Jumat, 15 September 2017

Cara menjinakkan Kacer yang terlalu giras

Kacer yang terlalu giras dan glabrakan ketika didekati memang cukup merepotkan dalam perawatan sehari-harinya. Apalagi jika sampai luka-luka dan berdarah karena menabrak jeruji kandang ketika kita angkat kandangnya, atau ketika kita lakukan rutinitas perawatan hariannya seperti membersihkan kandang, memandikan, dan memberi pakan serta minumnya.

Selain itu Kacer yang terlalu giras juga pasti kurang rajin berkicau, karena Kacer yang terlalu giras hanya akan berkicau ketika tidak ada orang disekitarnya, atau pada saat suasana disekitar kandangnya sepi. Karena itu, agar lebih mudah dalam perawatan sehari-harinya, serta agar lebih rajin bunyi walaupun ada orang disekitarnya, maka Kacer harus dijinakkan terlebih dulu, minimal agar jinak lalat.

Berikut ini langkah-langkah untuk menjinakkan Kacer yang terlalu giras dan glabrakan:

• Tempatkan Kacer ditempat yang ramai atau dipinggir jalan yang sering dilalui orang dan juga kendaraan. Tujuannya agar Kacer lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan Manusia.

Awalnya memang Kacer akan glabrakan tidak karuan dan bahkan bisa sampai luka-luka, tapi tidak perlu kuatir karena hal itu hanya akan berlangsung selama beberapa hari saja, karena setelah satu minggu Kacer sudah mejadi lebih tenang jika ada orang yang lewat didekat kandangnya, walaupun masih ketakutan ketika diangkat kandangnya.

• Mandikan Kacer dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup. Ingat, proses pemandian harus sampai basah kuyup. Karena pada saat basah kuyup, Kacer akan lebih tenang karena kedinginan, dan pada saat itulah Kacer juga akan merasa lapar karena membutuhkan banyak kalori untuk menghangatkan tubuhnya.

Kesempatan ini kita gunakan untuk memberikan jangkrik pada Kacer langsung dari tangan kita. Lakukan cara ini setiap hari pada pagi dan sore hari agar Kacer merasa tergantung pada kita dan akan lebih cepat mengenal kita sebagai perawatnya.

• Pada malam hari Kacer tidak perlu dikerodong, tempatkan diruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas keluarga kita, misalnya diruang tamu atau diruang keluarga yang sering kita gunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau untuk menonton TV agar Kacer terbiasa dengan keberadaan Manusia disekitarnya.

• Biasakan untuk selalu memberikan jangkrik pada saat kita lewat didekat kandangnya. Dengan begitu, lama-kelamaan Kacer akan tergantung kepada kita untuk meminta makan, dan ketika kita lewat didekatnya, Kacer tidak akan takut lagi, tapi justru akan mengejar kita untuk meminta makan.

• Kacer yang masih terlalu giras tidak perlu dikerodong pada siang dan malam hari, dan juga tidak perlu di umbar karena akan membuat Kacer semakin giras. Ablak saja setiap hari ditempat yang ramai agar Kacer yang giras tersebut lebih cepat mapan dan cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca juga:

Perawatan ekstrim untuk Kacer petarung

Penyebab Kacer salto dan cara mengatasinya

Tips perawatan dan pemasteran Kacer wulung (Dada hitam) agar ngeplong dan gacor

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Demikian sedikit informasi tentang cara menjinakkan Kacer yang terlalu giras. Untuk informasi lain seputar burung Kacer bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com