Senin, 24 Juli 2017

Fenomena Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin

Belakangan ini, dimedia sosial khususnya di group-group komunitas Kacer sedang ramai membahas topik tentang Kacer tipe panas dan tipe dingin, bahkan banyak juga yang googling dengan kata kunci tersebut. Banyak juga pertanyaan yang masuk dikolom komentar On Kicau dari para Kacer mania tentang Kacer tipe panas dan tipe dingin ini.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan berusaha menjelaskan apa sebetulnya yang dimaksud Kacer tipe panas dan tipe dingin tersebut, sekaligus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung On Kicau yang belum sempat saya jawab.

Menurut pengamatan saya, yang dimaksud Kacer tipe panas adalah Kacer dengan karakter emosional yang mudah naik darah dan biasa disebut tipe fighter tinggi. Kacer tipe ini yang banyak dicari para pemain lapangan karena settingnya lebih gampang dibanding Kacer yang bertipe fighter rendah (tipe dingin).

Karakternya yang sangat agresif terhadap keberadaan Kacer lain disekitarnya membuat Kacer tipe ini gampang nampil dilapangan karena sifat tempurnya memang luar biasa, tapi jika kita tidak bisa mengatur emosinya yang meluap-luap, maka yang terjadi justru burung menjadi nakal dan rawan mbagong.

Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) walaupun dirawat seadanya juga tetap bisa nampil walaupun tidak maksimal. Perawatannya cukup dengan rutin di embunkan, mandi tiap pagi, jemur secukupnya, kasih ekstra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh yang terlalu drastis. Berikan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto dan ulat daun pisang, umbar seminggu 2-3 kali dan kerodong cukup pada malam hari saja.

Sedangkan yang dimaksud Kacer tipe dingin adalah Kacer yang lambat panas, kurang emosi atau biasa disebut dengan tipe fighter rendah. Kacer tipe fighter rendah tersebut memerlukan threatment lebih rumit dibanding tipe fighter tinggi.

Agar bisa tampil ngotot dan agresif ketika ketemu lawan, Kacer tipe ini harus didongkrak emosinya terlebih dulu, yaitu dengan perawatan harian yang cukup rumit seperti dengan penjemuran yang maksimal dan pengaturan jadwal mandi yang tidak boleh terlalu sering serta pemilihan jenis ekstra fooding (EF) yang yang dapat meningkatkan suhu tubuh Kacer seperti ulat hongkong (UH) yang bertujuan meningkatkan tensi Kacer tersebut sehingga emosinya bisa terdongkrak. Pengumbaran serta perawatan full kerodong untuk hariannya juga diperlukan untuk melatih fisiknya dan untuk menjaga tingkat emosi Kacer tersebut.

Sebetulnya keduanya sama saja, tidak ada perbedaan jenis dari kedua tipe Kacer tersebut. Seperti halnya manusia, ada yang emosional, ada yang sabar, ada yang pemberani dan ada yang penakut. Kedua tipe Kacer tersebut juga bisa berprestasi asal mendapatkan perawatan dan pelatihan yang tepat.

Soal tipe panas atau dingin, tipe fighter tinggi atau fighter rendah, tipe emosional atau kurang emosi, itu hanya beda penyebutan saja. Yang terpenting dari bermain Kacer adalah pemilihan bahan yang bagus dan perawatan harian serta settingan lomba yang tepat yang harus disesuaikan dengan karakter Kacer kita, itu adalah kunci keberhasilan dalam bermain Kacer.

Intinya, sabar dan telaten dalam merawat Kacer sampai kita tau Karakternya dan apa kemauan Kacer kita agar bisa tampil maksimal dilapangan.

Baca juga:

Mengenal jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya

Beda perilaku antara Kacer bermental juara dan Kacer bermental pecundang

Kunci sukses bermain Kacer

Beda perawatan antara Kacer lomba dan Kacer rumahan

Cara lain mengatasi Kacer mbagong

Demikian sedikit informasi tentang fenomena Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin. Untuk informasi lain seputar burung Kacer bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com