Rabu, 16 Agustus 2017

Cara merawat Kapas Tembak agar gacor dan buka ekor

Kapas Tembak (KT) adalah burung masteran yang banyak dicari dan dipelihara oleh para Kicau Mania untuk dijadikan sebagai guru vokal untuk gacoannya.

Suara tembakan rapat dan crecetan tajam dari Kapas Tembak memang terdengar sangat dominan ketika dinyanyikan oleh burung jenis lain (burung-burung lomba) pada saat dilombakan. Maka tidak heran jika banyak pemain lapangan yang mengandalkan suara dari Kapas Tembak untuk melengkapi materi isian gacoannya.

Kapas Tembak adalah jenis burung pemakan buah-buahan dan serangga. Sama seperti Cucak Jenggot, burung ini sangat mudah dipelihara karena bisa beradaptasi dengan cepat pada lingkungan barunya. Bentuk fisik dan suara dari Kapas Tembak juga sangat mirip dengan Cucak Jenggot.

Kelebihan Kapas Tembak dari Cucak Jenggot adalah pada suaranya yang lebih tajam dan lebih rapat serta memiliki gaya buka ekor saat berkicau, sehingga membuat Kapas Tembak terlihat lebih gagah dan atraktif saat berkicau.

Seperti halnya gaya buka sayap (nggaruda) pada Trucukan, dan gaya ngentrok pada Cucak Ijo (CI), maka gaya buka ekor pada Kapas Tembak juga merupakan perilaku burung ini dalam menjaga wilayah teritorialnya. Dengan berkicau sambil buka ekor, Kapas Tembak seolah ingin menunjukkan bahwa dialah yang menguasai wilayah tersebut.

Hampir semua Kapas Tembak akan menunjukkan gaya/perilaku buka ekor apabila kondisi burung sudah memenuhi berberapa kriteria berikut ini:

• Kapas Tembak dalam kondisi fisik yang fit,  tidak kurang gizi dan tidak dalam kondisi mabung/ngurak serta tidak dalam kondisi sedang sakit.

• Burung sudah mapan dan sudah gacor.

• Kapas Tembak yang sudah dewasa lebih sering menunjukkan gaya/perilaku buka ekor, sedangkan gaya/perilaku buka ekor yang ditunjukkan oleh Kapas Tembak yang masih muda adalah perilaku dimana burung dalam tahap mempelajari kondisi lingkungan sekitarnya. Misalnya, ada burung dewasa didekatnya yang terlihat bergaya buka ekor, maka Kapas Tembak muda tersebut biasanya akan mengikuti gaya buka ekor dari Kapas Tembak dewasa tersebut.

Kapas Tembak yang berkicau sambil bergaya buka ekor memang terlihat lebih gagah dan atraktif, apalagi jika hal itu ditunjukkan pada saat mengikuti lomba, maka bisa dipastikan akan memberikan nilai tambah untuk Kapas Tembak tersebut.

Untuk melatih Kapas Tembak agar mau buka ekor, sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan selalu menjaga kondisi dan kesehatan Kapas Tembak dan juga sering melatihnya dengan mempertemukan Kapas tembak tersebut dengan Kapas Tembak yang sudah lebih mapan setidaknya seminggu sekali.

Sedangkan untuk perawatan hariannya agar Kapas Tembak gacor sebetulnya tidak jauh beda dengan perawatan burung-burung pemakan buah lainnya seperti Cucak Jenggot, Cucak Ijo (CI) dan Trucukan.

Agar Kapas Tembak cepat gacor, lakukan perawatan sederhana ini secara rutin:

• Setiap jam 05.00 pagi burung diembunkan agar menghirup udara segar, karena suasana pagi hari saat Matahari mulai terbit merupakan waktu paling favorit bagi burung-burung di alam liar untuk berkicau, jadi tujuan utama dari pengembunan adalah untuk mengingatkan burung pada suasana alami dihabitat aslinya agar burung terpancing untuk berkicau.

• Jam 07.00 pagi Kapas.Tembak dimandikan dengan memakai semprotan atau memakai cepuk agar mandi sendiri. Akan lebih baik lagi kalau Kapas Tembak dibiasakan untuk mandi dibak keramba.

• Sambil menunggu Kapas Tembak selesai mandi, bersihkan kandangnya lalu sediakan pisang atau pepaya dan ganti air minumnya dengan yang baru. Sebelum diberikan pada burung, terlebih dulu permukaan pisang atau pepaya diolesi dengan madu murni untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

• Setelah selesai mandi, Kapas Tembak di angin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya. Berikan jangkrik 3 ekor, ulat hongkong (UH) 3 ekor, kroto segar cukup diberikan seminggu dua kali saja dengan porsi satu cepuk untuk sekali pemberian.

• Setelah semua bulu-bulunya kering, baru kemudian Kapas Tembak dijemur secukupnya saja, setelah burung terlihat mulai mangap dan gelisah segara angkat dan ditaruh ditempat yang teduh. Pada saat dijemur sebaiknya voer, buah dan air minumnya tetap diberikan.

• Setelah selesai dijemur, gantang Kapas Tembak ditempat yang teduh, usahakan ditempatkan didekat suara gemercik air agar burung merasa nyaman dan terpancing untuk berkicau.

• Sore hari kandang dibersihkan lagi, berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong (UH) 3 ekor, setelah selesai, burung dikerodong untuk istirahat.

Lakukan perawatan tersebut secara konsisten agar Kapas Tembak gacor dan buka ekor.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Perawatan yang tepat untuk Cucak Ijo (CI) yang mengalami mabung total

Perbedaan perilaku Cucak Ijo (CI) fighter dan non fighter

Perawatan Trucukan pada saat mabung/nyulam bulu

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Kapas Tembak agar gacor dan buka ekor. Untuk informasi lain seputar Kapas Tembak bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kapas Tembak

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com