Sabtu, 17 Desember 2016

Tips merawat burung untuk karyawan yang berangkat pagi pulang sore

Saat ini hobi memelihara burung kicau memang melanda hampir pada semua kalangan, dari masyarakat kelas bawah sampai kelas atas, dari profesi kuli sampai pengusaha, bahkan pejabatpun juga banyak yang memiliki hobi memelihara burung kicau.

Memelihara burung kicauan tentu juga harus bisa meluangkan waktu untuk merawatnya, karena burung kicau membutuhkan perawatan ekstra yang cukup menyita waktu.

Terus bagaimana untuk yang berprofesi sebagai karyawan yang harus berangkat pagi dan pulang sore..???

Tentu akan sulit untuk membagi waktu karena tuntutan pekerjaan. tapi bukan berarti tidak bisa, jangan sampai keterbatasan waktu membuat burung kesayangan kita menjadi tidak terurus.

Usahakan tiap hari bangun lebih pagi untuk mengembunkan burung peliharaan kita, sediakan pakan dan minumnya termasuk ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong (UH), dan kroto untuk burung-burung pemakan serangga, dan sediakan pisang, pepaya, apel atau buah-buahan segar lainnya untuk burung-burung pemakan buah serta pakan-pakan lainnya sesuai dengan makanan alami masing-masing burung yang kita pelihara.

Setelah proses pemberian pakan selesai, kemudian gantang ditempat yang terkena sinar Matahari pagi agar burung bisa berjemur walaupun hanya sebentar.

Setelah selesai semuanya, bisa kita tinggal dulu untuk melakukan aktifitas lain atau untuk bersiap-siap bekerja seperti mandi, ganti baju, dan sarapan sambil menikmati kicauan merdu burung-burung kesayangan kita sampai waktunya kita berangkat bekerja.

Kalau rumah kita aman dari gangguan predator dan pencurian, burung bisa kita tinggal diluar rumah, tapi kalau kita kuatir burung kita kenapa-kenapa sebaiknya sebelum berangkat dimasukkan lagi kedalam rumah, dan agar lebih aman sebaiknya burung dikerodong.

Sore hari sepulang kerja kembali burung dikeluarkan, buka kerodong untuk diangin-anginkan sebentar lalu mandikan burung dikeramba sampai puas.

Bersihkan kandangnya dan ganti air minumnya, setelah selesai mandi berikan jangkrik sesuai settingan hariannya. Setelah selesai semua kembali burung dikerodong untuk istirahat.

Pada saat hari libur waktunya kita melakukan perawatan ekstra:

• Pagi hari sekitar jam 05.00 burung diembunkan, berikan jangkrik sesuai settingan hariannya.

• Jam 07.00 pagi burung dimandikan dikeramba sampai benar-benar puas, dan sambil menunggu burung selesai mandi, kandangnya dibersihkan, kalau perlu dicuci sampai bersih.

• Setelah selesai, burung diangin-anginkan sampai bulu-bulunya kering baru dijemur selama 1-2 jam. Voer dan air minumnya tetap diberikan agar burung tidak kelaparan dan kehausan.

• Berikan kroto segar 1 cepuk sebagai makanan tambahan/Ekstra fooding (EF).

• Setelah selesai dijemur, burung di angin-anginkan ditempat yang teduh.

• Kalau punya kandang umbaran, burung bisa diumbar untuk melatih fisiknya sekaligus untuk refreshing burung agar tidak stres.

Demikian sedikit informasi tentang tips merawat burung untuk karyawan yang berangkat pagi pulang sore. Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perawatan burung kicau

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com