Minggu, 28 Mei 2017

Perawatan Kacer dimusim hujan

Semua jenis burung termasuk Kacer memang memerlukan panas matahari untuk membantu metabolisme tubuhnya. Agar tetap fit, Kacer harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar suhu tubuhnya tetap ideal.

Tapi tentu dinegara kita yang memiliki dua iklim, panas matahari tidak bisa didapatkan sepanjang tahun, apalagi untuk sekarang ini dengan cuaca yang tidak menentu sebentar hujan sebentar panas tentunya perawatan Kacer menjadi tidak maksimal terutama dalam hal penjemuran.

Padahal, agar Kacer memiliki performa yang maksimal suhu tubuhnya harus berada pada tingkat yang ideal karena itu adalah kunci utama bermain Kacer, yaitu mengontrol suhu tubuhnya agar tetap pada tingkat ideal, dan tentu saja semua itu hanya bisa didapatkan dari penjemuran yang cukup.

Pada saat musim pancaroba tentu hal itu sulit dilakukan karena tidak setiap hari matahari bersinar, apalagi untuk kita yang memiliki aktifitas diluar rumah tentu lebih sulit lagi karena pada saat matahari bersinar kita belum tentu ada dirumah.

Untuk menyiasati agar Kacer kesayangan kita tetap fit dimusim hujan, ada beberapa tips perawatan yang bisa kita terapkan selama musim hujan, diantaranya:

Pakan
• Gunakan voer yang terdapat campuran madu dan telur untuk membantu menghangatkan tubuh Kacer. Ganti voer dua hari sekali agar tidak berjamur, karena udara yang lembab mempercepat tumbuhnya jamur pada voer.

Air minum juga diganti setiap hari, untuk sore hari berikan seduhan air jahe yang dicampur madu untuk menghangatkan tubuh Kacer.

• Berikan ekstra fooding (EF) jangkrik cukup 5/5 pagi/sore. Berikan jahe pada jangkrik sebelum dikonsumsi Kacer untuk menghangatkan tubuhnya.

Tambahkan ulat hongkong (UH) 5-10 ekor pagi/sore. Berikan voer ayam atau voer babi sebagai makanan ulat hongkong (UH). Agar lebih hangat dan berprotein kalau dikonsumsi Kacer.

Mandi
Kalau intensitas hujannya sering, Kacer tidak perlu dimandikan karena suhu tubuhnya akan semakin ngedrop karena tidak ada panas.

Kerodong
Pada saat musim hujan, sebaiknya full kerodong saja untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin. Buka kerodong hanya pada pagi dan sore hari untuk memberikan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya. Cuci kerodong seminggu sekali agar steril, karena udara yang lembab dimusim hujan akan mempercepat tumbuhnya jamur dan parasit pada kerodong.

Kebersihan
Kandang harus selalu dibersihkan setiap hari agar Kacer terhindar dari serangan virus dan penyakit, karena virus dan penyakit lebih cepat berkembang dimusim pancaroba.

Jemur
Usahakan sebisa mungkin untuk menjemur Kacer kalau ada matahari walaupun sebentar agar suhu tubuhnya tidak terlalu ngedrop.
Taruh dibawah atap asbes/seng/kanopi agar kalau matahari muncul, Kacer tetap mendapatkan panas.

Umbar
Umbar Kacer seminggu sekali kalau cuaca cerah agar fisiknya tetap fit, dengan diumbar burung jadi lebih banyak bergerak untuk membakar kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak pada tubuh Kacer yang disebabkan karena Kacer kurangnya aktifitas dan lebih banyak diam dan istirahat.

Baca juga:
Manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit informasi tentang perawatan Kacer dimusim hujan. Untuk informasi lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com