Selasa, 31 Januari 2017

Tips menjinakkan dan melatih burung nuri agar bisa bicara

Burung nuri adalah jenis burung paruh bengkok dengan warna bulu indah yang memiliki kecerdasan untuk menirukan suara burung lain dan juga suara-suara lain yang sering didengarnya, bahkan burung nuri juga mampu menirukan suara manusia kalau dilatih dengan telaten. Karena keindahan fisik dan kecerdasannya itulah banyak orang yang tertarik untuk memelihara burung ini.

Kalau kita memiliki burung nuri, tentu kita ingin bisa dekat dengan burung yang kita pelihara dan bisa kita ajak bermain. Dan tentunya akan kurang menyenangkan kalau kita memelihara burung nuri hanya bisa memandanginya saja dari jauh atau dari luar kandang karena burung nuri yang kita pelihara masih liar.

Berikut ini beberapa cara untuk menjinakkan burung nuri:
• Kandang
Burung nuri yang sudah jinak tidak akan takut lagi terhadap manusia, tidak stres atau tertekan dengan suasana disekelilingnya terlebih lagi terhadap keberadaan manusia. Selain itu burung nuri yang jinak juga bisa dipegang, bisa diberi makan langsung dari tangan kita dan bahkan bisa nangkring ditangan dan pundak kita.

Mengurung burung nuri dalam kandang tertutup sebetulnya kurang efektif untuk membuat burung nuri cepat jinak karena burung jadi kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya kita memakai kandang terbuka saja dan menggunakan rantai kaki sebagai pengikat agar burung tidak terbang.

• Penempatan
Kalau burung nuri kita sangat liar, sebaiknya ditempatkan diarea yang ramai dan sering dilalui anggota keluarga agar burung terbiasa dengan keberadaan manusia disekitarnya. Jangan menempatkan burung nuri yang masih liar ditempat sepi karena takut kelabakan. Hal ini justru akan membuat burung sulit jinak dan selalu ketakutan saat ada orang yang mendekatinya.
Kalau burung terlihat takut/kelabakan saat ditaruh ditempat ramai sebaiknya tempatkan kandang/tenggerannya di tempat yang agak tinggi dan setiap minggunya posisi kandang/tenggeran diturunkan sedikit demi sedikit sampai pada posisi normal.

• Mandi
Mandikan burung nuri setiap hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup dan menggigil kedinginan sampai tidak kelabakan lagi. Dalam kondisi kedinginan burung akan menjadi lebih tenang dan akan merasa lapar karena burung banyak membakar kalori untuk menghangatkan tubuhnya.

• Pakan
Pada saat lapar, burung nuri akan semakin tergantung pada kita yang selalu memberinya makan. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan dengan nuri peliharaan kita dengan cara memberikan pakan kesukaannya langsung dari tangan kita. Untuk menghindari agar tidak dipatuk, pertama kita berikan makanan menggunakan lidi/kayu untuk memberikan pakan (pisang kepok/pepaya). Hari berikutnya ukuran lidi/kayu semakin pendek, kalau burung terlihat sudah tidak takut lagi mengambil pakan dari lidi/kayu, cobalah berikan pakan langsung dari tangan kita.

Kalau burung sudah berani mendekat dan memakan pisang/pepaya yang kita sodorkan, itu tandanya burung sudah mulai merasa nyaman dengan kita. Lakukan cara tersebut secara rutin, agar burung nuri kesayangan kita menjadi jinak total dan bisa kita ajak bermain-main.

Kalau cara-cara penjinakan diatas kita lakukan secara konsisten, biasanya dalam waktu 1 bulan burung nuri yang awalnya sangat liar akan menjadi lebih jinak. Setelah burung nuri jinak, mulailah berikan pakan yang lebih bervariasi. Selain buah-buahan, berikan juga sayur-sayuran dan biji-bijian seperti jagung, biji kuaci dan milet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung nuri.

Tahap pemasteran burung nuri:
Setelah burung benar-benar jinak, saatnya kita master dengan suara-suara yang kita inginkan. Cara memaster burung nuri, sama dengan cara memaster burung-burung kicau pada umumnya yaitu dengan menggunakan burung-burung masteran yang kita inginkan atau dengan menggunakan Mp3 player.

Agar burung nuri bisa bicara (menirukan suara manusia) sebaiknya burung ditempatkan ditempat yang sering kita gunakan berkumpul dan ngobrol dengan keluarga atau diruang tamu agar burung sering mendengar suara manusia dan dapat merekamnya. Selain itu berikan pelatihan dengan memperdengarkan satu kalimat yang kita inginkan setiap hari secara berulang-ulang. Setelah nuri bisa menirukan kalimat yang kita ajarkan, baru kita ajarkan dengan kalimat yang lain.

"Perlu untuk diketahui, burung nuri termasuk satwa yang dilindungi oleh undang-undang RI no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan dimasukkannya sebagai daftar lampiran pada Peraturan pemerintah no 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa liar."

Demikian sedikit informasi tentang tips menjinakkan dan melatih burung nuri agar bisa bicara. Untuk informasi lain seputar burung nuri akan dibahas pada artikel berikutnya.

DOWNLOAD audio burung nuri.Mp3


Semoga bermanfaat
Terima kasih

Nuri Bayan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com