Selasa, 10 Januari 2017

Tips membentuk mental Cendet trotolan agar menjadi jawara

Cendet/Pentet adalah burung predator yang memiliki kemampuan cukup baik untuk menirukan suara burung lain dan suara-suara lain yang didengarnya.

Suara kicauan Cendet/Pentet mutlak adalah suara isian, jadi untuk mendapatkan Cendet dengan suara isian yang kita inginkan, caranya adalah dengan memeliharanya dari anakan/trotolan agar variasi isiannya bisa kita setting sendiri. Karena saat masih anakan/trotolan, Cendet lebih mudah untuk dimaster.

Pilihlah Cendet/Pentet yang berjenis kelamin jantan karena kualitas suara dan mental fighternya lebih bagus daripada yang betina, walaupun keduanya sama-sama bisa gacor.

Untuk menyiapkan Cendet/Pentet agar kelak menjadi bisa menjadi juara, tentu bukan hal yang mudah karena butuh kesabaran dan kerja keras.

Kalau tujuan kita memelihara Cendet/Pentet adalah untuk dilombakan, lebih baik kalau hanya memelihara satu ekor Cendet saja dirumah agar nantinya burung mejadi lebih agresif saat bertemu dengan Cendet lainnya.

Perawatan awal untuk anakan/trotolan Cendet/Pentet:

Usahakan untuk membeli anakan Cendet/Pentet yang sudah bisa makan voer kering agar tidak repot untuk melolohnya, tapi kalau terpaksa mendapatkan Cendet yang belum bisa makan sendiri, maka kita harus meluangkan waktu untuk meloloh anakan Cendet tersebut.

Campuran pakan untuk meloloh anakan/trotolan Cendet/Pentet:

Berikan pakan yang mengandung protein tinggi untuk mempercepat pertumbuhan anakan Cendet/Pentet. Bahan-bahannya bisa kita buat sendiri, seperti:

• Voer halus
• Susu bubuk
• Kuning telur
• Madu murni
• Jangkrik (dipotong kecil-kecil)

Campurkan semua bahan tersebut dengan sedikit air dan aduk rata sampai menjadi bubur. Gunakan campuran tersebut untuk meloloh anakan Cendet/Pentet setiap hari sampai anakan Cendet tersebut bisa makan voer basah sendiri.

Ekstra fooding (EF) untuk Cendet/Pentet trotolan:

Setelah Cendet/Pentet trotolan tersebut bisa makan voer basah sendiri, mulailah untuk menambahkan Ekstra fooding (EF) pada menu pakan hariannya, seperti:
• Jangkrik utuh (ukuran kecil) dipotong kaki belakangnya dengan porsi sekenyangnya.
• Kroto segar 3 hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.

Perawatan mandi dan jemur:

• Untuk mandi, cukup sediakan cepuk khusus mandi didalam kandangnya, biar Cendet/Pentet mandi sendiri sampai Cendet trotolan tersebut berganti bulu dewasa baru dilatih untuk mandi dikeramba.
• Jemur Cendet/Pentet secukupnya saja mulai jam 07.00 pagi.

Melatih Cendet/Pentet trotolan untuk makan voer kering:

Setelah Cendet/Pentet trotolan tersebut sudah terbiasa mengkonsumsi voer basah sebagai pakan hariannya, mulailah untuk mengajarinya makan voer kering agar memudahkan kita dalam perawatan hariannya. Caranya dengan mencampur voer kering dengan kroto, atau ulat hongkong (UH) yang dipotong kecil-kecil.

Settingan Ekstra fooding (EF) untuk Cendet/Pentet muda:

Setelah Cendet/Pentet bisa makan voer kering sepenuhnya, mulailah untuk mengatur menu pakannya.

• Untuk Cendet/Pentet muda, berikan jangkrik sekenyangnya karena masih dalam masa pertumbuhan. Tidak perlu disetting dulu karena Cendet muda membutuhkan asupan protein yang tinggi pada masa ini.

Jangan memberikan jangkrik langsung dari tangan karena akan membuat Cendet/Pentet menjadi manja (miyik). Taruh saja jangkrik hidup dalam cepuk atau dilempar saja langsung kedalam kandangnya agar Cendet menyambarnya, cara itu juga dapat melatih naluri predatornya.

• Berikan kroto segar dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.

• Berikan pakan hidup untuk membangkitkan nalurinya sebagai burung predator, seperti: cicak hidup, kadal hidup, katak hidup, ular kecil atau bahkan burung-burung kecil untuk mengasah naluri pemangsanya.

Memang cara ini termasuk sadis, tapi hasilnya akan membuat mental tarung Cendet/Pentet menjadi lebih tangguh. Seminggu sekali masukkan Cendet/Pentet kedalam kandang umbaran dan masukkan pakan hidup sebagai mangsanya. Barkan Cendet memburu dan memangsanya. Cara ini adalah cara paling ampuh untuk membangkitkan naluri dasar Cendet sebagai burung predator.

Pemasteran:

Pemasteran adalah point yang paling vital dari perawatan Cendet/Pentet trotolan. Karena suara kicauan Cendet adalah mutlak suara isian, jadi pemasteran memang wajib dilakukan sejak dini.

Dengan pemasteran yang tepat akan menentukan kualitas isian Cendet/Pentet trotolan pada saat Cendet tersebut dewasa, karena suara isian yang dimasterkan pada saat Cendet masih trotolan, akan menjadi suara permanen yang akan terus dinyanyikan sampai Cendet ttotolan tersebut dewasa.

Lakukan pemasteran sejak anakan Cendet/Pentet masih diloloh. Tempel trotolan Cendet dengan burung-burung masteran yang kita inginkan setiap hari dengan posisi Cendet dikerodong.

Jarak antara Cendet/Pentet yang dimaster dengan burung-burung masterannya jangan terlalu dekat, cukup agar suara burung-burung masteran masih bisa terdengar dengan intonasi yang jelas oleh Cendet trotolan yang dimaster. Akan lebih efektif jika pemasteran dilakukan didalam ruangan yang tenang.

Suara-suara masteran yang cocok untuk Cendet/Pentet, antara lain: Lovebird, cucak jenggot, gereja tarung, cililin, kenari, jalak suren, dan lainnya.

Melatih mental Cendet/Pentet muda agar lebih fighter:

Setelah Cendet/Pentet berganti bulu dewasa dan sudah rajin bunyi (gacor), mulailah untuk mencari settingan Ekstra fooding (EF) yang tepat untuk Cendet.

Rutin dimandikan dikeramba setiap hari. Durasi penjemuran diperlama mulai dari 1 jam dan terus ditingkatkan sampai Cendet/Pentet kuat dijemur sampai 3 jam setiap harinya.

Latih mentalnya dengan cara ditrek dengan Cendet/Pentet lainnya seminggu sekali, dan terus pantau perkembangan performanya, evaluasi lagi kekurangannya sampai didapatkan settingan yang tepat agar Cendet dapat mencapai performa terbaiknya.

Tapi jangan terburu-buru untuk melombakannya dulu, tunggu minimal sampai 2x mabung agar mentalnya stabil sambil terus dilatih secara konsisten. Latih juga staminanya dengan diumbar 2x dalam seminggu.

Demikian sedikit informasi tentang tips membentuk mental Cendet/Pentet trotolan agar menjadi jawara. Untuk informasi lain seputar Cendet/Pentet, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anakan Cendet/Pentet

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com