dijadikan menu harian untuk kolibri. Namun kelemahannya adalah burung kurang begitu rajin bunyi atau gacor jika tidak di selingi pemberian air gula atau nektar yang banyak beredar dipasaran.

Cara penyajian SKM sangatlah mudah tinggal kita tuangkan ke cepuk kecil dan beri sedikit air untuk mengencerkan. Perlu diingat bahwa pemakain SKM sebaiknya di encerkan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.

Jika tidak diencerkan maka air minum burung dan tenggeran akan cepat kotor karena setelah minum maka burung akan menggosok-gosokan paruhnya ke tenggeran. Karena tingkat kekentalan SKM yang tinggi terkadang masih tersisa diparuh.

Dan inilah yang membuat tenggeran cepat kotor dan menimbulkan lesi pada paruh burung kolibri. Dan jangan pula terlalu encer karena susu akan lebih mudah basi. Ketika terminum dalam keadaan basi dapat membuat burung menjad sakit dan berujung kematian. 

Saran penyajian yang saya anjurkan adalah :
1. Setengah cepuk SKM encerkan dengan seperdelapan air matang atau kira kira sepuluh tetes air matang saja.
2. Tambahkan vitamin seminggu dua kali pada SKM sebagai vitamin tambahan.
3. Ganti setiap hari atau dua hari sekali

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com