Minggu, 19 Februari 2017

Cara mengatasi kenari over birahi (OB)

Over birahi pada burung kicau adalah kondisi dimana tingkat birahi pada burung dalam kondisi yang tidak stabil atau berlebihan yang berakibat pada penurunan performa burung terutama pada burung-burung yang  dilombakan. Over birahi bisa di alami oleh semua jenis burung kicau tarmasuk kenari.

Efek negatif over birahi (OB) pada kenari:
• Pada kenari lomba
Kondisi over birahi (OB) pada kenari lomba memang sangat mengganggu karena burung cenderung akan mengalamai penurunan performa saat dilombakan, suara kicauannya tidak bisa maksimal karena burung menjadi nakal dan agresif, ngeruji dan sering turun kedasar sangkar, bahkan ada yang sampai bertingkah mengejar-ngejar juri sambil mengepak-ngepakkan sayap dengan suara nyricit. Dalam kondisi demikian, tentu tidak akan mendapatkan nilai dari juri.

• Pada kenari rumahan
Kondisi over birahi (OB) pada kenari rumahan juga akan menyebabkan kenari yang tadinya gacor dan rajin bunyi cenderung menjadi malas berkicau dan menjadi galak pada pemiliknya dengan bertingkah sering mengembangkan sayap dengan suara nyricit.

• Pada kenari yang diternakkan
Kondisi over birahi (OB) pada kenari yang ditangkarkan juga akan mengganggu proses perkawinan kedua indukan karena pejantan menjadi sangat agresif dan mengejar-ngejar indukan betina dengan galak (kasar) sehingga perkawinan tidak bisa berlangsung lancar.

Untuk mengatasi kondisi over birahi (OB) pada kenari, bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:
• Kurangi atau stop untuk sementara pemberian ekstra fooding yang berpotensi meningkatkan birahi kenari seperti telur puyuh rebus, egg food, kroto dan apel.

• Hentikan sementara pemberian pakan biji-bijian yang berfungsi menghangatkan tubuh kenari dan meningkatkan birahi seperti bijian niger seed untuk sementara sampai kondisinya normal kembali.

• Berikan sayur-sayuran hijau seperti selada dan sawi.

• Berikan mentimun setiap hari untuk menurunkan birahi kenari sampai kondisi birahinya normal kembali.

• Frekuensi mandi ditambah, misal kebiasaan kenari tiap hari dimandikan 1X ditambah menjadi 2X setiap hari.

• Durasi penjemuran dikurangi, misal biasanya kenari dijemur tiap hari selama 2 jam dikurangi mejadi 1 jam.

• Kawinkan kenari jika kondisi over birahinya sudah terlalu parah, caranya dengan kawin cabut. Masukkan kenari jantan kedalam kandang kenari betina yang sudah siap kawin, pantau sampai kenari jantan mengawini kenari betina beberapa kali. Setelah kenari jantan selesai mengawini kenari betina, segera pisahkan lagi keduanya. Jauhkan keduanya jangan sampai kenari jantan melihat atau mendengar suara kenari betina karena akan memicu birahinya kembali.
Lihat kondisi kenari jantan keesokan harinya, kalau kondisi birahinya masih belum stabil, ulangi lagi proses kawin cabut tersebut sampai kondisi birahi kenari jantan normal kembali.

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi kenari over birahi (OB). Untuk informasi lain seputar kenari akan dibahas pada artikel yang lain.

• Audio kenari juara.Mp3
DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kenari dalam kondisi over birahi (OB)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com