Minggu, 26 Februari 2017

Mengenali karakter Kacer agar tidak salah perawatan

Sejatinya, semua Kacer terlahir sebagai petarung, tapi ada yang berkarakter fighter tinggi dan ada yang fighter rendah. Kita sebagai pemilik harus jeli dan bisa memahami Kacer momongan kita termasuk kategori yang mana? (Fighter tinggi/fighter rendah) agar kita bisa menentukan perawatan yang tepat untuk Kacer kita.

Karena masing-masing individu Kacer memerlukan perawatan yang berbeda sesuai dengan karakternya agar dapat mencapai performa maksimalnya. Karena kalau sampai salah perawatan maka hasilnya tidak bisa seperti yang kita harapkan walaupun sudah kita upayakan dengan perawatan yang maksimal.

Berikut ini adalah tips perawatan untuk Kacer sesuai dengan karakternya:

Kacer tipe fighter tinggi:

Kacer dengan karakter seperti ini cenderung sangat agresif, jika bertemu lawan maka akan langsung menyerang dengan ngotot, tapi kalau sampai salah perawatan biasanya Kacer menjadi nakal dan rawan mbagong.

Perawatan yang tepat untuk Kacer tipe ini adalah perawatan dingin:

• Pengembunan

Embunkan Kacer mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar, cuaca dingin pagi hari juga sangat bagus untuk mendinginkan suhu tubuh Kacer dan menstabilkan emosinya.

• Mandi

Kacer dengan tipe fighter tinggi/emosi tinggi membutuhkan intensitas mandi lebih sering untuk mendinginkan suhu tubuhnya dan meredam emosinya. Mandikan Kacer setiap hari, dan kalau perlu bisa ditambah dengan mandi malam.

• Penjemuran

Kacer tipe fighter tinggi/emosi tinggi tidak memerlukan penjemuran yang lama karena emosinya sudah tinggi. Kacer jenis ini cukup dijemur 30 menit sampai 1 jam setiap hari, atau jika Kacer sudah terlihat mangap dan gelisah segera di angkat dan diteduhkan.

• Ekstra fooding (EF)

Kacer dengan karakter fighter tinggi/emosi tinggi lebih mudah disetting karena sudah memiliki bekal mental yang tangguh. Yang terpenting adalah mengontrol emosinya agar tetap stabil.

Berikan Ekstra fooding (EF) yang bersifat dingin, atau yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh Kacer secara signifikan tapi dapat mendongkrak staminanya dengan cepat seperti jangkrik, kroto, belalang, ulat daun pisang, ulat bumbung (cilung) dan juga bisa diberikan buah pepaya, tapi kalau Kacer tidak mau makan pepaya, alternatifnya dengan memberikan pakan pepaya dan sayuran segar pada jangkrik sebelum diberikan pada Kacer.

• Perawatan harian

Tempatkan Kacer ditempat yang sejuk, dan untuk siang hari tidak perlu dikerodong. Kerodong cukup pada malam hari saja untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin dan mencegah Kacer agar tidak memakan serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

• Umbaran

Umbar Kacer seminggu 2-3 kali untuk melatih stamina dan nafasnya. Pengumbaran juga bermanfaat untuk menurunkan birahi Kacer yang berlebihan. Berikan jangkrik sekenyangnya pada saat di umbar agar staminanya tidak ngedrop.

Kacer tipe fighter rendah:

Kacer dengan tipe fighter rendah/lambat panas cenderung kalem dan tidak terlalu agresif ketika bertemu lawan. Jadi, yang terpenting dari perawatannya adalah mendongkrak emosinya agar lebih agresif dan lebih ngotot ketika bertemu lawan.

Perawatan yang tepat untuk Kacer tipe ini adalah perawatan panas:

• Ekstra fooding (EF)

Berikan jangkrik secukupnya untuk menaikkan birahi dan menambah powernya, berikan juga ulat hongkong (UH) untuk menaikkan suhu tubuh dan tensinya agar emosinya juga naik.

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe ini adalah yang bersifat panas dan dapat menaikkan suhu tubuh Kacer secara signifikan seperti jangkrik alam, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, dan juga kelabang.

• Mandi

Untuk menjaga emosinya agar tetap stabil, Kacer cukup dimandikan 2 atau 3 hari sekali saja jika cuaca cerah (panas), dan jika cuaca dingin/hujan Kacer tidak perlu dimandikan, karena kalau terlalau sering dimandikan justru akan membuat sifat fighternya menurun.

• Jemur

Kacer type fighter rendah memerlukan penjemuran yang kuat untuk mendongkrak emosinya. Jemur 1-2 jam rutin setiap hari dan terus ditingkatkan sampai Kacer kuat dijemur selama 3 jam tanpa mangap dan gelisah.

• Penempatan

Tempatkan Kacer ditempat yang hangat. Full kerodong Kacer setiap hari siang dan malam agar sifat fighternya tetap terjaga.
Umbar Kacer seminggu 2x untuk melatih fisik dan staminanya.

Demikian sedikit informasi tentang mengenali karakter Kacer agar tidak salah perawatan. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com