Senin, 13 Februari 2017

Pakan wajib untuk Murai Batu bahan/bakalan agar cepat bunyi

Murai Batu (MB) masih menjadi primadona dikalangan kicau mania saat ini. Harga mahal dan resiko kematian burungpun tidak menjadi halangan bagi para penggemar Murai Batu (MB) untuk tetap memelihara burung bertype fighter ini. Membeli Murai Batu (MB) bahan/bakalanpun menjadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah dari Murai Batu (MB) yang sudah jadi/gacor.

Murai Batu (MB) bahan/bakalan tentunya masih liar dan belum mau berkicau karena kondisi mentalnya yang belum pulih. Tapi dengan perawatan yang tepat, Murai Batu (MB) bahan/bakalan/muda hutan akan cepat bunyi.

Hal utama dalam perawatan Murai Batu (MB) muda hutan (MH) adalah:
1. Proses adaptasi.
2. Melatih Murai Batu (MB) bakalan untuk makan voor.
3. Perawatan agar Murai Batu (MB) bahan/bakalan rajin bunyi.

Untuk nomor 1 dan 2 bisa dibaca disini:
"Perawatan murai batu muda hutan yang tepat"

Untuk poin 3, bisa kita mulai dengan:
Pengembunan
Pengembunan sangat bermanfaat untuk semua jenis burung kicau termasuk Murai Batu (MB). Embunkan Murai Batu (MB) setiap pagi mulai jam 05.00 untuk menghirup udara segar, gantang burung ditempat yang tenang, berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong (UH) 5 ekor.

Mandi
Jam 07.00 pagi mandikan burung dikeramba, biarkan MB mandi sepuasnya. Bersihkan kandangnya, ganti atau tambahkan voor dan ganti juga air minumnya setiap hari.
Setelah selesai mandi, masukkan kembali kedalam kandang harian lalu angin-anginkan ditempat teduh sampai bulu-bulunya kering. Berikan jangkrik 4 ekor lagi.

Jemur
Setelah bulu-bulunya kering, jemur burung selama 1-2 jam rutin setiap hari.
Setelah selesai dijemur, gantang ditempat yang tenang terlebih dulu agar burung beradaptasi. Biarkan MB ditempat yang tenang dulu sampai MB mulai rajin bunyi baru dipindah ketempat yang ramai agar MB terbiasa dengan keramaian dan mau bunyi dimanapun. Tempel MB dengan burung-burung kecil yang gacor seperti kenari atau lovebird agar Murai Batu (MB) terpancing untuk berkicau.

Ekstra fooding (EF)
Berikan kroto segar setiap hari atau minimal dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk. Kroto adalah ekstra fooding (EF) paling penting dan wajib untuk Murai Batu (MB) agar rajin bunyi, karena Murai Batu (MB) adalah burung yang sangat atraktif dan tidak bisa diam dan tentunya membutuhkan stamina lebih untuk aktifitasnya tersebut.
Dengan pemberian kroto secara rutin, Murai Batu (MB) bahan/muda hutan akan cepat bunyi ngeplong dan akan cepat gacor. Intinya jangan pelit kroto kalau ingin Murai Batu (MB) muda hutan kita cepat bunyi.
Cacing juga bisa diberikan seminggu sekali sebanyak 2 ekor. Berikan juga pakan hidup lain seperti cicak kecil, belalang, larva tawon dan ulat daun pisang sebagai variasi menu pakan agar MB senang dan tercukupi nutrisinya. Berikan pakan-pakan tambahan tersebut cukup seminggu sekali.

Sore hari sekitar jam 04.00 kalau cuaca panas burung bisa dimandikan lagi, bersihkan juga kandangnya agar MB selalu sehat. Berikan jangkrik 7 ekor dan ulat hongkong (UH) 5 ekor, angin-anginkan burung sebentar sampai bulu-bulunya kering lalu kerodong dan masukkan kedalam rumah untuk istirahat sampai pagi hari. Lakukan perawatan yang sama rutin setiap hari agar murai batu (MB) bakalan/muda hutan yang kita rawat rajin bunyi dan gacor.

Demikian sedikit informasi tentang pakan wajib untuk Murai Batu bahan/bakalan agar cepat bunyi. Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB) akan dibahas pada artikel yang lain.

▪Audio Murai Batu alam liar.Mp3
DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com