Jumat, 08 September 2017

Penjelasan mengenai perbedaan Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan dada coklat

Selama ini dikalangan penggemar burung kicau sering kita dengar istilah Kolibri Ninja (Konin) dada merah (damer) dan Kolibri Ninja (Konin) dada coklat (dacok). Kedua istilah tersebut digunakan untuk membedakan dua jenis Kolibri Ninja (Konin) dari warna bulu dibagian dadanya, yaitu merah dan coklat.

Sebetulnya antara Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan Kolibri Ninja (Konin) dada coklat adalah satu jenis burung yang sama, yaitu Kolibri Ninja (Konin) dada merah.

Perubahan warna bulu dibagian dada dari warna merah menjadi warna coklat tersebut di akibatkan karena burung sudah cukup lama dipelihara dalam kandang dan mengalami kekurangan nutrisi tertentu yang menyebabkan warna bulunya berubah menjadi coklat. Sama halnya seperti Pleci yang mengalami perubahan warna bulu dari cerah berubah menjadi kusam setelah kita pelihara cukup lama.

Semua Kolibri Ninja (Konin) dewasa, atau yang sudah full metalik hasil tangkapan hutan memiliki warna bulu dada merah, baik itu Kolibri Ninja (Konin) asal Jawa ataupun Kolibri Ninja (Konin) asal Sumatera. Warna merah tersebut akan berubah menjadi coklat setelah Kolibri Ninja (Konin) tersebut dipelihara cukup lama didalam kandang, paling tidak sampai satu atau dua kali mabung.

Berbeda dengan Kolibri Ninja (Konin) ijoan atau trotolan, ketika kita pelihara Konin dari ijoan atau dari trotolan, maka Kolibri Ninja (Konin) tersebut bulu dadanya akan langsung menjadi coklat setelah dewasa karena memang sejak anakan sudah dipelihara dalam kandang dan mengalami kekurangan nutrisi tertentu yang berfungsi sebagai pembentuk pigmen warna merah pada bulu dibagian dadanya.

Jadi, kalau ada yang berpendapat bahwa Kolibri Ninja (Konin) dada coklat kualitasnya lebih bagus dari Kolibri Ninja (Konin) dada merah, memang ada benarnya karena Kolibri Ninja (Konin) yang bulu dadanya sudah berwarna coklat adalah indikasi bahwa Kolibri Ninja (Konin) tersebut sudah cukup lama dipelihara dan kemungkinan besar burung tersebut sudah mapan dan sudah terbiasa dengan lingkungan manusia.

Baca juga:

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Ciri-ciri perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi

Cara merawat Sirtu bakalan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang penjelasan mengenai perbedaan Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan dada coklat. Untuk informasi lain seputar burung Kolibri bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Konin Dacok dan Konin Damer

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com