Sabtu, 30 September 2017

Cara ampuh mengatasi Lovebird (LB) gestang

Istilah gestang (gesek tangkringan) pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar Lovebird (LB). Perilaku gestang merupakan kelainan karena tidak semua Lovebird yang sudah dewasa dan sudah birahi akan berperilaku gestang.

Perilaku gestang (gesek tangkringan) tersebut lebih banyak disebabkan karena Lovebird (LB) dalam kondisi birahi yang terlalu tinggi dan tidak pernah tersalurkan dalam waktu lama.

Penyebab lain dari perilaku gestang (gesek tangkringan) adalah karena Lovebird (LB) meraskan gatal yang di akibatkan dari adanya bakteri dan jamur disekitar anus/dubur dan juga pada bulu-bulu disekitar lubang anus/dubur Lovebird yang tidak bersih.

Gestang (gesek tangkringan) yang disebabkan karena over birahi (OB) biasanya terjadi pada Lovebird (LB) jantan yang sudah dewasa, sedangkan gestang (gesek tangkringan) yang disebabkan karena rasa gatal pada anus/dubur Lovebird biasanya terjadi pada Lovebird muda/paud dan juga pada Lovebird betina.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan perilaku gestang (gesek tangkringan) pada Lovebird.

Cara menyembuhkan gestang (gesek tangkringan) pada Lovebird (LB) jantan dewasa yang disebabkan karena over birahi (OB):

• Jika perilaku gestang (gesek tangkringan) tersebut terjadi pada Lovebird (LB) jantan yang sudah dewasa, maka terapi penyembuhan yang efektif adalah dengan menjodohkannya dengan Lovebird betina dewasa yang sudah siap kawin.

• Agar lebih mudah dalam proses perjodohannya bisa dengan sistem koloni, yaitu memasukkan beberapa ekor Lovebird jantan dan betina dalam satu kandang besar/polier agar bisa memilih pasangannya sendiri.

• Cara lainnya yaitu dengan sering memandikan Lovebird (LB) yang gestang (gesek tangkringan) tersebut sampai basah kuyup untuk meredam birahinya yang meluap-luap.

• Embunkan Lovebird (LB) setiap pagi untuk menghirup udara segar pagi hari. Suhu udara yang dingin di pagi hari juga dapat membantu menyetabilkan birahi Lovebird.

• Pada saat Lovebird (LB) berperilaku gestang (gesek tangkringan) karena over birahi (OB), sebaiknya berikan pakan berupa milet putih saja agar birahinya lebih terkontrol. Ekstra fooding (EF) seperti kangkung, jagung muda dan lainnya serta pakan bijian mix jangan diberikan dulu untuk sementara sampai perilaku gestang tersebut sembuh.

Cara menyembuhkan gestang (gesek tangkringan) pada Lovebird (LB) yang disebabkan karena jamur dan bakteri yang menimbulkan rasa gatal pada anus/dubur Lovebird:

• Mandikan Lovebird (LB) setiap pagi dengan air bekas cucian beras (air leri) yang dicampur dengan air rebusan daun sirih. Mandikan dengan cara dipegang dengan tangan dan celupkan tubuh Lovebird kedalam air sampai sebatas leher seperti cara memandikan burung Perkutut.

• Bagian anus/dubur Lovebird (LB) dicuci dan digosok dengan air sampai benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.

• Cabut bulu-bulu disekitar anus/dubur Lovebird (LB) sampai plontos agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri yang berasal dari kotoran yang menempel pada bulu-bulu tersebut.

• Cuci tangkringan dengan detergent sampai benar-benar bersih agar bibit-bibit kuman dan bakteri yang yang menempel pada tangkringan tersebut hilang.

• Gunakan tangkringan berbentuk kotak atau lepas tangkringannya dan diganti dengan glodok jika Lovebird (LB) masih suka gestang (gesek tangkringan).

• Jika dengan cara-cara tersebut Lovebird (LB) masih saja melakukan gestang (gesek tangkringan), maka bisa kita coba dengan mencuci bagian anus/dubur Lovebird tersebut menggunakan detergent untuk membunuh jamur dan bakteri yang ada disekitar anus/dubur Lovebird.

Caranya dengan mengoleskan detergent pada bagian anus/dubur Lovebird (LB) dan digosok-gosok sebentar sampai merata kemudian dibilas dengan air bersih. Setelah itu oleskan minyak tawon pada bagian anus/dubur Lovebird sampai merata untuk membasmi jamur dan bakteri yang ada disekitar lubang anus/dubur Lovebird.

• Jemur Lovebird (LB) setiap pagi secara rutin agar kondisi fisiknya lebih sehat dan agar tidak terjangkit jamur serta bakteri.

Baca juga:

Perbedaan warna antara Lovebird biru mangsi dan Lovebird biru cobalt

Ciri-ciri Lovebird pastel kuning (paskun) dan Lovebird Lutino

Cara membentuk Lovebird (LB) muda agar fighter dan ngekek panjang

Perawatan harian Lovebird (LB) muda/paud agar rajin ngekek

Demikian sedikit informasi tentang cara ampuh mengatasi Lovebird (LB) gestang. Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird Gestang (gesek tangkringan)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com