Rabu, 26 April 2017

Perlunya pemasteran untuk burung lomba

Pemasteran adalah suatu cara untuk mengajarkan burung agar bisa menirukan suara burung lain atau suara-suara lainnya yang dimasterkan.

Tujuan dari pemasteran adalah agar burung yang dimaster tersebut memiliki banyak variasai isian yang akan menjadikan kicauannya tidak monoton.

Pemasteran memang tidak wajib dilakukan, apalagi untuk burung-burung yang hanya dipelihara untuk rumahan saja. Tetapi untuk burung-burung yang dipelihara untuk tujuan lomba, pemasteran menjadi poin yang cukup penting untuk dilakukan.

Kalau materi lagunya lebih variatif tentu akan menjadikan nilai tambah bagi burung tersebut, karena materi lagu juga termasuk dalam salah satu kriteria penilaian dalam lomba burung kicau.

Burung lomba yang memiliki materi lagu variatif dengan suara-suara tonjolan yang mewah serta dibawakan dengan irama lagu yang harmonis tentunya akan terlihat lebih istimewa dan lebih menonjol dari burung lainnya. Maka kemungkinan burung untuk menjadi juara juga menjadi lebih besar.

Pemasteran untuk burung kicau dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Menggunakan burung asli

Cara ini sangat efektif karena suara yang ditangkap oleh burung yang dimaster adalah suara asli dengan intonasi yang jelas. Suaranya juga bisa didengar sepanjang hari secara alami dan tentunya akan lebih mudah dihafal oleh burung yang dimaster.

Kelemahan dari cara ini adalah membutuhkan biaya lebih mahal karena harus membeli burung-burung masteran yang sudah gacor yang tentu harganya cukup mahal.

Disamping itu, kita juga harus meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat burung-burung masteran tersebut. Selain itu, perawatan sehari-harinyapun tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit kalau kita memelihara beberapa burung masteran sekaligus.

2. Menggunakan Mp3 player

Cara ini sebetulnya kurang efektif karena berpotensi membuat burung yang dimaster menjadi stres dan jenuh karena suara Mp3 player yang terus berulang-ulang tanpa jeda yang alami.

Kualitas suara yang dihasilkan juga belum tentu bagus, intonasi serta frekuensinya juga tidak akan sebagus suara burung asli.

Kelebihan dari pemasteran menggunakan Mp3 player adalah biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan burung asli.

Jenis suara dari Mp3 player juga bisa lebih banyak dan lebih bervariasi terserah keinginan kita tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Selain itu, kita juga tidak perlu repot memikirkan perawatan sehari-harinya.

Baca juga:
Kumpulan suara masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Demikian sedikit informasi tentang perlunya pemasteran untuk burung lomba. Untuk informasi lain seputar burung kicau bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pemasteran burung secara alami

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com