Jumat, 13 Januari 2017

Cara Mengajari Kolibri Makan Kroto

Dialam liar burung kolibri tidak hanya makan nektar dari bunga saja. Sebenarnya kolibri juga makan serangga-serangga kecil yang ada dipohon untuk mencukupi kebutuhan nutrisi berupa protein pada tubuhnya. Karena jika burung hanya makan nektar bunga saja maka lambat laun burung akan kurus dan mati.

Sama halnya ketika kita merawat burung ini di sangkar. Kita juga harus memperhatikan menu makanan yang kita berikan. Pemberian extrafooding sangat perlu agar burung tetap sehat dan berumur lama. Karena kebanyakan orang yang baru mengenal kolibri pasti akan mengeluh bahwa burung ini susah dirawat dan mudah mati.

Hal ini disebabkan ke kurang pengetahuan mereka tentang apa yang dibutuhkan burung kolibri. Mereka hanya mengira jika kolibri hanya diberi air gula atau madu saja sudah cukup. Sehingga lambat laun burung tersebut akan mati.

www.suarakicau.com
Konin yang sudah doyan kroto
Extrafooding yang kita berikan disini adalah untuk memenuhi asupan protein setiap harinya. Extrafooding tersebut bisa berupa serangga kecil seperti Ulat Kandang, anakan Belalang Hijau, Laba-Laba, dan Kroto. Namun sebagian besar orang hanya menggunakan kroto dan ulat kandang karena mudah dicari di kios-kios burung.

Setelah burung didapatkan dari alam liar tidak serta merta burung langsung mau makan kroto atau ulat yang kita berikan. Perlu kita latih agar burung terbiasa dan mau memakannya. Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana caranya mengajari kolibri makan kroto.

Cara pertama
Jika kita sudah memiliki burung kolibri yang sudah doyan kroto. Burung yang baru kita jadikan satu kandang dengan burung yang sudah mau makan kroto. Diawal-awal memang burung saling kejar-kejaran setelah beberapa hari burung akan terbiasa. Berikan kroto setiap hari jika burung yang lama makan kroto burung yang baru tadi juga akan ikut-ikutan makan. Kita bisa menggunakan burung betina atau burung pleci.

www.suarakicau.com
cara memegang burung
Cara kedua
Ambil kroto yang banyak taruh di dalam kain tipis. Peraslah kroto tersebut sampai keluar cairan isi kroto. Tampung dalam wadah supaya tidak jatuh kemana-mana. Berikan perasan kroto tersebut keburung selama beberapa hari. Dihari ketiga taburkan sedikit kroto diatasnya. Diheri berikutnya kurangi air perasan krotonya dan perbanyak kroto yang tidak diperas sampai hanya kroto utuh yang diberikan. Kurangi secara bertahap sampai burung  mau makan kroto yang masih utuh.

Jika cara diatas terlihat ribet kita bisa mengganti medianya menggunakan air gula. Taburkan kroto diatas air gula atau nektar setiap hari dengan penambahan jumlah kroto disetiap harinya. Lakukan berulang dan terus amati sampai burung mau makan kroto. Jika sudah mau berikan kroto dalam wadah terpisah dan amati apakah sudah benar-benar mau makan kroto.

Cara ketiga
Pegang burung yang akan kita ajari makan kroto. Ambilah sejimpit kroto dan pecahkan sampai cairan kroto keluar. Suapkan pada paruh burung berulang-ulang sampai burung menjulur-julurkan lidahnya atau menjilati cairan kroto tadi. Hal itu menandakan burung mulai merasakan kroto yang kita berikan. Lakukan berulang-ulang sampai burung menyukainya jika sudah berikan kroto yang masih utuh. Biasanya burung sudah mau memakan kroto yang masih utuh. Jika sudah berikan kroto dalam menu hariannya dan amati apakah kroto dijamah atau tidak.
www.suarakicau.com
Cara menyuapi burung

www.suarakicau.com
Cara menyuapi kolibri
Itulah tips dalam mengajari kolibri makan kroto secara mudah. Lakukan cara diatas berulang ulang dan anda harus ekstra sabar. Kami menyarankan saat memilih burung pilihlah yang sudah mau makan kroto agar anda tidak perlu repot-repot mengajarinya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com