Jumat, 27 Oktober 2017

Cara membuat nektar bernutrisi untuk Kolibri

Pakan utama burung-burung madu atau Kolibri di alam bebas adalah nektar bunga yang merupakan sari pati bunga yang berbentuk cairan bening dan memiliki manis.

Nektar bunga inilah yang sering dihisap oleh burung Kolibri sebagai pakan utamanya. Selain sebagai pakan utama burung Kolibri, nektar bunga juga merupakan bahan utama dari madu lebah.

Nektar merupakan sumber kalori bagi Kolibri, tapi sayangnya nektar sangat rendah akan kandungan nutrisi dan vitamin. Maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitaminnya, burung Kolibri juga mengkonsumsi serangga dan binatang-binatang kecil lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti protein, vitamin, dan mineral.

Banyak para penggemar Kolibri salah beranggapan bahwa Kolibri hanya perlu nektar saja untuk kelangsungan hidupnya, dan kemudian hanya memberikan cairan manis/nektar buatan saja untuk makanan hariannya. Padahal Kolibri juga membutuhkan asupan protein dan nutrisi lainnya agar bisa bertahan hidup dan rajin berkicau.

Untuk memenuhi kebutuhan protein Kolibri, kita bisa memberikan Ekstra fooding (EF) berupa kroto karena lebih praktis dan mudah dikonsumsi oleh Kolibri. Kandungan protein kroto yang tinggi juga sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan protein Kolibri.

Untuk Kolibri yang sudah dipelihara dalam kandang, tentunya tidak memungkinkan lagi untuk mengkonsumsi nektar alami seperti ketika masih hidup liar di habitat aslinya.

Untuk itu, pakan hariannya tidak bisa hanya diberikan air gula saja, karena walaupun bisa hidup, tapi jika Kolibri hanya mengkonsumsi air gula saja maka lama-kelamaan akan menjadi lemas dan kurus karena kekurangan nutrisi.

Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitaminnya, kita bisa membuat nektar buatan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang tinggi agar Kolibri tetap sehat dan rajin berkicau seperti di alam bebas.

Berikut ini adalah cara membuat nektar buatan yang bernutrisi untuk Kolibri:

Bahan-bahan yang harus disiapakan:

• 1 buavita/minuman rasa buah merk lain isi 250 ml dengan rasa apa saja.
• 1 sendok makan madu asli.
• 1 sachet susu putih kental manis.
• Untuk Kolibri yang sedang dalam proses mabung/ngurak bisa ditambahkan satu butir kuning telur ayam kampung/bebek.

Cara membuatnya:

• Campurkan setengah isi dari buavita dengan madu asli dan susu kental manis didalam botol yang bersih.

• Kemudian semua bahan tadi dikocok sampai semuanya benar-benar tercampur rata.

• Berikan campuran tersebut setiap hari dengan porsi satu cepuk kecil saja sebagai pakan utama untuk Kolibri.

• Sisa dari nektar buatan tersebut bisa disimpan didalam kulkas dengan botol harus tertutup rapat untuk persediaan benerapa hari ke depan.

Nektar buatan tersebut dapat bertahan sampai satu bulan lebih jika disimpan didalam kulkas yang selalu dingin. Tapi perlu di ingat, sebelum nektar buatan tersebut diberikan pada Kolibri, sebaiknya dicek dulu kondisinya apakah masih segar atau sudah basi. Caranya, cium aroma nektar buatan tersebut, jika baunya sudah asam dan menyengat berarti racikan nektar buatan tersebut sudah basi dan jangan diberikan pada Kolibri karena bisa berakibat fatal.

Baca juga:

Perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Penjelasan mengenai perbedaan Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan dada coklat

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat nektar bernutrisi untuk pakan utama Kolibri. Untuk informasi lain seputar Kolibri, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Tera kasih

Kolibri Ninja (Konin)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com