Rabu, 14 Desember 2016

Tips Perawatan Kolibri Saat Ditinggal Pergi Dalam Waktu Yang Lama

Libur panjang merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dikampung. Namun bagi para kolibri mania bisa was was jika burung kesayangannya ditinggal terlalu lama. Inilah salah satu kekurangan dari memelihara kolibri. Dimana burung tidak bisa ditinggal terlalu lama.

Hal ini disebabkan karena makanan harian kolibri berupa air gula (nektar) dan kroto sebagai asupan protein. Burung kolibri tanpa mendapat asupan protein bisa berupa kroto maupun serangga lain dapat mengakibatkan tubuh kurus dan berujung kematian. Memang perawatan burung kolibri sedikit lebih ribet daripada burung lain yang mau makan voer.

tips perawatan kolibri saat libur panjang
Mudik Konin Mania
Salah satu solusi untuk hal ini adalah dengan menitipkan burung ke tetangga, sahabat atau tempat penitipan burung. Usahakan menitipkan pada orang yang paham betul tentang perawatan burung kolibri.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi salah rawatan sehingga burung sakit. Sangat disayangkan jika burung tersebut sudah juara dan beberapa kali naik podium. Burung kolibri memang tidak bisa terlepas dari asupan protein untuk menjaga agar burung tetap sehat dan gemuk.

Dari situlah saya terus berupaya mencari solusi bagaimana cara agar burung ditinggal dalam waktu lama namun tetap sehat dan gemuk.  Berikut ini saya bagikan tips untuk burung kolibri yang akan di tinggal bepergian untuk beberapa hari.

Pertama, bersihkan kandang sebelum ditinggal mudik. Baik itu sangkar, pangkringan, cepuk makan minum dan alas karpet. Hal ini untuk menjaga kesehatan burung.

tips merawat kolibri
Pembersihan Kandang

Kedua, selama di tinggal mudik taruh burung ditempat yang sirkulasi udaranya bagus dan ada cahaya dari luar yang masuk. Jangan simpan burung ditempat yang pengap dan lembab.

tips merawat kolibri saat mudik
Gantangan memiliki sirkulasi udara yang cukup

Ketiga, selama ditinggal pergi burung jangan dikerodong kalaupun dikerodong usahkan sirkulasi udara tetap ada. Hal ini agar sirkulasi udara tetap bisa masuk karena kotoran burung mengandung amoniak yang bila terhirup burung dalam waktu yang lama bisa mengakibtakan keracunan dan berujung kematian. Minimal jika dikerodong adalah celah dari atas mapun bawah agar udara dari luar bisa masuk kedalam.

tips merawat kolibri
Kerodong tidak ditutup penuh

Keempat, berikan menu Susu Kental Manis (SKM) selama kita mudik. SKM memang menu andalan saya ketika ditinggal beberapa hari karena SKM sudah meiliki kandugan yang komplit. Selain sebagao pengganti nektar karena memiliki kandungan gula SKM juga mengandung protein yang bisa menggantikan kroto selama anda pergi. Berikan SKM tanpa diencerkan agar bertahan lama dan tidak mudah basi.

tips merawat kolibri
Susu Kental Manis

Kelima, gunakan cepuk model tabung yang biasa dipakai untuk burung lovebird atau tabung kaca yang banyak beredar. Hal ini untuk menccegah burung mandi dan air minum tidak cepat kotor dan bau. Tidak usah di sediakan cepuk mandi karena biasanya jika kita berikan menu SKM air lebih cept kotor dan berbau. Sangat bahaya jika dipakai buat mandi burung selain penuh bakteri juga membuat bulu burung menjadi lengket.

tips merawat kolibri
Tempat minum model tabung


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com