Rabu, 19 April 2017

Kacer poci (dada putih) vs Kacer wulung (dada hitam)

Kacer poci (dada putih) dan Kacer wulung (dada hitam) adalah dua burung sejenis. Yang membedakan dari keduanya adalah warna putih dibagian dada pada Kacer poci sedangkan pada Kacer wulung warnanya hitam polos sampai pada bagian anusnya.

Kedua jenis Kacer ini sama-sama memiliki mental fighter yang bagus dan juga memiliki gaya tarung (ngobra) yang sama. Jika dilihat sekilas memang tidak ada yang berbeda dari kedua jenis Kacer tersebut kecuali warna bulu bagian dadanya.

Namun jika kita cermati lebih dalam, sebetulnya ada beberapa perbedaan dari kedua jenis Kacer tersebut selain dari warna bulu dadanya. Perbedaan tersebut di antaranya adalah dari segi suara dan mentalnya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kacer poci (dada putih)
Jenis Kacer inilah yang saat ini sedang digemari oleh para kicau mania, baik yang hanya memeliharanya untuk klangenan dirumah saja atau yang memelihara Kacer untuk tujuan lomba.

Baca juga:
Pemasteran Kacer lomba dan Kacer rumahan

Kumpulan suara masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Di arena lomba burung saat ini memang Kacer poci lebih mendominasi hampir di semua wilayah, dari mulai latber dikampung-kampung sampai peda event-event besar setingkat nasional, Kacer pocilah yang mendominasi. Maka tidak heran jika dipasaran Kacer pocilah yang banyak diminati oleh para Kacer mania.

Kacer poci memang memiliki keunggulan pada suaranya yang kristal melengking dengan banyak variasi lagu. Gaya tarungnya juga sangat eksotis membuka sayap dan ekor dengan leher yang meliuk-liuk atau biasa disebut ngobra.
Kelebihan lain dari Kacer poci adalah pada saat tarung lebih ngotot, total dan penuh power.

Kacer wulung (dada hitam)
Kacer wulung saat ini memang kurang diminati, popularitasnya kalah jauh dengan Kacer poci. Di arena lomba burungpun Kacer wulung jarang terlihat, karena jarang sekali ada EO yang membuka kelas khusus untuk Kacer wulung (dada hitam). Maka tidak heran jika dipasaran Kacer wulung sepi peminat saat ini.

Harga Kacer wulung saat ini juga mulai turun, berbeda dengan jaman dulu, memiliki Kacer wulung terkesan lebih exclusif dan harganyapun jauh lebih mahal dari Kacer poci.

Sebetulnya secara kualitas Kacer wulung tidak kalah dengan Kacer poci, penampilan fisiknyapun lebih gagah dan terkesan garang dengan warna hitam full dibagian dadanya. Bahkan untuk masalah mental dan stamina, rata-rata Kacer wulung lebih tangguh dibandingkan kebanyakan Kacer poci.

Kacer wulung (dada hitam) mampu bertarung berjam-jam tanpa mbagong. Kalau kedua jenis Kacer ini ditrek, kebanyakan Kacer wulunglah yang lebih unggul dan kebanyakan Kacer poci akan mbagong kalau ditrek dengan Kacer wulung.

Kelemahan dari Kacer wulung (dada hitam) adalah pada type suaranya yang cenderung ngebass, kurang kristal dan terkesan tidak plong atau kurang melengking. Pada saat tarung, Kacer wulung juga memiliki gaya ngobra seperti halnya Kacer poci, namun terkesan kurang ngotot.

Baca juga:
Perawatan khusus untuk Kacer wulung (dada hitam)

Jadi, kalau kedua jenis Kacer ini dibandingkan maka kelebihan untuk Kacer poci (dada putih) adalah pada type suaranya yang kristal dengan banyak variasi lagu, sedangkan Kacer wulung (dada hitam) memiliki kelebihan pada mentalnya yang lebih tangguh.

Demikian sedikit informasi tentang Kacer poci (dada putih) vs Kacer wulung (dada hitam). Untuk informasi lain seputar burung Kacer bisa dibaca pada artikel On kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer wulung vs Kacer poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com