Minggu, 10 September 2017

Manfaat terapi sauna untuk mendongkrak mental fighter Cendet/Pentet

Cendet/Pentet adalah salah satu jenis burung yang sangat menyukai cuaca panas, karena kebiasaan hidupnya yang sering berada dilahan-lahan terbuka yang tidak terlindung oleh pepohonan untuk berburu dan mencari makan.

Burung predator ini mencari makan dengan cara berburu binatang-binatang kecil yang berkeliaran disekitar wilayah teritorialnya. Cendet/Pentet juga akan bersikap agresif terhadap keberadaan Cendet/Pentet lain yang memasuki wilayah teritorialnya.

Tapi ketika sudah dipelihara didalam kandang, sering kali Cendet/Pentet justru menunjukkan perilaku negatif yang berbanding terbalik dengan karakternya di alam bebas. Banyak sekali kasus dimana Cendet/Pentet menjadi miyik/mbayi, salto, mbagong, macet bunyi dan berperilaku negatif lainnya setelah dipelihara didalam kandang.

Hal itu disebabkan karena kurang tepatnya perawatan yang kita berikan setiap harinya, sehingga Cendet/Pentet menjadi kehilangan jati dirinya sebagai burung predator yang ganas dan agresif. Untuk mengatasi perilaku negatif pada Cendet/Pentet bisa dibaca pada artikel dibawah ini:

Cara ampuh mengatasi Cendet manja/miyik/mbayi

Dan ada satu terapi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mental fighter Cendet/Pentet agar kembali menjadi bringas, yaitu dengan cara terapi sauna.

Terapi sauna sebetulnya adalah sebuah terapi untuk membuat efek panas namun lembab didalam kandang yang tertutup kerodong, fungsinya untuk membuka pori-pori bulu sehingga dapat membantu burung yang susah mabung agar proses mabungnya bisa berjalan normal.

Tapi pada prakteknya, ternyata terapi sauna tidak hanya bermanfaat untuk membantu proses perontokan bulu-bulu burung yang mengalami susah mabung, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan mental fighter Cendet/Pentet agar kembali garang ketika dilombakan.

Jika kita lihat habitat aslinya, Cendet/Pentet terbiasa berada dibawah terik Matahari selama seharian, karena kebiasaan hidupnya memang sering berada di lahan-lahan terbuka yang tidak terlindung pepohonan yang rindang. Itu artinya, Cendet/Pentet menyukai cuaca panas untuk menyetabilkan suhu tubuhnya.

Maka ketika kita pelihara didalam kandang, seharusnya kebiasaan Cendet/Pentet berjemur dibawah terik Matahari dalam waktu yang lama tersebut tetap kita teruskan agar Cendet/Pentet tetap memiliki karakter seperti pada saat masih dihabitat aslinya sebagai burung predator yang ganas dan agresif.

Tapi terkadang karena keterbatasan waktulah yang menjadi kendala kita sehingga tidak sempat untuk menjemur Cendet/Pentet dengan durasi waktu yang lama. Dan hal itulah yang menyebabkan Cendet/Pentet lama-kelamaan menjadi berperilaku negatif dan kehilangan jati dirinya sebagai burung predator yang ganas dan agresif, karena suhu tubuhnya yang tidak pernah mencapai titik ideal selama dipelihara dalam kandang.

Keterbatasan waktu kita untuk menjemur Cendet/Pentet dengan durasi waktu yang lama, bisa kita siasati dengan terapi sauna, yaitu menjemur Cendet/Pentet dalam kondisi kandang dikerodong. Jadi, kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk menjemur Cendet/Pentet terlalu lama, karena panas yang dihasilkan dari proses terapi sauna bisa mencapai dua kali lipat dari penjemuran biasa tanpa dikerodong.

Manfaat terapi sauna adalah untuk meningkatkan suhu tubuh Cendet/Pentet secara signifikan dan dalam waktu yang singkat dengan tujuan agar emosinya menjadi lebih tinggi sehingga Cendet/Pentet akan menjadi lebih bringas ketika dilombakan.

Selain itu, manfaat lain dari terapi sauna adalah untuk melatih stamina dan nafas Cendet/Pentet agar durasi kerjanya lebih lama dengan performa yang maksimal.

Tata cara untuk melakukan terapi sauna:

Untuk Cendet/Pentet yang susah mabung

• Cendet/Pentet dimandikan terlebih dulu sampai basah kuyup, kemudian dalam kondisi masih basah Cendet/Pentet dikerodong dan dijemur ditempat yang tetkena sinar Matahari langsung. Lakukan terapi sauna dari jam 10.00-12.00 siang.

• Selama dalam proses terapi sauna, kerodong disemprot dengan air dari luar setiap 15 menit sekali.

• Sediakan air minum yang cukup agar Cendet/Pentet tidak dehidrasi. Voer tidak perlu diberikan, tapi cukup diberikan Ekstra fooding (EF) berupa jangkrik dengan porsi sekenyangnya. Sediakan saja jangkrik dalam jumlah yang banyak didalam cepuknya selama proses terapi sauna kita lakukan.

• Untuk tahap awal, sebaiknya resleting kerodong tetap dibuka, dan setelah Cendet/Pentet terbiasa diterapi sauna, resleting kerodongnya bisa ditutup penuh agar suhu panas didalam kandang bisa lebih maksimal.

Untuk Cendet/Pentet yang kurang fighter

• Jika tujuan dari terapi sauna adalah untuk meningkatkan mental fighter Cendet/Pentet, maka burung tidak usah dimandikan karena tujuannya adalah untuk menaikkan suhu tubuh Cendet/Pentet agar berada pada tingkat yang ideal, sehingga emosinya juga akan meningkat.

Lakukan terapi sauna burung kering kerodong kering tersebut seminggu 2-3 kali dengan durasi penjemuran selama 1-2 jam tergantung katahanan dari Cendet/Pentet.

• Kerodong juga tidak perlu disemprot dengan air agar suhu panas didalam kandang bisa lebih maksimal. Penjemuran dengan cara dikerodong tersebut sangat efektif untuk meningkatkan suhu tubuh Cendet/Pentet karena suhu didalam kandang yang dikerodong dan dijemur pada terik Matahari, panasnya bisa sampai dua kali lipat dari penjemuran biasa tanpa dikerodong.

• Dengan cara ini, Cendet/Pentet akan kembali menjadi bringas karena emosinya menjadi tinggi kembali setelah diterapi sauna. Tapi ingat, pada saat melakukan terapi sauna, Cendet/Pentet harus sering dikontrol agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Karena terapi sauna tergolong terapi yang sangat ekstrim dan berbahaya, maka harus dilakukan dengan hati-hati. Karena jika salah, bukan manfaat positif yang kita dapat tapi justru akan berakibat fatal pada Cendet/Pentet gacoan kita.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk Cendet/Pentet lomba

Perawatan ekstrim untuk Kacer petarung

Penanganan yang tepat untuk Cucak Ijo (CI) macet bunyi

Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung

Demikian sedikit informasi tentang manfaat terapi sauna untuk mendongkrak mental fighter Cendet/Pentet. Untuk informasi lain seputar burung Cendet/Pentet bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Terapi sauna untuk Cendet/Pentet

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com