Rabu, 18 Januari 2017

Manfaat fumayin untuk doping kenari


Pemberian fumayin (Hemp Seed) pada kenari memang menunjukkan peningkatan performa yang mengagumkan pada kenari. Burung menjadi lebih gacor dan ngotot, tapi harus diingat, pemberian fumayin yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan. Untuk mengurangi efek ketergantungan sebaiknya fumayin diberikan hanya ketika krnari dipersiapkan menjelang lomba saja, sehingga tidak membuat kenari kecanduan dan akan membuat performanya ngedrop ketika tidak diberikan doping.

Manfaat fumayin sebenarnya adalah untuk meningkatkan birahi burung dan menambah stamina burung saat lomba serta menjadikan burung lebih gacor dan ngotot. Dengan catatan, porsi pemberiannya harus sesuai dengan takaran yang tepat.

Fumayin ternyata mengandung omega-6 dan omega-3 yaitu asam lemak penting yang berguna untuk kesehatan jantung dan mencegah peradangan. Jadi secara ilmiah, fumayin terbukti sangat bermanfaat untuk burung bahkan untuk manusia. Sebetulnya fumayin tidak menimbulkan efek kecanduan sebagaimana isu yang berkembang selama ini. Isu tersebut sengaja disebarkan agar tidak semua orang menggunakan fumayin untuk burung mereka. Fumayin aman digunakan asal pemakaiannya tidak melebihi batas.

Sebagai bukti bahwa fumayin aman dan direkomendasikan bagi burung lomba atau ternak, dapat kita lihat pada komposisi pakan burung produk import, mereka mencampurkan 10-15% biji fumayin dengan biji-bijian lainnya pada produk pakan burung mereka.

Fumayin memang bisa menambah semangat tempur burung lomba, tapi efeknya akan hilang ketika burung tidak mengonsumsi fumayin lagi, maka ketika burung yang semula diberi fumayin lantas tidak diberikan lagi, maka burung akan terlihat gelisah. Namun kegelisahan itu tidak akan membuat burung mengalami kecanduan apalagi membuat burung merasa kesakitan. Efek seperti itu hanya berlangsung 2-3 hari saja, setelah itu burung akan normal kembali.

Efek fumayin akan menjadikan kenari lebih gacor dan lebih gila dalam bertempur diatas gantangan, sehingga membuatnya terus bunyi dari awal digantang sampai akhir gantangan. Tapi perlu diperhatikan (untuk kenari yang memakai doping fumayin) setelah selesai lomba atau keesokan harinya setelah mengikuti lomba, fumayin tetap diberikan pada kenari, tetapi sedikit demi sedikit porsi pemberiannya dikurangi. Misalkan kenari akan mengikuti lomba pada hati minggu: H-1 (sabtu) menjelang lomba pada sore harinya diberikan 5-10 butir biji fumayin. Pada saat mau turun lomba (minggu), kenari bisa diberikan sampai 20 butir biji fumayin. Efeknya akan membuat kenari tahan lama ngedurnya dan kuat untuk turun sampai beberapa sesi.

Keesokan harinya setelah kenari selesai mengikuti lomba (senin), porsi fumayin dikurangi menjadi 5 butir. Dilanjutkan lusanya (selasa) menjadi 2 butir saja. Dan keesokan harinya (rabu) pemberian fumayin bisa dihentikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenari menjadi ngedrop/macet bunyi kalau pemberian fumayin langsung dihentikan setelah mengikuti lomba.

Pemberian fumayin juga harus memprrhatikan kondisi cuaca. Saat cuaca panas saat perlu di perhatikan porsinya jangan terlalu banyak, karena efek fumayin juga untuk menghangatkan tubuh kenari. Pemberian Fumayin yang terlalu berlebihan akan menyebabkan over birahi, hal ini dapat dilihat dari kelakuan kenari yang cenderung lebih sering menggigit jeruji sangkar dan bahkan sampai mematuki kakinya sendiri.

Demikian sedikit informasi tentang manfaat fumayin untuk doping kenari. Untuk informasi lain seputar burung kenari akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga:
"Perawatan yang tepat untuk kenari mabung"

DOWNLOAD audio kenari isian.mp3

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Biji fumayin untuk doping kenari

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com