Kamis, 12 Januari 2017

Penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya

Bicara soal Kacer memang tidak akan ada habisnya, segala hal tentang burung fighter ini memang menarik untuk dibahas, dari mulai perawatan, settingan, gaya tarung, isian, sampai pada perilaku mbagong yang menjadi momok menakutkan bagi para pemain Kacer lapangan.

Kacer adalah petarung sejati, betuk fisiknya yang gagah, warna bulu serta gaya tarungnya yang eksotic juga sangat menunjang karakternya sebagai burung petarung. Tapi dibalik kegagahan dan kegarangannya tersebut, ada sisi negatif yang ditakuti hampir semua penggemar Kacer, yaitu perilaku mbagong. Status Kacer sebagai burung fighter yang garang akan sirna dalam sekejap dan akan berubah seperti pecundang saat Kacer berperilaku mbagong.

Mbagong pada Kacer tidak bisa diketahui secara pasti penyebabnya. Kita hanya bisa menebak-nebak saja, antara lain:
• Kalah mental/kalah tarung
• Over birahi (OB)
• Kurang kondisi (tidak fit)

Mungkin Kacer bisa di analogikan sebagai anak kecil. Ketika seorang anak kecil sedang takut, marah, sedih, lapar atau menginginkan sesuatu yang tidak kesampaian, maka dia akan melampiaskannya dengan cara menangis.

Demikian juga dengan seekor Kacer, pelampiasan dari semua perasaan tidak nyaman tersebut adalah dengan cara mbagong. Maka tidak heran jika ada beberapa individu Kacer yang harus dibagongkan terlebih dulu sebelum naik gantangan, karena setelah mbagong, Kacer akan merasa lega dan fresh sehingga bisa menampilkan performa terbaiknya.

Jadi intinya, sebagai pemilik Kacer kita harus benar-benar memahami karakter Kacer yang kita rawat. Kita harus memahami kemauan dari Kacer yang kita rawat dan harus hafal pada saat apa atau pada saat kenapa Kacer tersebut mbagong. Dengan begitu maka kita akan bisa mengantisipasinya agar Kacer tidak mbagong saat dilombakan.

Berikut ini beberapa terapi yang bisa kita terapkan pada Kacer yang sering mbagong karena sebab-sebab tertentu:

Terapi khusus untuk Kacer yang mbagong karena kalah mental (kalah tarung):

• Isolasi

Tempatkan Kacer ditempat yang tenang, jauhkan dari Kacer lain, dan bahkan jangan sampai mendengar suara Kacer lain atau burung-burung lain yang gacor untuk sementara waktu sampai kondisinya pulih.

• Umbaran

Biarkan Kacer sendirian, jika memungkinkan masukkan Kacer dikandang umbaran pada siang hari dan baru dimasukkan ke kandang hariannya pada sore hari.

Kondisikan agar suasana disekitar kandang umbaran tenang, sejuk, banyak pepohonan, dan usahakan juga ada suara gemercik air.

Sediakan juga sekalian bak mandi didalam kandang umbaran agar Kacer bisa mandi semaunya sendiri. Berikan pasir atau tanah sebagai alas dikandang umbaran agar Kacer bisa kipu (mandi pasir).

• Ekstra fooding (EF)

Berikan Ekstra fooding (EF) sepuasnya seperti jangkrik, belalang, dan kroto agar Kacer merasa senang dan cepat pulih mentalnya. Voer tetap diberikan.

• Untulan

Setelah selama satu minggu di asingkan, saatnya untuk mulai membangkitkan kembali jiwa fighternya dengan cara memasukkan untulan (burung kecil) kedalam kandang umbaran seminggu sekali. Biarkan Kacer mengejar-ngejar burung untulan tersebut sampai puas. Dengan cara ini, mentalnya akan bangkit lagi karena merasa bahwa dialah yang paling kuat dan berkuasa. Bisa juga diberikan pakan hidup seperti cicak, katak kecil, kadal kecil, atau ikan-ikan kecil agar diburu dan dimangsa oleh Kacer.

• Lakukan terapi ini selama -+1 bulan atau sampai mental Kacer tersebut benar-benar pulih. Setelah kondisi mentalnya pulih, bisa dicoba untuk ditrek dengan Kacer lain yang usianya lebih muda terlebih dulu untuk semakin menguatkan mentalnya.

Terapi untuk Kacer over birahi (OB):

• Isolasi (sama dengan poin diatas)

• Umbaran (sama dengan poin diatas)

• Ekstra fooding (EF)

Pangkas porsi Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong (UH). Kalau OB'nya terlalu parah, stop pemberian Ekstra fooding (EF) untuk sementara waktu dan cukup diberikan voer saja.

Kalau Kacer mau makan buah, berikan buah pepaya karena sangat efektif untuk membantu menurunkan birahinya Dan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya bisa diberikan ulat bumbung, atau cacing.

• Mandi

- Berikan bak mandi didalam kandang umbaran agar kacer bisa mandi semaunya.
- Mandi malam juga bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihannya.
• Mandi pasir (kipu)
Sediakan pasir didalam kandang umbaran sebagai alas kandang agar Kacer juga bisa sekalian mandi pasir (kipu).
• Lakukan terapi ini -+ 1 bulan atau sampai kondisi Kacer normal kembali.

Setelah kondisi Kacer normal kembali (Kacer terlihat lebih anteng) mulai setting ulang porsi Ekstra foodingnya.
- Stop pemberian ulat bumbung.
- Jangkrik mulai diberikan 1/1 pagi/sore, dan terus dipantau perkembangannya. Tingkatkan lagi porsinya jika performanya kurang maksimal sampai didapatkan settingan yang paling pas untuk Kacer tersebut.

Setelah performanya dirasa sudah maksimal, bisa dicoba untuk ditrek dengan Kacer lain yang usianya lebih muda agar Kacer kita tersebut merasa dominan.

Terapi untuk Kacer yang kurang kondisi (kurang fit):

• Isolasi

Full kerodong agar Kacer bisa istirahat total, dan jauhkan dari burung-burung sejenis dan burung-burung lain yang gacor.

• Ekstra fooding (EF)

- Berikan jangkrik sekenyangnya.
- Berikan kroto 2 hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.
- Ulat daun pisang bisa diberikan seminggu sekali cukup 1 ekor saja yang berukuran besar.
- Ulat hongkong (UH)diberikan 5/5 pagi/sore.
- Kuning telur (ayam kampung) rebus juga bisa diberikan seminggu sekali. Caranya potong kuning telur kecil-kecil lalu taruh dicepuk tempat kroto.
- Berikan buah-buahan seperti apel, pepaya, atau pisang untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya, tapi kalau Kacer tidak mau mengkonsumsi buah, alternatifnya dengan memberikan pakan buah-buahan dan sayuran pada jangkrik terlebih dulu sebelum diberikan pada Kacer.
- Berikan vitamin khusus untuk burung kicau seminggu sekali diteteskan pada air minumnya.

• Jemur secukupnya saja setiap hari mulai jam 07.00 pagi.

• Mandi cukup seminggu sekali.

Demikian sedikit informasi tentang penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer ngobra dan Kacer mbagong

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com