Sabtu, 08 Juli 2017

Kunci sukses bermain Kacer

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kacer lomba yang tentu saja memerlukan perlakuan khusus dari mulai pemilihan bahan sampai pada pengondisian Kacer dilapangan.

Memelihara Kacer untuk lomba, tentu jauh berbeda perlakuannya dengan memelihara Kacer untuk rumahan saja, karena bukan perkara yang mudah untuk bisa menampilkan seekor Kacer dilapangan apalagi untuk meraih predikat juara.

Untuk bisa sukses dalam bermain Kacer, kita harus punya insting dan pemahaman yang mendalam terhadap gacoan kita. Dimulai dari pemilihan bahan, perawatan harian, sampai pada settingan dan pengondisian Kacer pada saat menjelang lomba.

Pemilihan bahan
Kacer memang jenis burung fighter, tapi tidak semua Kacer memiliki mental fighter yang tangguh. Ketika kita memelihara Kacer dengan tujuan untuk dilombakan, maka dalam pemilihan bahan mutlak harus melalui seleksi yang ketat agar kita bisa mendapatkan bahan yang benar-benar prospek lapangan agar tidak mengecewakan nantinya.

Jika kita memilih Kacer dari penangkaran, maka kita harus melihat terlebih dulu rekam jejak dari indukannya, dan jika kita memilih Kacer muda hutan, kita harus lebih jeli melihat karakternya. Karena Kacer yang dihabitat asalnya adalah sebagai penguasa wilayah maka akan lebih berpotensi untuk bisa moncer digantangan karena sudah pasti memiliki mental yang tangguh, sedangkan Kacer yang dihabitat asalnya merupakan pecundang maka akan sangat sulit dibentuk untuk menjadi jawara walaupun sudah dirawat maksimal, karena mentalnya memang lemah.

Jadi kesimpulannya, kunci kesuksesan dalam bermain Kacer adalah pada pemilihan bahan, sedangkan perawatan harian hanyalah penunjang saja untuk memaksimalkan perforna Kacer tersebut. Karena Kacer yang dasarnya bagus, mau dirawat seperti apapun akan tetap bagus karena mental adalah modal utama nagi seekor Kacer untuk menjadi jawara.

Jadi jangan sampai salah dalam pemilihan bahan karena jika kita salah dalam pemilihan bahan, kita hanya akan buang waktu dan tenaga saja dengan gonta-ganti settingan dan perawatan yang sudah maksimal tapi hasilnya tetap nihil.

Ciri-ciri bahan Kacer yang bagus dan prospek:
Mata
Mata adalah jendela hati, kita bisa membaca karakter seekor kacer dari matanya. Pilihlah kacer dengan mata yang melotot seperti mau keluar, sorot matanya tajam seolah mengintimidasi. Ada kesan merinding saat kita menatap mata kacer tersebut, sorot matanya seperti saat kita melihat mata seseorang yang sedang marah besar. Bayangkan saja, kalau kita saja merasa merinding menatap matanya, bagaimana dengan lawan-lawannya sesama Kacer..???

Jangan memilih kacer yang matanya terlihat redup dan sayu, karena mentalnya kurang kuat. Kacer seperti ini bisa gacor dan ngobra juga, tapi tidak akan kuat mental untuk menghadapi intimidasi dari kacer-kacer lain yang lebih superior.

Postur tubuh (Katuranggan)
Biasanya, kacer dengan mental yang bagus juga didukung dengan postur tubuh yang proporsional.
- Pilih bahan kacer dengan bodi yang panjang dan ramping tapi padat berisi.
- Sayap mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya dengan strip putih yang lebar.
- Leher besar dan kokoh.
- Paruh tebal, panjang dan lurus.
- Kepala terlihat papak dan lonjong.
- Kaki berwarna hitam dan tampak kokoh dengan cengkeraman yang kuat serta posisi berdiri badannya hampir menempel plangkringan, menandakan burung yang selalu waspada dan siap tempur.
- Bulu rapi, mulus dan mengkilap kebiruan.
- Rongga mulut berwarna hitam.

Baca juga:
Membaca karakter Kacer dari bentuk fisiknya

Beda perilaku antara Kacer bermental juara dengan Kacer bermental pecundang

Kacer trotolan hutan vs Kacer trotolan hasil penangkaran

Demikian sedikit informasi tentang kunci sukses bermain Kacer. Untuk informasi lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer tipe fighter tinggi

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com