Kamis, 05 Januari 2017

Perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut

Kalau dilihat sekilas, antara prenjak tamu dan prenjak lumut tampak sama. Tetapi kalau diperhatikan secara seksama, akan tampak jelas sekali perbedaan antara kedua burung tersebut, antara lain:

• Pada prenjak tamu, bagian kepalanya berwarna merah sampai pipi dan bagian bawah paruh sampai sekitar mata. Sedangkan pada prenjak lumut, warna merahnya hanya pada mahkotanya saja (bagian atas kepala).

• Ukuran tubuh prenjak lumut lebih kecil dibandingkan dengan prenjak tamu/prenjak kepala merah.

• Bagian punggung prenjak lumut berwarna kehijauan seperti lumut, karena itulah kenapa dinamakan prenjak lumut, sedangkan prenjak kepala merah bagian punggungnya berwarna abu-abu gelap.

• Warna kehitaman pada bagian dada prenjak tamu jantan lebih lebar dan lebih gelap dibandingkan dengan prenjak lumut jantan.

• Paruh bagian atas prenjak lumut berwarna sedikit kehitaman sementara paruh bagian bawah berwarna putih kemerahan. Sedangkan paruh bagian atas prenjak tamu warnanya lebih gelap, sementara paruh bagian bawahnya berwarna putih kehitaman.

Dipasaran, prenjak tamu/prenjak kepala merah lebih populer dan harganyapun lebih mahal dibandingkan dengan prenjak lumut. Tapi sebetulnya, suara prenjak lumut tidak kalah bagus dibandingkan dengan prenjak kepala merah. Kicauan prenjak lumut lebih variatif dan juga tidak kalah nyaring dengan suara prenjak tamu.

Perbedaan yang paling menonjol dari prenjak tamu dan prenjak lumut adalah pada warna bulu dibagian punggungnya dan suara kicauannya yang jelas-jelas berbeda.

Demikian sedikit informasi tentang perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut.
Untuk informasi lain seputar burung prenjak akan dibahas pada artikel yang lain.

DOWNLOAD suara prenjak lumut.mp3

DOWNLOAD suara prenjak tamu.mp3

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Prenjak kepala merah dan prenjak lumut

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com