Selasa, 03 Januari 2017

Cara membedakan Cucak ijo jantan dan betina muda/trotolan

Cucak ijo jantan dan betina dewasa sangat mudah dibedakan walaupun oleh pemula sekalipun. Karena perbedaannya sangat jelas dengan adanya warna hitam dibagian muka sampai leher bagian depan untuk Cucak ijo jantan dewasa (atau biasa disebut nopeng/topeng), sedangkan Cucak ijo betina tidak nopeng.

Tapi lain ceritanya untuk Cucak ijo yang masih muda (trotolan) cukup sulit untuk membedakannya, apalagi untuk kita yang masih pemula.

Tapi ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita jadikan panduan sebelum kita memutuskan untuk membeli Cucak ijo muda/trotolan.

Ciri-ciri Cucak ijo jantan dan betina muda/trotolan:

• Pada Cucak ijo jantan, lingkaran bulu alis matanya berwarna kuning tua sedangkan pada Cucak ijo betina berwarna kuning pudar keputihan.
Pada burung jantan, bulu yang melingkar di bagian matanya akan rontok dan tumbuh bulu berwarna hitam mengkilap sampai pada bagian leher setelah dewasa. Sedangkan pada burung betina, bulu yang menglingkar di bagian matanya akan pudar dan berwarna putih.

• Paruh bagian bawah Cucak ijo jantan berwarna coklat kehitaman dan akan menjadi hitam pekat setelah dewasa. Sedangkan pada Cucak ijo betina, paruh bagian bawahnya berwarna putih kehitaman.

• Cekungan pada paruh bagian bawah Cucak ijo jantan berbentuk huruf V, sedangkan pada Cucak ijo betina berbentuk huruf U.

• Pada bagian leher perbedaannya cukup jelas karena pada Cucak ijo jantan, bulu bagian dagu sampai leher berwarna kuning tua, bulu-bulu kuning tersebut lama-kelamaan akan rontok dan berganti dengan bulu-bulu totol hitam seiring bertambahnya usia, sampai akhirnya menjadi full berwarna hitam pekat setelah dewasa. Sedangkan bulu pada Cucak ijo betina berwarna kuning pudar, dan lama-kelamaan akan menjadi putih setelah dewasa.

• Supit udang CI jantan terasa agak keras kalau ditekan dengan jari dan jaraknya cukup rapat, sedangkan supit udang CI betina terasa lunak dan jaraknya lebih lebar.

• Cucak ijo muda/trotol kakinya masih terlihat basah, sedangkan Cucak ijo dewasa, kakinya sudah kering (bersisik). Jadi kalau menjumpai Cucak ijo yang kakinya sudah kering (bersisik) tapi belum nopeng, berarti Cucak ijo tersebut kemungkinan besar adalah betina.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara membedakan Cucak ijo jantan dan betina muda/trotolan. Untuk informasi lainnya seputar Cucak ijo, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

DOWNLOAD audio cucak ijo versi_1.mp3

Cucak ijo jantan dan betina muda

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com