Rabu, 19 Juli 2017

Mengenal jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya

Pada artikel On Kicau kali ini akan membahas tentang beberapa jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis Kacer tersebut.

Dikalangan Kacer Mania dikenal beberapa jenis burung Kacer yang umum dipelihara, baik untuk tujuan lomba burung kicau atau hanya sekedar untuk klangenan dirumah saja.

Jenis-jenis Kacer tersebut diantaranya adalah:
• Kacer poci (dada putih)
• Kacer wulung lokal (dada hitam ekor putih)
• Kacer tretes (semi poci dan wulung)
• Kacer wulung raja (ekor hitam)

Dari keempat jenis Kacer tersebut, yang saat ini paling populer dan paling banyak diminati oleh para Kacer mania adalah Kacer poci (dada putih), karena yang banyak dilombakan adalah jenis Kacer poci, sehingga pamornya lebih terangkat.

Yang kedua adalah Kacer wulung lokal, meski popularitasnya kini jauh menurun dibanding Kacer poci, namun masih cukup banyak Kacer mania yang memelihara burung ini walaupun hanya untuk klangen dirumah saja karena saat ini memang sangat jarang EO yang membuka kelas khusus Kacer dada hitam dalam gelaran lomba burung kicau.

Yang ketiga adalah Kacer tretes, yaitu Kacer semi poci dan wulung, warna bulu Kacer tretes hampir sama dengan Kacer wulung lokal, yang membedakan adalah warna bulu pada bagian perutnya terdapat totol-totol warna putih, sedangkan pada Kacer wulung warna bulunya full hitam polos sampai pada bagian anusnya. Kacer jenis ini paling sedikit peminatnya, namun karena stok Kacer tretes cukup banyak dipasaran maka tidak sedikit pula yang memelihara Kacer jenis ini karena harga pasarannya juga paling murah diantara Kacer yang lain.

Yang keempat adalah Kacer wulung raja (ekor hitam). Sebetulnya Kacer jenis ini banyak peminatnya, tapi karena terbatasnya stok dipasaran sehingga menjadikan Kacer jenis ini jarang dipelihara. Karena kelangkaannya tersebut menjadikan Kacer wulung raja menjadi paling spesial diantara jenis Kacer yang lain. Hal itu juga membuat harga pasaran dari Kacer wulung raja menjadi paling mahal diantara jenis Kacer yang lain.

Apa kelebihan dan kekurangan dari keempat jenis Kacer tersebut..??

• Kacer poci (dada putih)
Kelebihan dari Kacer poci adalah pada suara kicauannya yang kristal melengking dan bervariasi dengan banyak materi isian serta gaya tarung yang ngotot.
Kekurangan dari Kacer poci adalah pada mentalnya, rata-rata kacer poci memiliki mental paling lemah diantara jenis Kacer lainnya, walaupun ada individu Kacer poci yang memiliki mental fighter yang bagus.

• Kacer wulung lokal (dahit ekor putih)
Kelebihan dari Kacer wulung lokal adalah pada mental fighternya yang kuat.
Kekurangannya adalah dari segi suara kicauannya, Kacer wulung memiliki suara kicauan kurang kristal dan cenderung ngebass (tidak plong) serta irama lagunya kurang harmonis. Gaya tarung Kacer wulung juga cenderung slow/santai/kurang ngotot.

• Kacer tretes
Kelebihan Kacer tretes adalah pada mentalnya yang cukup bagus, walaupun masih dibawah Kacer wulung lokal. kalau dari segi suara hampir sama dengan Kacer wulung lokal.

• Kacer wulung raja (dahit ekor hitam)
Kelebihan dari Kacer wulung raja adalah pada mental tarungnya yang sangat kuat serta ditunjang dengan body yang rata-rata bongsor sehingga semakin menambah kesan gagah dan garang pada burung petarung ini. Bahkan kebanyakan Kacer jenis lain jika ditrek dengan Kacer wulung raja akan mbagong karena kalah mental.
Kekurangan dari Kacer wulung raja, sama dengan Kacer wulung lokal, yaitu pada warna suara yang cenderung ngebass dengan irama lagu yang kurang harmonis.

NB: Perbandingan diatas adalah berdasarkan rata-rata, bukan dari per individu Kacer. Karena jenis Kacer apapun, ada yang memiliki mental bagus dan sebaliknya, ada yang memiliki suara bagus dan juga sebaliknya, ada yang memiliki kecerdasan dalam merekam suara masteran dan juga sebaliknya.

Baca juga:

Kunci sukses bermain Kacer

Cara mengembalikan jiwa fighter Kacer yang terlalu jinak dan manja

Beda perilaku antara Kacer bermental juara dan Kacer bermental pecundang

Cara lain mengatasi Kacer mbagong

Fungsi dan manfaat kerodong untuk burung kicau

Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk informasi lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer wulung raja, Kacer poci, Kacer wulung lokal dan Kacer tretes

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com