Jumat, 03 Februari 2017

Perawatan Kolibri Saat Cuaca Ekstrim

Cuaca akhir-akhir ini memang tidak menentu. Suhu yang dingin dan sering hujan. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan konin kita.

Apalagi sekarang juga musim mabung atau ganti bulu. Banyak konin yangbjatuh berguguran akhir-akhir ini. Baik yang rawatan baru mapupun sudah rawatan lama.

Vitamin konin
Vitamin

Kasus seperti ini terjadi pada konin. Saya mencoba survey ke komunitas sogok ontong/sriganti jarang terjadi kematian disaat cuaca seperti ini.

Dari survey diatas kebanyakan dari kita membuat pakan sendiri. Tanpa menambahkan vitamin dan hanya mengandalkan vitamin bawaan yang ada dalam bahan yang kita pakai.

Perlu kita tahu vitamin bisa hilang atau rusak jika kita salah dalam mengolah. Contoh vitamin akan hilang jika di suhu yang panas.

Itulah kenapa sogok ontong kuat meski hanya SKM saja karena dalam SKM sudah mengandung vitamin. Dimana vitaminya terjaga sampai ditangan anda. Dan kebanyakan dari mereka juga menambahkan vitamin tambahan.

Berikan vitamin yang cukup pada konin anda. Setidaknya seminggu 2 kali untuk menjaga vitalitas burung. Agar burung tetap sehat.

Meski pakan komersil yang anda gunakan sudah mengandung vitamin. Tidak ada salahnya kita menambahkan. Karena vitamin mudah rusak jika penangannya salah.

Percayalah, semua yang hidup butuh vitamin termasuk anda. Pakai vitamin burung apa saja dengan merek apapun. Semua sama fungsinya.

Rawatan selama cuaca ekstrim tidak hanya menambahkan vitamin. Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan. Juga aksesoris seperti cepuk, kerodong, maupun pangkringan juga harus rajin dibersihkan.

Selamat pagi sobat Rumah Kolibri semoga kolibri kita semakin sehat. Karena sehat adalah gaya hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com