Minggu, 05 Februari 2017

Perawatan burung kepodang agar cepat gacor

Burung kepodang adalah burung kicau yang cukup populer dikalangan penggemar burung kicau. Warna bulu kepodang didominasi warna kuning keemasan yang indah dengan kombinasi warna hitam dibagian mata dan sayapnya, karena itulah kenapa burung ini dinamakan kepodang emas.

Suara burung ini sangat khas dan merdu walaupun kurang bervariasi atau cenderung monoton. Tapi kalau dipelihara dari anakan, kepodang juga bisa dimaster dengan suara-suara burung lain untuk menambah variasi kicauannya. Suara burung kepodang adalah suara khas hutan yang bisa membawa perasaan kita serasa berada disuasana hutan yang asri.

Kepodang termasuk burung yang mudah dipelihara dan cepat bunyi kalau dirawat dengan benar. Perawatan kepodang tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau lain seperti cucak ijo, cucak jenggot, serta burung-burung pemakan buah dan serangga lainnya.

Perawatan harian untuk burung kepodang:
• Pengembunan
Embunkan kepodang setiap hari mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar. Gantang kepodang ditempat yang tinggi, bisa dipohon atau dikerek seperti perkutut. Karena dialam bebas, saat matahari mulai terbit kepodang akan mencari tempat yang paling tinggi untuk berkicau sehingga suara kicauannya terdengar keseluruh penjuru hutan.
Karena itulah dengan mengembunkan kepodang dan menggantungnya ditempat yang tinggi, akan mengembalikan ingatan kepodang pada suasana hutan tempat asalnya sehingga kepodang akan terpancing untuk berkicau dengan lantang.
• Mandi
Setelah jam 07.00 pagi, mandikan burung kepodang, bisa disemprot dengan menggunakan sprayer atau bisa disediakan cepuk besar untuk mandi. Jangan lupa bersihkan kandangnya serta ganti pakan dan minumnya dengan yang baru.
• Penjemuran
Setelah selesai mandi, angin-anginkan kepodang ditempat yang teduh sambil diberikan ekstra fooding seperti jangkrik, ulat hongkong (UH), dll. Biarkan burung didis sampai bulu-bulunya kering, setelah itu baru dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari.

Pakan dan ekstra fooding (EF) untuk burung kepodang:
• Voor
Sediakan voor setiap hari sebagai pakan utama untuk burung kepodang.
• Buah
Berikan juga buah-buahan segar setiap hari karena pakan utama kepodang dialam bebas adalah buah-buahan seperti:
- Pisang
- Pepaya
- Sawo
- Karsen, dan buah-buahan manis lainnya.
Berikan buah-buahan tersebut secara bergantian agar kepodang tidak bosan.
• Jangkrik
Berikan jangkrik setiap hari dengan porsi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore.
• Ulat hongkong (UH)
Ulat hongkong juga bisa diberikan setiap hari dengan porsi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore.
• Ulat daun pisang
Ulat daun pisang adalah makanan favorit kepodang dihabitatnya. Kalau memungkinkan, berikan ulat daun pisang setiap hari dengan porsi 2 ekor dipagi hari. Kalau tidak memungkinkan bisa diberikan seminggu 2X, karena memang agak susah untuk mendapatkan ulat jenis ini.

Lakukan perawatan diatas secara konsisten agar burung kepodang peliharaan kita menjadi gacor dan rajin bunyi setiap hari.

Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung kepodang agar cepat gacor. Untuk informasi lain seputar burung kepodang akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Suara kepodang emas.Mp3
DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kepodang emas lokal

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com