Minggu, 16 April 2017

Membentuk mental fighter Cucak ijo (CI) agar siap lomba

Cucak ijo (CI) adalah burung dengan karakter semi fighter, jadi tidak semua Cucak ijo (CI) memiliki mental fighter yang bagus. Karena itu, untuk membuat Cucak ijo agar memiliki mental fighter yang tinggi harus dilatih sejak awal atau dimaksimalkan dengan perawatan dan terapi tertentu.

Perawatannya sendiri tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena Cucak ijo dikenal sebagai burung yang tidak stabil. Mental tempur Cucak ijo akan muncul pada kondisi dimana tingkat birahi dan emosinya berada pada tingkat yang maksimal, dan tentunya untuk mendapatkan tingkat birahi dan emosi yang maksimal tersebut tidaklah mudah karena memerlukan kejelian dari pemilik/perawat dalam memahami karakter dari Cucak ijo tersebut.

Tiga poin penting untuk mengondisikan Cucak ijo agar memiliki mental tempur yang kuat adalah birahi, emosi dan stamina.

Sebetulnya untuk semua jenis burung kicau yang dilombakan, tiga poin tersebut adalah kunci agar burung bisa tampil maksimal dalam lomba.

Tiga poin penting tersebut bisa diperoleh dengan pengaturan pakan, penjemuran, mandi, umbaran, pengerodongan dan penempatan yang tepat.

Birahi
Untuk mendapatkan tingkat birahi yang maksimal, Cucak ijo (CI) harus mendapatkan asupan pakan berprotein tinggi seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang dan lainnya.

Berikan Cucak ijo jangkrik sekenyangnya sebagai ekstra fooding (EF) harian selain pisang sebagai pakan utamanya. Dan pada saat mau dilombakan tetap berikan jangkrik sekenyangnya selain buah-buahan seperti apel merah atau sawo sebagai pakan utamanya.

Emosi
Emosi sangat berpengaruh pada mental tempur Cucak ijo agar tampil ngotot dan bringas. Untuk memaksimalkan emosi Cucak ijo, bisa dengan cara penjemuran yang maksimal. Karena jika suhu tubuhnya meningkat maka emosinya juga akan tinggi.

Jemur Cucak ijo sampai benar-benar gelisah, cabut pakan dan minumnya cukup berikan jangkrik saja dalam cepuk agar burung lebih bandel, tapi harus diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan (kalau tidak ada waktu untuk mengawasi, sebaiknya pakan dan minum tetap disediakan didalam kandangnya selama penjemuran).

Setelah selesai, anginkan dulu ditempat yang sejuk beberapa saat agar suhu tubuhnya stabil, baru berikan minum, buah dan jangkrik sekenyangnya kemudian kerodong dan biarkan istirahat sampai esok paginya.

Agar performanya lebih maksimal tambahkan ulat hongkong (UH) atau kroto pada saat mau dilombakan, tergantung dari cuaca pada saat lomba berlangsung. Kalau cuaca sangat panas berikan kroto, kalau cuaca mendung atau hujan berikan ulat hongkong (UH).

Stamina
Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah stamina, karena burung lomba mutlak harus memiliki stamina yang prima agar bisa tampil maksimal saat dilombakan.

Stamina yang prima bisa diperoleh dari pengumbaran yang teratur. Pada saat diumbar sediakan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti pepaya atau sawo. Sediakan juga jangkrik yang cukup agar burung bisa makan sesukanya untuk menggantikan energi yang dipakai untuk aktifitas terbang bolak-balik didalam kandang umbaran.

Tempatkan cucak ijo ditempat yang tenang dan hangat untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil dan bisa beristirahat dengan tenang untuk mengumpulkan tenaga sebelum perlombaan.

Agar stamina burung prima pada saat dilombakan, mulai H-3 menjelang lomba burung diistirahatkan total tanpa aktifitas apapun seperti mandi, jemur ataupun umbar, cukup full kerodong sampai hari H lomba untuk menyimpan tenaga.

Untuk melatih mentalnya, seminggu sekali bisa ditrek dengan Cucak ijo lain yang usianya lebih muda, atau dibawa ke arena latber untuk membiasakan burung dengan suasana lomba walaupun tidak ikut digantangkan. Kalau dirasa mental dan performanya sudah bagus, bisa mulai dicoba di ikutkan latber (latihan bersama) terlebih dulu sebelum mengikuti event yang lebih besar.

Baca juga:
Manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit informasi tentang cara membentuk mental fighter Cucak ijo (CI) agar siap lomba. Untuk informasi lain seputar Cucak ijo (CI) bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak ijo (CI) fighter

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com