Kamis, 05 Januari 2017

Perawatan burung mabung (ngurak)

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh seekor burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Ketika mabung, burung sangat memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu-bulu baru. Energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut menyebabkan burung harus mengkonsumsi lebih banyak makanan selama masa mabung untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan bulu-bulu barunya. Karena energi yang dibutuhkan seekor burung selama masa mabung dua setengah kali lebih besar dari burung yang sedang memproduksi telur.

Faktor-faktor yang mempengaruhi masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks seperti usia burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembang biakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabungnya.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, kita harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga burung bisa mengembangkan bulu-bulunya sesempurna mungkin.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung pada burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (nyulam).

Faktor-faktor yang menyebabkan burung gagal mabung:

Penyakit
Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

Gizi buruk
Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang begizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, kusam, melintir/keriting) dll.

Bahan-bahan kimia
Penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan malah merusak bulu. Contohnya pemakaian doping burung berbahan kimia.

Stres
Pada saat mabung sebisa mungkin tempatkan burung ditempat yang tenang dan tidak ada gangguan yang bisa menyebabkan burung menjadi stres sehingga mengganggu proses mabungnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan pada saat burung dalam masa mabung:

• Menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.

• Pastikan tidak satu pun dari burung kita yang menjadi pembawa virus dan bibit penyakit, misalnya Polyoma.

• Berikan gizi yang cukup selama burung mabung dengan pakan yang berkualitas. Tapi perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.

• Berikan ekstra fooding kebih banyak pada saat burung mabung. Variasikan menu buah untuk burung pemakan buah.

• Pada saat mabung bisa diberikan minyak ikan agar bulu-bulu baru tumbuh kuat dan mengkilap. Caranya dengan dioleskan pada jangkrik atau dicampurkan dengan kroto.

• Burung cukup dimandikan 3 hari sekali atau 1 munggu sekali saja.

• Burung cukup dijemur selama 15 menit saja pada jam 7 pagi karena bulu-bulunya belum kuat.

• Tempatkan burung ditempat yang benar-benar tenang, atau kalau tidak memungkinkan sebaiknya burung dikerodong saja agar bisa fokus menyelesaikan masa mabungnya. Kerodong cukup dibuka pada pagi hari dan sore hari pada saat memberikan pakan dsn minum serta pembersihan kandang.

• Lakukan pemasteran, karena saat mabung adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran. Karena burung lebih banyak diam dan mendengar, sehingga pemasteran pada saat mabunglah yang paling efektif.

Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung mabung (ngurak). Untuk informasi lain seputar burung kicau bisa dilihat pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung mabung (full kerodong/ditaruh ditempat yang tenang)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com