Selasa, 14 Februari 2017

Tips jitu membuat kacer buka ekor

Ciri khas kacer yang menjadi daya tarik utama burung fighter ini adalah gaya tarungnya yang unik yaitu ngobra buka ekor dan sayap sambil berkicau mengeluarkan suara isiannya.

Kacer tidak buka ekor, terlihat kurang greget walaupun gacor dan bongkar isian. Karena itulah setiap penggemar kacer pasti menginginkan kacer peliharaannya bisa berkicau sambil buka ekor.

Sebetulnya tidak sulit untuk membuat kacer buka ekor, karena itu sudah menjadi karakter dasar dari burung kacer saat bertarung sebagai cara untuk menunjukkan kehebatannya. Kacer yang sudah dewasa dan dalam kondisi fit secara fisik dan mental serta sudah pada tingkat birahi yang stabil pasti akan menunjukkan gaya berkicau sambil buka ekor saat bertarung bahkan pada saat tidak ada lawan sekalipun.

Kalau kacer sudah gacor tapi tidak mau buka ekor, cobalah terapi berikut ini:

Pengembunan
Embunkan kacer setiap hari mulai jam 05.00 pagi, berikan jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong (UH) 3 ekor.

Mandi
Jam 07.00 pagi mandikan kacer dikeramba, bersihkan kandangnya dan ganti atau tambahkan voor serta ganti juga air minumnya.

Jemur
Setelah selesai mandi, masukkan kembali kedalam kandang hariannya lalu berikan lagi jangkrik 3 ekor. Angin-anginkan dulu ditempat teduh sampai bulu-bulunya kering.
Setelah bulu-bulunya kering, jemur kacer selama 2 jam rutin setiap hari, kalau kacer sudah tidak mangap lagi pada saat dijemur selama 2 jam, maka penjemuran bisa ditingkatkan lagi sampai kacer kuat dijemur selama 3 jam agar nafasnya lebih panjang dan staminanya lebih kuat.

Setelah selesai dijemur, angin-anginkan ditempat teduh selama setengah jam untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Berikan kroto satu cepuk lalu dikerodong, bisa ditempel dengan burung-burung masteran untuk menambah variasi lagunya. Sore hari sekitar jam 4 buka kerodong, angin-anginkan atau bisa dijemur lagi lalu berikan jangkrik 5 ekor. Jam 5 sore dikerodong lagi dan biarkan istirahat sampai pagi hari.

Ekstra fooding (EF)
Kacer adalah burung fighter yang butuh stamina prima untuk menunjang karakter fighternya tersebut. Karena itu, kacer membutuhkan pasokan pakan berprotein tinggi untuk mendongkrak staminanya. Pakan-pakan tersebut antara lain:
• Jangkrik
Jangkrik adalah pemasok kebutuhan protein yang utama untuk kacer yang mudah didapatkan dikios-kios pakan burung (usahakan memakai jangkrik alam). Berikan jangkrik rutin setiap hari pada pagi dan sore dengan porsi disesuaikan karakter masing-masing kacer untuk menjaga stamina dan level birahinya.
• Ulat hongkong (UH)
Bisa diberikan pada saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh kacer, bisa juga diberikan pada saat kacer dalam masa mabung untuk mempercepat perontokkan bulu-bulunya, dan bisa juga diberikan pada saat akan dilombakan untuk mendongkrak birahi kacer agar tampil lebih ngotot digantangan. Porsinya disesuaikan dengan karakter masing-masing kacer.
• Kroto
Bisa diberikan 2 atau 3 hari sekali atau pada saat akan dilombakan. Sesuaikan porsinya dengan karakter masing-masing kacer karena tidak semua kacer cocok dengan kroto. Kandungan protein pada kroto yang sangat tinggi justru bisa membuat kacer mbagong karena over birahi (OB) kalau porsinya berlebihan.
• Ulat daun pisang
Bisa diberikan seminggu sekali untuk variasi menu pakannya dengan porsi 2 ekor ukuran besar (bersihkan serbuk putihnya sebelum diberikan pada kacer) Bisa juga diberikan pada saat akan dilombakan untuk mendongkrak birahinya. Kandungan air yang banyak dalam tubuh ulat daun pisang bermanfaat untuk mendinginkan tubuh kacer serta kandungan proteinnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina dan birahi kacer.
• Larva tawon
Bisa diberikan pada saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh kacer dan menjaga kondisi kacer agar tetap fit pada saat cuaca tidak bersahabat. Bisa juga diberikan pada saat kacer dalam masa mabung, karena sifatnya panas dapat membantu mempercepat perontokan bulu-bulu kacer. Jangan memberikan larva tawon secara berlebihan pada saat kacer dalam kondisi normal (tidak dalam masa mabung), karena dapat menyebabkan kacer over birahi (OB) bahkan bisa menyebabkan bulu-bulunya rontok karena sifatnya terlalu panas.
• Belalang
Sebetulnya belalang adalah ekstra fooding (EF) yang paling bagus untuk kacer dan bisa diberikan setiap hari sebagai pengganti jangkrik, tapi untuk mendapatkannya memang agak susah.
• Cacing
Berikan cacing seminggu sekali dengan porsi 2 ekor untuk meredam birahi kacer.
• Kuning telur
Kuning telur mengandung protein yang tinggi dan bisa diberikan sebagai ekstra fooding (EF) alternatif pengganti kroto, gunakan kuning telur puyuh/ayam kampung/bebek cukup diberikan seminggu sekali.
• Buah
Kacer adalah burung pemakan serangga dan jarang sekali ada kacer yang mau mengkonsumsi buah, tapi kalau kacer kita ternyata doyan buah, bisa kita berikan buah seperti pisang, pepaya atau apel seminggu 2x untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Kalau kacer tidak doyan buah, bisa kita akali dengan memberikan pakan buah dan sayuran pada jangkrik terlebih dulu sebelum jangkrik tersebut diberikan pada kacer.

Lakukan perawatan diatas secara rutin dengan menyesuaikan karakter kacer masing-masing. Dengan kondisi mental dan fisik yang prima, pasti kacer akan berkicau sambil buka ekor.

Demikian sedikit informasi tentang tips jitu membuat kacer buka ekor. Untuk informasi lain seputar burung kacer akan dibahas pada artikel yang lain.

• Kumpulan audio kacer dalam format Mp3
DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer buka ekor

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com