Senin, 12 Desember 2016

JENIS-JENIS PAKAN BURUNG PARKIT

burung ocehan – Burung parkit sangat menyukai pakan dari jenis biji-bijian sebagaimana pada habitat aslinya. Semua burung berparuh bengkok mengkonsumsi biji-bijian sebagai pakan utamanya. Berbagai jenis pakan yang harus diberikan untuk burung parkit dapat diuraikan menjadi pakan utama dan pakan tambahan.

1. Pakan Utama
    Berikut ini akan diuraikan tentang pakan utama untuk burung parkit, yaitu biji jewawut dan millet.

a. Biji Jewawut
Makanan favorit burung parkit adalah biji jewawut, bahasa Latinnya Panicum Viride atau dalam bahasa Jawa disebut Otek. IeWaWut dapat diberikan dalam bentuk malai atau biji jewawutnya. Dari pengalaman peternak jarang sekali membeli pakan jewawut yang masih ada malainya. Iewawut mudah sekali diperoleh di pasar burung, di poultry shop atau di kios-kios penjual pakan ternak atau burung. Dari hasil sebuah penelitian ditengarai bahwa di dalam biji jewawut sudah terkandung unsur protein, lemak, dan karbohidrat meskipun kadarnya rendah.

Ada dua jenis jewawut yang dijual di pasaran. Iewawut lokal dan impor (Bangkok), namun keduanya memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Mengenai harga setiap saat selalu berubah sesuai dengan teori hukum permintaan dan penawaran. Sebagai informasi saja, harga jewawut lokal pada awal Januari 2000 di kota Solo tercatat Rp3.000,00 per kg. Sedangkan jewawut Bangkok Rp2.500,00 per kg.

b. Millet
Millet merupakan pakan sejenis jewawut yang juga disukai burung parkit, puter, kenari, dan burung pipit. Bentuknya mirip dengan jewawut, tetapi butirannya lebih besar sedikit dan mengkilap atau licin. Warnanya ada dua macam, putih dan merah. Millet merah sedikit lebih mahal ketimbang yang warna putih. Harganya juga selalu berfluktuasi, per kilo berkisar antara Rp2.700,00 sampai Rp3.500,00 untuk yang putih dan Rp3.500,00 sampai Rp4.500,00 untuk merah (harga pada Januari 2000 di kota Solo). Di tiap-tiap daerah tentu saja harganya tidak selalu sama.


2. Pakan Tambahan
Untuk burung parkit yang dibudidayakan, pemberian pakan tambahan atau food suplemen merupakan suatu keharusan, karena akan berdampak langsung terhadap produktivitas, kesehatan, suara, dan keindahan warna bulu. Oleh sebab itu, kebutuhan gizi dalam proses kehidupannya akan terpenuhi melalui keanekaragaman pakan yang biasanya diberikan pada burung parkit. Jenis dan manfaat pakan tambahan, yaitu taoge jagung muda; kangkung; daun kemangi; grit; dan vitamin serta mineral.

a. Taoge
Taoge atau kecambah atau tokolan (dalam bahasa Jawa) salah satu jenis pakan yang amat penting. Taoge atau kecambah dari kacang hijau ini berpotensi besar dalam masalah kesuburan dan vertilitas telur, terlebih lagi burung parkit yang sedang dalam masa-masa kawin, sehingga diharapkan dapat menciptakan keturunan dalam jumlah banyak. Di dalam taoge terdapat kandungan vitamin E yang bermanfaat mempertahankan alat reproduksi, kesehatan kulit, dan bulu.

b.Jagung Muda
Secara umum, semua burung berparuh bengkok menyukai biji-bijian, di antaranya adalah jagung beserta tongkolnya, baik jagung biji kuning maupun merah, karena semua jagung tersebut mengandung pro Vitamin A. Untuk mendapatkan jagung ini tidaklah sulit karena di setiap pasar pasti ada, kalau membeli di kios pakan burung biasanya jagung pipilan baik yang masih utuh maupun yang pecahan. Untuk burung parkit dapat diberikan jagung beserta tongkolnya maupun jagung pipilan yang sudah agak pecah kecil~kecil.


c. Kangkung
Kangkung selain mudah cara mendapatkannya harganya pun relatif murah. Dari sekian banyak jenis sayuran, selama ini para peternak burung parkit hanya memanfaatkan kangkung debagai pakan tambahan dan ternyata burung parkit sangat menyukainya.

d. Daun Kemangi
Daun kemangi diberikan sebatas sebagai pakan tambahan dan diberikan tidak setiap hari, dapat seminggu sekali. Fungsi daun kemangi bagi burung untuk mencegah terjangkitnya penyakit diare atau mencret.

e. Grit
Grit adalah campuran dari berbagai bahan, seperti kulit kerang, kulit bekicot, kulit cumi-cumi, pecahan batu kali, kerikil, dan arang batok granit. Grit ini sulit didapat di pasaran, padahal manfaatnya sangat penting yakni sebagai sumber mineral terutama kalsium serta berfungsi membantu pencernaan. Karena grit sulit untuk mendapatkannya, sebaiknya membuat sendiri. Dari bahan-bahan tersebut (tidak semua bahan) kemudian ditumbuk tetapi tidak sampai halus.

f. Vitamin dan Mineral
Selain makanan berupa biji-bijian dan sayuran, burung parkit juga perlu diberi tambahan makanan berupa vitamin yang penggunaannya dicampurkan dengan air minuman. Vitamin ini dapat dibeli di poultry shop yakni merk Canary Post atau Growvit. Vitamin dalam bentuk powder ini bermanfaat untuk mempertinggi fertilitas pejantan dan betina, serta meningkatkan daya tetas telur.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com