Sabtu, 11 Maret 2017

Manfaat terapi sauna untuk kacer

Bagi para kacer mania, memelihara kacer sampai bisa moncer adalah suatu kebanggaan. Banyak cara yang dilakukan agar gacoannya bisa tampil maksimal, dari otak-atik settingan ekstra fooding, mandi, jemur, umbar dan bahkan sampai melakukan terapi-terapi khusus yang tergolong ekstrim. Salah satunya adalah terapi sauna, yaitu menjemur burung dalam kondisi sangkar dikerodong.

Sebetulnya terapi sauna biasanya dilakukan hanya pada situasi tertentu saja, misalnya saat burung mengalami susah mabung atau macet mabung. Dengan terapi burung dijemur sambil dikerodong basah, maka tingkat kelembaban yang tinggi dengan suhu yang meningkat didalam sangkar akan memicu rontoknya bulu-bulu burung yang susah mabung tersebut.

Tetapi belakangan ini banyak kacer mania yang melakukan terapi sauna untuk tujuan agar kacer menjadi lebih bringas dan lebih fighter. Hal tersebut tidak salah, karena suhu panas didalam sangkar yang meningkat drastis tentunya akan membuat emosi kacer menjadi tinggi, dan hasilnya kacer memang akan menjadi bringas.

Akan tetapi keberhasilan dari terapi ini tidak bisa sepenuhnya dipertanggung jawabkan, karena ada yang memang sukses dengan menerapkan terapi tersebut dan tidak sedikit pula yang mengeluh kalau kacernya tidak ada perubahan apapun setelah diterapi sauna bahkan ada juga yang justru berakibat fatal pada momongannya. Banyak yang kacernya malah menjadi ngedrop bahkan ada yang sampai berujung kematian.

Untuk melakukan terapi ini, perlu pemahaman dari para kacer mania mengenai dampak positif dan negatif dari terapi ini untuk kacer. Terapi sauna termasuk terapi yang ekstrim, karena menjemur burung dibawah terik matahari dalam kondisi sangkar dikerodong sangat berisiko bagi kacer. Suhu panas didalam sangkar yang dikerodong itu lebih tinggi dari penjemuran biasa tanpa kerodong. Hal itu akan membuat kacer rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, sebelum melakukan terapi sauna ini, perlu diperhatikan kondisi dan karakter kacer terlebih dulu.

Mengenali karakter kacer yang akan diterapi sauna:

• Kacer dengan karakter fighter rendah, mungkin cocok diterapi sauna karena bisa mendongkrak  emosinya secara signifikan, kacer dengan type ini memang membutuhkan panas yang lebih untuk mendongkrak jiwa tempurnya agar cepat on.

• Kacer dengan karakter fighter tinggi tentunya tidak cocok diterapi sauna karena kacer type ini tingkat emosinya sudah tinggi dan justru harus diredam dengan banyak mandi dan minim jemur. Jika dipaksakan untuk diterapi sauna bisa-bisa malah stres dan ngedrop karena kepanasan.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan terapi sauna:

• Kacer yang akan diterapi harus benar-benar dalam kondisi fit.
• Jangan melakukan terapi sauna pada siang hari dimana matahari sedang terik-teriknya.
• Tetap memberikan air minum yang bersih di dalam sangkarnya agar kacer tidak dehidrasi.

Cara melakukan terapi mandi sauna yang benar:

Harus diperhatikan pula cara melakukan terapi sauna yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, karena tidak jarang kacer yang diberikan terapi ini justru berakhir dengan kematian.

Terapi sauna adalah salah satu cara untuk mengondisikan ruangan yang hangat tapi lembab, karena itulah cara kerja terapi sauna yang efektif adalah tidak sekedar dijemur sambil dikerodong saja.

Berikut ini adalah cara terapi sauna yang dianjurkan:

• Sebelum melakukan terapi sauna, harus diperhatikan beberapa kondisi seperti disebutkan  di atas tadi.

• Sediakan air minum bersih yang cukup, kalau perlu sediakan juga buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya.

• Penjemuran sebaiknya dilakukan sebelum jam 11.00 siang, karena kalau melebihi dari jam 11.00 siang, matahari sudah bersinar cukup terik dan bisa menyebabkan kacer dehidrasi.

• Untuk tahap awal, kerodong sangkar dengan posisi resleting kerodong dibiarkan terbuka atau kerodong tidak tertutup sepenuhnya. Setelah kacer diterapi benerapa kali dan kacer sudah mulai terbiasa, bisa dilakukan terapi dengan kerodong tertutup penuh.

• Setiap beberapa menit sekali, kerodong yang menutupi sangkarnya disemprot dengan menggunakan sprayer sampai basah. Hal ini dilakukan untuk memberikan kelembaban sekaligus menghindari burung dari ancaman heat stress atau dehidrasi.

• Terapi ini sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, misalnya cukup 30 menit sampai 1 jam saja, hal tersebut untuk mencegah kacer mengalami mabung lebih awal.

Demikian sedikit informasi tentang manfaat terapi sauna untuk kacer. Untuk informasi lain seputar kacer akan dibahas pada artikel yang lain.

Audio kacer bongkar isian.Mp3
DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Terapi Sauna

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com