Kamis, 20 April 2017

Tips perawatan Kacer trotolan agar memiliki mental fighter yang tangguh

Memiliki Kacer yang bisa berprestasi tentunya menjadi impian semua Kacer mania. Tapi tentunya tidak semudah yang dibayangkan, karena memelihara Kacer memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dengan segala permasalahannya seperti mbagong, hilang fighter, kanibal dan lainnya yang membuat banyak Kacer mania kemudian menyerah dan memilih beralih haluan bermain burung jenis lain.

Untuk Kacer mania yang berkantong tebal tentunya tidak ada masalah, tinggal beli Kacer yang sudah berprestasi dan tinggal meneruskannya saja dengan perawatan dan settingan dari pemilik sebelumnya.

Tapi lain cerita untuk para Kacer mania yang berkantong tipis, tentunya hanya mampu membeli kacer bahan atau kacer rumahan yang harganya masih terjangkau dan berharap bisa mengorbitkan Kacernya agar bisa berprestasi.

Namun pada kenyataannya sebagian besar hasilnya zonk, karena Kacer-kacer yang ada dipasaran tersebut rata-rata adalah Kacer buangan atau Kacer yang sudah rusak dan sulit untuk diperbaiki, dan akhirnya nasibnya terdampar dipasar burung.

Tapi bukan tidak mungkin impian untuk memiliki Kacer yang bagus dan bisa berprestasi itu bisa diwujudkan dengan modal yang minim, salah satu caranya adalah dengan memelihara Kacer dari trotolan agar bisa dibentuk mental dan karakternya sejak dini.

Untuk memilih trotolan Kacer juga harus diperhatikan beberapa hal berikut ini agar nantinya hasilnya tidak mengecewakan, antara lain:

Jenis kelamin
Pilihlah yang berjenis kelamin jantan, mintalah jaminan jika kita membeli trotolan Kacer dari penangkaran agar kalau ternyata trotolan Kacer yang kita beli tersebut ternyata berjenis kelamin betina bisa ditukarkan.

Demikian juga kalau kita membeli trotolan hutan, usahakan membeli pada pedagang yang sudah kita kenal baik agar ada jaminan kalau ternyata trotolan yang kita beli tersebut berjenis kelamin betina bisa dikembalikan.

Sedangkan untuk ciri-ciri umum untuk trotolan Kacer jantan adalah sebagai berikut:
- Bulu hitam pada anakan/trotolan Kacer jantan warnanya lebih pekat.
- Warna trotolnya terlihat lebih coklat
- Bentuk kepalanya terlihat papak
- Posturnya lebih tegak saat berdiri
- Tingkah lakunya lebih agresif
- Ujung lidah pada bagian dalam yang berbentuk huruf V tedapat spot berwarna hitam

Katuranggan
Dikalangan kicau mania dikenal istilah katuranggan, yaitu cara untuk melihat potensi seekor burung dari bentuk tubuh atau ciri fisiknya. Maka untuk memilih anakan/trotolan Kacer juga perlu diperhatikan ciri-ciri berikut ini untuk meramal potensinya dimasa depan:
- Bentuk tubuh ramping memanjang
- Kedua sayap mengapit rapat dikedua sisi badannya.
- Kepala papak
- Paruh tebal dan panjang
- Mata melotot dengan sorot mata yang tajam
- Kaki besar dengan cengkeraman yang kuat

Perilaku
- Pilihlah trotolan yang tingkah lakunya paling agresif dari yang lain
- Pilih yang nafsu makannya paling rakus
- Pilih yang berdirinya tegak membusungkan dada terkesan seperti menantang.

Perawatan harian untuk Kacer trotolan:

Lingkungan
Setelah mendapatkan trotolan Kacer, saatnya untuk merawatnya dengan perawatan yang baik dan tepat. Usahakan memelihara satu Kacer saja, jangan ada Kacer lain dirumah apalagi yang sudah dewasa dan gacor, karena hal ini akan membuat trotolan Kacer yang kita pelihara akan merasa selalu terintimidasi dan berakibat pada rusaknya mental Kacer trotolan tersebut.

Dalam memelihara Kacer trotolan sebaiknya hanya ditemani burung-burung kecil saja seperti pleci, kolibri dan kenari sebagai masteran untuk menambah variasi isiannya sekaligus untuk menguatkan mental Kacer trotolan tersebut karena dia akan merasa paling dominan dan paling berkuasa di lingkungannya.

Hal ini akan akan berdampak positif nantinya, karena Kacer trotolan tersebut setelah dewasa akan memiliki mental sebagai penguasa wilayah (teritorial), hal ini dikarenakan setiap hari dia merasa menjadi yang paling dominan diantara burung-burung lainnya.

Pakan
Berikan pakan bergizi berupa voor berprotein tinggi dan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, belalang, kroto, dll.
Gelontor pemberian ekstra fooding (EF) sekenyangnya agar pertumbuhan Kacer trotolan tersebut lebih cepat dan sempurna.

Mandi dan jemur
Mandikan dan jemur burung secara teratur, sesuaikan dengan karakternya agar burung selalu sehat.
Bersihkan kandangnya setiap hari agar terhindar dari penyakit.

Penempatan
Pindah-pindah tempat gantungannya agar Kacer terbiasa berkicau ditempat berbeda dan nantinya setelah dewasa tidak menjadi jago kandang yang hanya berani berkicau disatu tempat saja.

Umbaran
Biasakanlah untuk diumbar dari kecil agar staminanya terbentuk sejak dini. Dengan sering menggunakan sayapnya untuk terbang dikandang umbaran maka fisiknya akan semakin fit, staminanya akan semakin prima dan nafasnya akan menjadi lebih panjang.

Baca juga:
Manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan Kacer trotolan agar memiliki mental fighter yang tangguh. Untuk informasi lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel On kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer trotolan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com