Jumat, 22 September 2017

Katuranggan Perkutut yang baik dan dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya

Bicara mengenai Perkutut Lokal, hampir selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis yang kadang diluar nalar. Karena sejak jaman dahulu, Perkutut memang diyakini memiliki kekuatan ghaib/supranatural, terutama dalam tradisi kepercayaan masyarakat Jawa.

Dengan memelihara Perkutut, khususnya Perkutut Lokal dengan katuranggan tertentu, diyakini bisa mendatangkan rejeki, menaikkan jabatan, membuat rumah tangga tentram dan untuk meraih kekayaan bagi pemiliknya, serta untuk tujuan-tujuan lainnya.

Kegemaran masyarakat Jawa memelihara Perkutut untuk dinikmati suara anggungannya yang indah sudah menjadi tradisi sejak jaman dahulu. Pada jaman kerajaan Majapahit, Perkutut hanya dipelihara oleh kalangan Bangsawan/Ningrat saja.

Tradisi memelihara Perkutut tersebut terus berkembang secara turun-temurun sampai saat ini, baik dikalangan Keraton maupun masyarakat umum sekarang ini banyak yang memiliki hobi memelihara Perkutut, baik itu Perkutut Lokal maupun Perkutut Bangkok.

Dalam tradisi masyarakat Jawa jaman dahulu, Perkutut diyakini sebagai bilangan ke-5 dari kelengkapan seorang Laki-laki yaitu:

• Wismo (rumah).
• Garwo (Istri).
• Curigo (Keris).
• Turonggo (Kuda).
• Kukilo (Perkutut).

Perkutut merupakan sarana pencipta kepuasan atau kenikmatan batin. Suara anggungannya yang merdu serta keindahan fisiknya dapat menciptakan suasana yang tenang, teduh, santai, bahagia dan seolah-olah menjadi media yang mengantarkan Manusia agar dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung.

Untuk mengetahui baik dan tidaknya seekor Perkutut, dapat dilihat dari katuranggan dan ciri mathi/ciri fisik seperti bentuk tubuh, bulu, paruh, kaki dan juga sifat atau perilaku serta pada saat bunyi/manggung.

Jenis-jenis Perkutut Katuranggan pembawa keberuntungan:

• Perkutut Songgo Ratu

Perkutut ini memiliki ciri khas ada jambul dikepalanya seperti mahkota yang berwarna putih. Sifatnya juga seperti kalangan ningrat yang tidak suka berkeliaran, kesehariannya selalu berada ditempat yang sepi seperti didalam goa atau di area pekuburan.

Konon Perkutut ini kuat menahan lapar dan haus sampai beberapa hari, tidurnya selalu ditempat yang paling tinggi dari Perkutut lainnya. Perkutut Songgo Ratu memiliki aura kewibawaan yang sangat besar sehingga jika ada Perkutut lain yang berada didekatnya maka tidak akan berani bersuara/manggung.

Ciri-ciri fisik lainnya adalah, kaki dan paruhnya berwarna hitam serta bulunya juga berwarna agak kehitam-hitaman. Perkutut yang memiliki Yoni besar, biasanya jarang berbunyi/manggung dan suaranyapun juga kecil, seperti halnya Perkutut Songgo Ratu ini.

Perkutut Songgo Ratu memiliki kekuatan untuk menolak santet/ilmu hitam, melancarkan rejeki dan juga memberikan kewibawaan bagi pemiliknya.

• Perkutut Lurah

Ciri-ciri Perkutut Lurah, corak bulu ditubuhnya sepintas mirip seperti ular, dimana keduanya memiliki lurik yang hampir sama. Perkutut Lurah memiliki bulu dada dengan warna lebih terang keputih-putihan, seperti warna lurik ular.

Perkutut Lurah tinggal didalam hutan yang jauh dari pemukiman, dan selama hidupnya Perkutut Lurah tidak pernah turun ke tanah. Makannya selalu disuapi atau disediakan oleh Perkutut lain yang menjadi bawahannya.

Biasanya Perkutut Lurah hanya bisa dipelihara oleh seorang Pemimpin atau Pejabat yang memiliki kedudukan tinggi dan memiliki bawahan/anak buah yang banyak, karena Perkutut Lurah memiliki Yoni untuk kewibawaan yang luar biasa besar, selain itu juga dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi pemiliknya.

• Perkutut Putih

Perkutut ini merupakan primadona dikalangan para penggemar Perkutut katuranggan, sebab selain sangat langka, Perkutut Putih juga diyakini bisa mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya.

Ciri-ciri Perkutut Putih katuranggan, yaitu seluruh bulu tubuhnya berwarna putih bersih, matanya merah, paruh berwarna abu-abu kemerahan, kaki merah bergaris-garis hitam dan kuku-kukunya berwarna putih.

Pada jaman dulu, Perkutut ini biasanya hanya dimiliki oleh para Raja atau Pemimpin. Perkutut Putih lokal juga diyakini dari hasil perkawinan "In breed", yaitu perkawinan yang terjadi antara saudara sekandung yang berlangsung selama beberapa generasi secara alami sekitar 5 sampai 10 tahun lamanya.

Jadi, Perkutut Putih belum tentu menghasilkan anakan yang berwarna putih juga. Tapi Perkutut biasa yang memiliki gen/trah dari Perkutut Putih, memiliki kemungkinan untuk menghasilkan keturunan dengan warna bulu putih.

Konon, karena begitu kuatnya Yoni yang bersemayam pada tubuh Perkutut Putih, sebelum dimiliki/dipelihara oleh seseorang, maka Perkutut Putih akan datang lewat mimpi terlebih dulu dengan wujud orang yang sudah tua, berpakaian serba putih, berambut putih dan berjenggot putih.

Tapi hati-hati, jangan pernah terkecoh jika ada Perkutut Putih yang dijual dipasar burung atau dipeternakan burung Perkutut, karena Perkutut-Perkutut Putih tersebut adalah Perkutut biasa hasil kawin silang yang dilakukan para breeder Perkutut yang tentunya tidak memiliki Yoni/Khodam/Kekuatan ghaib apapun.

Perkutut Putih yang memiliki Yoni, adalah Perkutut Putih lokal liar yang hidup dihutan secara alami dan bukan merupakan hasil rekayasa genetika.

• Perkutut Hitam (Kul Buntet)

Ciri-cirinya seluruh bulu tubuhnya berwarna hitam dan dianggap sebagai rajanya Perkutut, dan konon, jika dipelihara maka akan mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

• Sri Mangepel

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki jari pada ke dua kakinya yang berwarna putih/ibu jari kakinya putih/ada dua kuku jari yang berwarna putih.

Perkutut ini sangat baik dipelihara oleh para petani. Dan menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut ini, keluarganya akan selalu sehat dan apa yang menjadi cita-citanya akan tercapai.

• Wisnu Wicitro

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki paruh dan kaki yang berwarna kehitaman.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut ini akan selalu terjaga keselamatannya, bahkan Perkutut ini memiliki kekuatan besar untuk menangkal ilmu santet (blackmagic).

• Wisnu Mangenu

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki kulit pada seluruh tubuhnya yang berwarna kehitaman.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki banyak rejeki dalam hidupnya.

• Susumo Wicitro

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki paruh dan kaki yang berwarna putih.

Menurut kepercayaan, orang yang memeliharannya konon akan menjadi orang kaya dan semua yang di inginkannya akan tercapai.

• Pendhowo Mijil

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki bulu ekor berjumlah 15 lembar.

Menurut kepercayaan, orang yang memeliharannya akan memiliki kewibawaan yang besar, disegani dan dihormati.

• Purnomo Sidhi

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki mata yang terlihat bercahaya marah seperti mirah delima/warna bulunya agak kemerah-merahan merata.

Menurut kepercayaan, orang yang memeliharanya akan memiliki kewibawaan yang sangat besar, disegani dan disayang oleh orang-orang disekitarnya.

• Mercu Jiwo

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki mata berwarna kekuningan dan bulu pada bagian pantatnya berwarna kuning.

Menurut kepercayaan, pemeliharanya akan dicintai banyak orang dan juga akan dilimpahi banyak rejeki. Konon, burung ini adalah peliharaan para Raja.

• Mustikaning Manuk

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki kulit berwarna putih pada seluruh tubuhnya.

Konon Perkutut ini juga peliharaan Raja, dan burung ini sangat baik dipelihara karena akan mendatangkan keberuntungan, rejeki, keselamatan dan dapat mempengaruhi banyak orang.

• Gedong Mineb

Ciri-cirinya, Perkutut ini bunyi/manggungnya selalu pada waktu Matahari terbenam/senja hari/menjelang maghrib.

Menurut kepercayaan, pemiliknya akan berkecukupan rejeki dan akan mencapai kemajuan dalam berdagang.

• Gedhong Mengo

Ciri-cirinya, Perkutut ini selalu bunyi/manggung pada waktu Matahari terbit/fajar.

Menurut kepercayaan, orang yang memeliharanya akan mendapatkan keselamatan, ketentraman, dan kebahagiaan, serta dapat mengumpulkan harta yang banyak seperti emas dan berlian.

• Wisnu Murti

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki mata, paruh, dan kaki berwarna hitam.

Konon, Perkutut dengan ciri-ciri tersebut adalah untuk tumbal dan menjadi peliharaan Raja.

• Udan Mas

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki bulu berwarna coklat muda/krem, dan Perkutut yang bulunya berwarna kekuningan serta memiliki kalung/bulu lurik yang melingkar dilehernya berwarna ke kuning-kuningan, dipercaya dapat mendatangkan keselamatan, kebahagiaan dan juga rejeki bagi pemiliknya.

• Widahsana Gasta Gasti

Perkutut ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, dan apa yang di inginkan oleh pemiliknya akan tercapai dan juga dicintai oleh banyak orang.

• Muncis

Ciri-cirinya, postur tubuhnya sangat kecil.

Konon, orang yang memeliharanya akan selalu dianugerahi ketentraman, keselamatan dan mudah rejekinya.

• Gendowo Sabdo

Ciri-cirinya, suara manggungnya keras dan merdu, dan dapat digunakan untuk memikat Perkutut lainnya.

Konon, Pemiliknya akan dilimpahi banyak rejeki, keluarganya selalu tenang dan tentram. Jika waktu manggungnya lama, halus dan merdu, maka pemiliknya akan mudah mencapai cita-cita dan juga banyak rejeki.

• Rupo Cahyo

Ciri-cirinya, Perkutut ini memiliki warna bulu yang mengkilat seperti bercahaya.

Konon, orang yang memelihara Perkutut ini akan selalu dalam kedamaian dan kebahagiaan.

• Condro Sabdo

Ciri-cirinya, memiliki bulu dibagian pundak berwarna putih

Konon, Perkutut ini memiliki aura untuk pemikat dan membawa suasana gembira bagi pemiliknya.

• Misti Kanya

Ciri-cirinya, memiliki bulu pada bagian badan/seluruh badannya berwarna putih.

Konon, Perkutut ini baik dipelihara oleh para Raja/Pemimpin karena dapat membawa keselamatan.

• Songgo Bhuono

Ciri-cirinya, pada bagian punggungnya ada sehelai bulu berwarna putih.

Konon, Perkutut ini akan mendatangkan rejeki bagi pemiliknya. Tapi jangan memelihara Perkutut dengan ciri-ciri tersebut, tapi yang bulu ekornya tidak sejajar dengan bulu ekor lainnya, misalnya tidak lurus/abnormal.

• Kusumo Wicitro

Ciri-cirinya, paruh dan sisik kakinya berwarna keputih-putihan.

Konon, Perkutut ini dapat mendatangkan rejeki bagi pemiliknya, serta cita-citanya mudah tercapai.

• Mercuci

Ciri-cirinya, matanya berwarna kuning dan sipit seperti wayang blambangan.

Konon, pemiliknya disukai banyak orang dan juga banyak rejeki.

• Satrio Kinayungan

Ciri-cirinya, ditengah kepalanya ada bulu berwarna putih.

Konon, dapat menaikkan derajat/pangkat dan juga kewibawaan bagi pemiliknya.

Selain jenis-jenis Perkutut katuranggan di atas, masih ada beberapa jenis Perkutut katuranggan lainnya, antara lain: Perkutut Tepung Tumpeng atau disebut juga Pedaringan Kebak/Tembus, Perkutut Rondo Semoyo, dll.

Semua jenis Perkutut katuranggan tersebut memiliki Yoni/Khodam/Kekuatan ghaib sendiri-sendiri, antara lain: Perkutut Tepung Tumpeng untuk menolak santet (black magic) dan ketenteraman keluarga, Pandowo Mijil dan Mercu Jiwo untuk kewibawaan, Rondo Semoyo untuk kelancaran dalam berdagang.

Baca juga:

Perkutut katuranggan yang tidak baik untuk dipelihara

Perawatan khusus untuk Perkutut mabung

Manfaat merica dan kencur untuk Perkutut

Jamu tradisional untuk Perkutut agar rajin manggung dan gacor

Demikian sedikit informasi tentang katuranggan Perkutut yang baik dan dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Untuk informasi lain seputar Perkutut dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perkutut Udan Mas

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com